Cara Membersihkan Sepatu Bahan Suede

Source : Google Image

Apa itu bahan suede? Bahan suede merupakan bahan beludru yang sangat lembut, nah bahan-bahan seperti inilah yang jika terkena debu kotoran akan nampak sekali kekusamannya. Saat ini bahan suede banyak digunakan untuk membuat jaket maupun sepatu. Sepatu berbahan suede memberikan kesan elegen dan stylish bagi penggunanya. Berbeda pula dengan sepatu kulit yang biasanya hanya memiliki varian warna hitam dan cokelat, sepatu berbahan suede memiliki banyak varian warna dan model. Oleh karena itu sepatu maupun barang-barang dengan bahan suede memiliki banyak peminat. Bagaimana cara membersihkan sepatu berbahan suede? Tidak usah terlalu bingung untuk membersihkan sepatu berbahan suede ini, karena cara membersihkannya tidak begitu suit.

Untuk membersihkan sepatu berbahan suede ini, beberapa hal yang perlu Anda lakukan ialah:

Bersihkan Noda Kotor serta Noda Gores

  1. Siapkan sikat khusus untuk sepatu suede serta pastikan sepatu dalam situasi kering. Bahan suede mempunyai partikel yang halus serta paling baik dibersihkan dengan sikat khusus yang dapat dibeli berbarengan seperangkat pembersih khusus bahan suede. Bila sepatu Anda mempunyai panduan perawatan, ikuti panduan itu. Suede sangatlah sensitif terhadap air, jadi noda kotor serta noda gores paling baik ditangani saat sepatu dalam keadaan kering.
  2. Sikat pelan-pelan sepatu untuk menghilangkan kotoran. Pakai sikat pembersih suede untuk membersihkan kotoran yang menumpuk pada sepatu. Janganlah lakukan gerakan bolak-balik, sikatlah searah berkali-kali. Bila kotoran sukses di hilangkan, sepatu akan terlihat lebih baru.
  3. Sikatlah kuat-kuat untuk singkirkan noda gores. Saat sepatu suede tergores, maka partikelnya akan tertekan dalam satu arah. Angkat kembali partikel itu dengan menggosok-gosok sisi yang tergores dengan cara bolak-balik. Sekali lagi, hal semacam ini paling baik dikerjakan dengan sikat khusus suede. Untuk goresan yang warnanya pudar serta sulit disikat, coba mencungkil sisi itu memakai pisau untuk mengangkat bulu-bulu halusnya.
  4. Gunakan penghapus untuk noda membandel. Goresan dan noda yg tidak dapat disikat kerapkali bisa di hilangkan dengan cara digosok memakai penghapus pensil atau karet krep (bahan karet yang berkerut yang dipakai untuk membuat sol sepatu). Anda dapat juga membeli penghapus spesial suede yang didesain untuk membersihkan noda seperti ini. Hapus noda itu dengan tekanan sedang serta lakukan lebih keras lagi bila nodanya lebih sulit.
  5. Jagalah sepatu suede Anda. Saat sudah bersih (atau saat masih baru), semprotkan obat pelindung suede pada sepatu. Hal semacam ini akan membantu mencegah terjadinya noda serta goresan. Ikuti panduan pada kemasan obat itu.

Menghilangkan Noda Air

  1. Basahi semua sisi luar sepatu. Bubuhkan sedikit air dengan sikat. Air bisa memudarkan warna suede, tetapi pemberian air yang pas dapat juga singkirkan noda itu.
  2. Gunakan spons atau lap kering untuk menyerap air yang terlalu berlebih. Gosok sepatu secara rata hingga noda air tak tampak.
  3. Masukkan kertas serta shoe tree (alat untuk melindungi bentuk sepatu supaya tak berubah) didalam sepatu. Bila Anda memakai air yang banyak, masukkan kertas kering ke sepatu untuk menyerap air yang terlalu berlebih dibagian dalam sepatu. Shoe tree (atau gumpalan kertas) akan menolong melindungi bentuk sepatu. Janganlah pakai kertas koran lantaran tinta koran bakal terserap ke sepatu.
  4. Biarlah sepatu mengering semalaman. Tempatkan sepatu di ruang yang kering serta berventilasi baik dan biarlah airnya menguap.
  5. Bila telah kering, sikat sepatu pelan-pelan memakai sikat suede. Hal semacam ini akan membantu kembalikan partikel suede ke posisi semula.

Menghilangkan Noda Khusus

  1. Singkirkan noda minyak atau noda yang “tidak di ketahui” aslinya dengan sikat kuku. Gunakan sikat suede untuk menggosok-gosok noda. Lalu gunakan sikat kuku untuk menggosok-gosok noda membandel dengan air hangat. Noda minyak susah di hilangkan serta sepatu suede yang bernoda minyak akan tidak tampak menarik lagi. Ada yang menyarankan tepung jagung untuk menyingkirkan noda minyak bila minyaknya masih tetap basah. Taburkan tepung jagung pada noda serta diamkan semalaman. Esoknya, sikat tepung jagung serta uapkan dengan setrika.
  2. Biarkan noda lumpur mengering saat sebelum dibersihkan. Gosok bekas lumpur serta janganlah terlalu keras menggosoknya, lalu keringkan sepatu dibawah cahaya matahari. Saat lumpur mengeras, cungkil bongkahan lumpur yang lebih besar menggunakan jari. Lalu gunakan sikat suede untuk bersihkan kotoran yang tersisa.
  3. Masukkan sepatu ke pembeku untuk menyingkirkan noda lilin serta permen karet. Bila ada permen karet yang melekat di sepatu, masukkan sepatu ke pembeku selama beberapa jam. Permen karet bakal jadi keras serta Anda dapat melepaskannya. Terakhir, sikat dengan sikat suede.
  4. Menghilangkan noda darah dengan bola kapas serta peroksida. Gosokkan bola kapas yang sudah dicelup dengan peroksida pada noda dengan lembut sampai noda darah lenyap.
  5. Menghilangkan segera noda tinta saat sebelum betul-betul melekat. Lantas, hapus dengan kertas ampelas. Bila sepatu terkena noda tinta, ambillah handuk serta serap noda itu dengan cepat. Bila terlanjur melekat, gosok noda itu dengan kertas ampelas. Bola kapas yang dicelup alkohol serta digosok-gosokkan pada noda tinta dapat juga dipakai untuk menangani permasalahan ini.

Cara Pembersihan Lainnya

  1. Bubuhkan cuka putih untuk noda membandel. Bila noda tak dapat di hilangkan lewat cara biasa, tambahkan cuka seperlunya, serta gosok dengan lap atau handuk lembut. Biarlah jadi kering, lantas sikat dengan sikat suede. Langkah tersebut bagus juga untuk singkirkan noda salju.
  2. Gunakan sabut baja untuk bersihkan noda mengering. Sikatlah noda yang mengering dengan kuat memakai sabut baja. Tetapi, hati-hati, langkah tersebut akan membuat bulu-bulu sepatu berdiri saat noda di hilangkan.
  3. Gunakan pengikir kuku serta alat pemanas. Bila tak ada sikat suede, gosoklah sepatu dengan pengikir kuku, lantas uapkan dengan ceret atau setrika. Panas dari alat itu akan buka pori-pori suede hingga mudah dibersihkan.

Panduan

  • Jika Anda tidak mau menggunakan sepatu itu kurun waktu yang lama, bungkuslah dengan kertas tisu serta simpan ke dalam kotak sepatu. Jauhkan dari kelembaban serta sinar, lantaran suede dapat berjamur pada keadaan lembap serta sinar jelas dapat memudarkan warnanya.
  • Jika ingin cepat, Anda dapat menyingkirkan noda lantaran air dengan menekannya pelan-pelan dengan tisu.
  • Jangan mengecat sepatu suede. Bila Anda tak dapat bersihkan noda pada sepatu suede dengan beberapa cara diatas, jadi mengecatnya yaitu langkah yang jelek serta nanti dapat mengakibatkan kerusakan sepatu.
  • Jika tali sepatu kotor, Anda dapat mencucinya sesuai dengan jenis bahannya.

Peringatan

  • Hati-hati saat memakai penyemprot pelindung sepatu suede. Yakinkan ventilasi udara ruang mencukupi serta ikuti beberapa langkah dan perawatan pada label panduan, karena ada penyemprot yang dapat menyebabkan kebakaran.
  • Jangan pakai gumpalan kertas koran juga sebagai pengganti shoe tree. Bila kertasnya basah, dapat menodai sepatu.
  • Jangan pakai pelarut dry clean. Pelarut ini memanglah dapat menyingkirkan noda pada sepatu, tetapi memiliki kandungan beberapa zat kimia yang sangatlah keras serta sulit lenyap didalam ruang rumah.
SHARE

LEAVE A REPLY