Alasan Kenapa Harus Memakai Sepatu Safety

 

memakai sepatu safety yang tepat untuk pekerjaSalah satu hal yang mesti diperhatikan oleh seseorang yang bekerja di bagian konstruksi yaitu keselamatan serta kesehatan. Perusahaan sangat wajib memberikan pengetahuan kepada semua pekerja tentang keselamatan kerja sesuai dengan standar yang berlaku di negara tersebut.

Bentuk kepedulian perusahaan kepada pegawainya terhadap keselamatan kerja salah satunya yaitu dengan memberikan perlengkapan diri yang sesuai dengan standar semisal SNI (Standar Nasional Indonesia). Salah satu perlengkapan diri yang diberikan yaitu safety shoes.

  1. Kecelakaan kerja bisa terjadi seketika semisal sewaktu membawa alat berat dan secara tiba-tiba alat yang dibawa tersebut terjatuh mengenai dan melukai kaki, maka dari itu sangat perlu memakai Safety Shoes. Sepatu Safety mempunyai kemampuan untuk menahan beban sampai 34 kg dari kejatuhan dengan tinggi 2,7 meter.
  2. Safety Shoes sangat nyaman dipakai, salah satu alasan kenapa harus menggunakan Safety shoes yaitu kenyamanannya ketika digunakan. Sama halnya dengan benda yang lainnya, kenyamanan pada Safety Shoes pun harus selalu diperhatikan, yaitu dengan memilih ukuran sepatu yang pas dan usahakanlah memilih Safety Shoes yang menutupi mata kaki.
  3. Apabila pegawai tidak menggunakan safety shoes maka perusahaan yang berada di bawah OSHAS akan dikenai sanksi. OSHAS sendiri adalah Occupational Safety & Health Administration standard yang merupakan standar yang diikuti oleh sejumlah perusahaan dalam menjaga keselamatan para pekerjanya.
  4. Selain untuk melindungi kaki terhadap benda jatuh dari ketinggian, Sepatu Safety pun berguna untuk melindungi kaki terhadap kecelakaan yang lainnya, semisal untuk melindungi kaki terhadap kecelakaan yang diakibatkan terpeleset, terbakar serta terjatuh. Pada bagian Sepatu Safety terdapat besi yang berguna untuk melindungi kaki jika terjadi kecelakaan semisal terlindas.
  5. Sepatu Safety bisa menambah rasa percaya diri. Para pekerja akan tidak merasa takut jika terjadi kecelakaan pada kakinya sebab memakai Safety Shoes. Akan tetapi harus tetap waspada.
  6. Sepatu Safety sangat fashionable. Sekarang ini banyak sekali perusahaan Sepatu Safety yang memberikan penawaran variasi bentuk serta warna. Pekerja bisa memilih sesuai dengan seleranya masing-masing, akan tetapi poin utama yang mesti diperhatikan yaitu sepatu tersebut sesuai standar.
  7. Walaupun banyak tipe Sepatu Safety yang beredar, akan tetapi pilihlah Sepatu Safety yang sesuai dengan kebutuhan kerja. Ada beberapa Sepatu Safety khusus untuk digunakan di area kerja tertentu.Itulah beberapa manfaat memakai Safety Shoes. Hanya diri sendiri yang bisa menyelamatkan diri dengan cara mencegahnya. Ingatlah terhadap keluarga di rumah. Jangan sesekali menyepelekan keselamatan, sangat disayangkan sekali apabila karena tidak memakai Safety Shoes anda harus kehilangan kaki serta tidak bisa bekerja.