5 Dampak Akibat Kebakaran Gedung yang Harus Diwaspadai

5 Dampak Akibat Kebakaran Gedung yang Harus DiwaspadaiBila Anda ialah pemilik usaha atau mempunyai bangunan di daerah komersial, perlindungan pada api harus dipikirkan. Salah satu antisipasi paling baik ialah memahami unsur pemicu kebakaran serta menempatkan sistem pemadaman api termutakhir.

Ada tiga pemicu penting kebakaran berlangsung, yaitu bangunan yang dibakar dengan sengaja, perlengkapan bangunan yang rusak, serta kesalahan manusia atau human error. Unsur dibakar dengan sengaja ialah yang paling beresiko serta pemicu paling umum dari kebakaran bangunan komersial. Selain itu, ada unsur lain yang bisa menimbulkan api pemicu kebakaran, berikut penjelasannya:

Rokok

Buang puntung rokok serta korek api asal-asalan bisa mengakibatkan api. Pengolahan yang tidak tepat jadi pemicu kebakaran gedung komersial. Kebiasaan warga Indonesia buang puntung dalam kondisi menyala dapat membawa bencana bagi orang lain.

Pemanas Air, Ketel, serta Tungku Pembakaran

Beberapa alat yang kelihatan sepele seperti pemanas air, ketel, serta tungku pembakaran bisa membawa bencana bagi usaha yang Anda lakukan. Meremehkan perawatan berkala serta pemasangan yang menyalahi standard bisa menyebabkan kebakaran. Penyimpanan beberapa benda yang mudah terbakar seperti kertas, bahan kimia, serta sampah berdekatan dengan perlengkapan ini berbahaya sebab bisa menyebabkan api.

Perlengkapan Memasak

Kegiatan memasak di restoran serta toko kue cenderung jadi pemicu utama kebakaran gedung. Memasak dalam suhu tinggi, minyak yang gampang terbakar, gas, serta kegiatan di dapur adalah faktor-faktornya. Diambil dari Unifour, perlengkapan memasak mengakibatkan 65 % kebakaran di pusat kesehatan, 61 % di restoran, 38 % di lembaga pendidikan, 29 % bangunan kantor, 13 % di toko.

Hubungan Arus Pendek Listrik

Perlengkapan atau sistem kelistrikan bisa mengakibatkan kebakaran gedung, tetapi akar masalahnya ialah manusia. Saat pemilik usaha menyewa tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi di bagian kelistrikan untuk melakukan perbaikan atau melakukan modifikasi sistem kelistrikan, hal itu bisa mengakibatkan masalah di waktu akan datang. Standard keamanan kelistrikan cenderung diabaikan tenaga kerja yang tidak profesional yang dapat berujung pada kebakaran bangunan. Pemakaian perlengkapan listrik yang tidak tepat atau berlebihan dapat memicu percikan api.

Disengaja

Kebakaran gedung yang disengaja adalah yang paling beresiko, sebab tidak sebatas mengakibatkan kerusakan, dan juga memunculkan korban cedera serta nyawa. Diluar itu, kebakaran disengaja mengakibatkan kerusakan perekonomian dengan hilangkan lapangan pekerjaan. Api beresiko menyambar bangunan-bangunan lain di seputar sasaran.

Dampak kebakaran akan tetap mengancam bangunan serta usaha Anda. Mengantisipasi beberapa faktor dampak saja belum cukup. Tambahkan perlindungan asuransi kebakaran yang membuat perlindungan kerugian dari bencana kebakaran.