8 Safety Tips Supaya Selamat dan Aman di Tempat Kerja

8 Safety Tips Supaya Selamat dan Aman di Tempat KerjaKeselamatan dan kesehatan kerja harus semakin dibudayakan. Karena ini sudah merupakan kebutuhan kita untuk membuat lingkungan kerja yang aman dan sehat. Bukan hanya karena ada audit keselamatan. Tapi lebih karena kesadaran setiap individu atau perusahaan untuk membuat tempat kerja tanpa risiko kecelakaan tinggi.

Nah, untuk menciptakan hal tersebut, ada konsep penting yang perlu diingat setiap pekerja. Dengan mengingat ini, kemungkinan kecelakaan kerja itu bisa dihindari. Di bawah ini beberapa prinsip penting tersebut .

Tips 1: Jangan sampai melakukan satu pekerjaan yang Anda tidak pernah dilatih untuk melakukan.

Kemungkinan Anda berpikir dapat melakukan. Tetapi selama Anda belum yakin serta belum pernah melakukan pekerjaan itu sebelumnya, seharusnya tidak memaksakan diri. Bukannya ingin memperlihatkan jika diri anda hebat, malah celaka yang dapat Anda terima.

Oleh karena itu, camkan baik-baik konsep ini. Supaya Anda tidak melakukan tindakan sembrono atau sok tahu dalam tempat kerja. Lebih bagus akui tidak paham serta belajar terlebih dulu dibanding harus celaka sebab bertindak seenaknya.

Tips 2: Tahu apa yang perlu dilakukan saat dalam kondisi genting

Misalnya saja ada kebakaran, Anda dapat mencari pintu darurat untuk menyelamatakan diri. Petugas yang berkaitan juga harus sesegera mungkin berupaya mematikan api dengan perlengkapan pengaman yang ada.

Karena itu, anda harus selalu introspeksi diri serta melakukan tindakan seperti mekanisme pada keadaan genting. Contohnya dengan langsung mengontak nomor darurat yang ada. Anda juga harus pastikan semua alat atau fasilitas penyelamatan itu berfungsi secara baik. sehingga bila ada situasi genting yang mengharuskan untuk digunakan, langsung dapat melakukannya.

Tips 3: Tidak boleh masuk daerah Terbatas (Restricted Area) Tanpa Izin

Ini aturan tegas yang perlu dipatuhi seluruh pihak. Sebuah ruang terbatas dibuat karena memang ada potensi hal beresiko yang ada pada tempat tersebut. Karena itu, Anda juga tidak perlu untuk mencoba untuk memasukinya tanpa ada izin serta tanpa ada kebutuhan.

Pembuatan larangan untuk memasuki satu area terbatas itu tidak lain untuk keamanan serta keselamatan bersama-sama . Karena itu, ketentuan ini perlu kita patuhi.

Tips 4: Selalu Cek Sebelum Bekerja

Setiap kali sebelum kerja, tetap check perlengkapan atau mesin berfungsi dengan baik. Jangan sampai memaksakan diri menggunakan mesin atau perlengkapan yang tidak bisa kerja dengan normal. Karena itu sama juga dengan membuat bahaya mengawasi diri kita sendiri.

Taati langkah penggunaan peralatan atau mesin, hingga alat itu dapat awet. Begitu juga saat misalnya memakai satu kendaraan, sabuk pengaman selalu harus digunakan, batas kecepatan serta peraturan harus juga jadi perhatian.

Tips 5: Jangan sampai bekerja pada ketinggian tanpa ada pelatihan

Bila sebelumnya Anda tidak pernah kerja pada ketinggian, jangan sampai memaksakan diri untuk kerja ketinggian. Sebab itu mencelakakan diri Anda sendiri. Selanjutnya jika Anda telah terbiasa kerja pada ketinggian, Anda harus tetap ikuti serta pakai perlengkapan pengaman yang ada. Jangan mentang-mentang karena telah berpengalaman lalu Anda berasa tidak perlu menggunakan alat pengaman. Karena tidak ada yang mengetahui apa yang akan berlangsung waktu Anda ada pada ketinggian. Dengan memakai alat pengaman itu, bisa menahan berlangsungnya kecelakaan kerja.

Tips 6: Pastikan Semua Sumber Energi Aman

Misalnya listrik. Sebelum kita memakai listrik untuk kepentingan pekerjan, kita harus tekankan memang saluran listrik itu aman buat kita. Kita harus menentukannya supaya waktu kerja kita juga merasakan aman.

Tips 7: Lakukan sesuai dengan Potensi Peralatan

Jangan sampai memaksa untuk memakai perlengkapan melewati kapasitas kemampuan. Misalnya Anda mengoperasikan sebuah alat untuk mengangkat barang. Benda yang Anda angkat itu harus sesuai potensi perlengkapan itu. Dengan demikian, proses kerja juga berjalan dengan aman serta perlengkapan semakin awet, tidak mudah rusak.

Tips 8: Sadar untuk Tetap Kerja dengan Aman

Tiap pekerja harus mempunyai kesadaran untuk bikin lingkungan kerja yang aman. Begitu juga saat ada pekerja yang lain yang kelihatan menyalahi ketentuan, kita jangan segan-segan untuk memberinya teguran atau menyampaikannya ke pengawas. Untuk keamanan serta keselamatan bersama-sama .

Ya, berikut delapan konsep penting yang perlu dijiwai oleh setiap karyawan. Agar lingkungan kerja yang aman, bersih, serta sehat seperti yang diharapkan kita, bisa terjadi.