11 Panduan Penting Supaya Safety Meeting disenangi Karyawan Anda

11 Panduan Penting Supaya Safety Meeting disenangi Karyawan AndaLakukan safety meeting dengan cara teratur ialah elemen kunci dari tiap program keselamatan kerja yang terorganisir. Sama seperti yang kebanyakan Anda dapat buktikan, membuat orang ingin memerhatikan atau berperan serta bukan hal yang gampang.

Terkadang Anda harus kembali pada dasar untuk betul-betul mendapatkan kenapa keterlibatan dalam meeting Anda kurang. Berikut 11 Panduan untuk membuat safety meeting Anda makin menarik :

1. Persiapan sebelum Safety Meeting. Anda tetap up-to-date mengenai desas-desus sekitar keselamatan kerja dengan terus membaca kabar mengenai K3 selanjutnya membahasnya dengan pakar K3. Alat bantu visual seperti rekaman video dapat tingkatkan potensi Anda dalam bicara. Pastikan Anda lihat tiap rekaman video atau slide yang akan Anda pakai, serta check apa video player atau projector bekerja secara baik.

2. Mulai serta mengakhiri rapat tepat waktu. Bila Anda janji untuk lakukan rapat dengan singkat, karena itu lakukanlah.

3. Perhatikan ketentuan FTTS. Konsentrasi pada Tujuan serta Tetap Sederhana. Beri keterangan cuma pada beberapa poin kunci. Jangan membuat jemu peserta dengan memberikan keterangan secara detail pada sebuah session. Dalam soal ini, kurang bermakna lebih!

4. Tentukan jadwal Anda. Jadilah cukup fleksibel untuk menyikapi tanggapan dari beberapa peserta, tetapi pastikan tidak untuk terlepas dari tema. Kontrol tiap pertemuan – jangan dibiarkan menjadi jam sosial atau session jual beli.

5. Buatlah Peserta Bertanya. Peringatkan peserta jika tidak ada pertanyaan yang bodoh. Semua orang belajar saat seseorang ajukan pertanyaan. Pertanyaan-pertanyaan ini akan membuat Anda tahu apakah peserta memerhatikan Anda atau mungkin tidak.

6. Anda tidak harus memiliki semua jawaban. Bila Anda tidak paham, kemungkinan Anda bisa merujuk pertanyaan pada pekerja lain yang berpengalaman dalam kelompok. Atau janji untuk cari tahu hal berkaitan dalam permasalahan itu serta memberikan laporan kembali ke safety talk selanjutnya.

7. Temukan langkah untuk menyertakan anggota barisan. Ini akan membuat mereka tertarik serta menolong mereka untuk mengingat ulasan yang sudah dibicarakan. Minta mereka untuk memberi contoh bahaya serta perlindungan berkaitan dengan tema itu. Juga bisa minta tiap orang untuk memilih pasangan, serta mereka bergiliran berlatih tehnik keselamatan sesuai dengan pembahasan.

8. Gunakan Humor. Ini akan menjaga supaya peserta masih memerhatikan Anda. Ini sangat mungkin mereka untuk makin mengingat apa yang sudah diulas.

9. Perlihatkan minat Anda pada topik serta beberapa peserta. Persilakan peserta untuk memberi komentar serta menanyakan. Bila Anda antusias, peserta dapat bertambah ketertarikan. Ulangilah tanggapan mereka dalam beberapa kata Anda sendiri untuk pastikan Anda pahami.

10. DENGARKAN apa yang peserta katakan pada Anda. Ingat jika membuat safety talk mingguan ialah langkah paling baik untuk selalu terkait dengan permasalahan keamanan sekarang ini. Hal itu ialah langkah paling baik untuk mengutamakan tiap prestasi keselamatan yang sudah didapat oleh barisan. Bila Anda janji untuk tindak lanjuti kecemasan keamanan untuk (atau sebelum) pertemuan mendatang – adalah penting untuk melakukannya.

11. Perlakukan peserta Rapat dengan hormat. Perlu diingat jika kemungkinan banyak yang telah mempunyai pengalaman sekian tahun dalam tempat kerja serta beberapa kemungkinan sudah betul-betul menolong meningkatkan beberapa mekanisme keamanan yang sedang diulas. Saat Anda bicara mengenai tema keamanan yang dekat buat mereka, jadikanlah untuk ulasan. Peringatkan mereka jika pekerja yang berpengalaman juga terkadang dapat tenggelam ke rutinitas yang tidak aman semasa periode waktu khusus – serta bila mereka mengetahui lebih bagus. Undang pekerja eksper untuk memberi komentar rumor atau memperlihatkan tehnik untuk group – ini akan membuat mereka masih terjebak.

Mengakhiri pertemuan Anda dengan catatan positif dengan menjumlahkan beberapa poin penting yang sudah dirinci serta aksi selanjutnya yang akan diambil untuk dari hasil safety talk itu. Ingat-ingatlah untuk mengucapkan terima kasih pada beberapa peserta atas keterkaitan mereka.