Beda Jenis Pekerjaan, Beda Jenis Safety Shoes

Source : Google Image

Kurangnya informasi yang beredar mengenai Safety Shoes (Sepatu Pengaman), membuat banyak orang menyama-ratakan fungsi sepatu safety untuk semua jenis pekerjaan. Padahal lain jenis pekerjaan, membutuhkan Safety Shoes yang berbeda juga. Agar Anda lebih mengerti jenis-jenis Safety Shoes dan kegunaannya, di bawah ini saya informasikan jenis Safety Shoes yang beredar saat ini :

1SAFETY TOED SHOES :

Adalah jenis Safety Shoes paling umum dan banyak dijual. Sepatu ini mempunyai pelindung di ujung depan sepatu. Fungsinya yaitu untuk melindungi jari kaki dari kecelakaan kerja. Sepatu pengaman jenis ini biasanya digunakna untuk pekerja yang bekerja di pabrik, terutama pabrik produksi material berat.

2STEEL INSOLE SHOES :

Yaitu jenis sepatu pelindung yang menyisipkan besi/baja ringan guna menstabilisasi gerakan dan melindungi kaki penggunanya dari resiko terkilir atau masalah pada tulang kaki. Biasanya sepatu ini digunakan untuk orang-orang yang bekerja menggunakan fungsi kaki, seperti mengendarai sepeda motor, menekan pedal, atau mengendarai truk/container.

3METAL INSTEP FOOTWEAR :

Jenis sepatu pelindung ini memakai besi/baja ringan di sol bagian dalam. Tujuannya yaitu untuk melindungi pengguna dari luka akibat mencapai benda-benda tajam seperti paku, pecahan kaca, dan benda besi tajam lain. Sepatu ini biasanya diunakan oleh para pekerja yang bekerja di pabrik industri barang besar dan banyak terkait dengan benda tajam, seperti pabrik kaca, senjata, produksi baja, dan sebagainya.

4METATARSAL SHOES :

Sepatu ini yaitu sepatu pengaman khusus yang dirancang untuk melindungi bagian atas kaki. Sepatu itu betujuan untuk melindungi pengguna apabila tertimpa benda berat. Dikenal juga dengan arti “Drop Hazaard”, sepatu pengaman ini umum digunakan oleh pekerja konstruksi bangunan (kontraktor) atau pekerja yang pekerjaannya berhubungan dengan mengangkut barang berat/mesin.

5ELECTRIC HAZARD SHOES :

Jenis ini yaitu sepatu pelindung yang bisa melindungi pengguna dari sengata listrik atau konslet, Sepatu pengaman ini menggunkan sol khusus yang bisa melindungi beberapa pekerja yang bekerja di tempat-tempat yang mengandung aliran listrik tinggi yang berpotensi menyengat sang pekerja. Sesuai fungsinya, sepatu ini dipakai untuk para pekerja yang bekerja yang bekerja di PLN, PLTU, atau tempat kerja lain yang berhubungan dengan tegangan listrik tinggi.

6HEAT RESISTANT SHOES :

Sepatu safety ini dipakai untuk melindungi kaki beberapa pengguna dari terbakar saat ada ditempat berlantai panas atau terbakar. Sepatu jenis ini memakai sol khusus yang tahan api dengan tingkat leleh tinggi (lebih dari 300 derajat Celsius). Karena fungsinya ini, sepatu ini banyak digunakan oleh Pemadam Kebakaran dan ditempat penambangan mineral.