Cara Menyimpan Sepatu Sesuai dengan Bahan Sepatu

Source : Google Image

Menyimpan sepatu dengan baik serta benar akan membuat sepatu Anda terus tampak bagus serta tahan lebih lama. Sepatu harus dilindungi dari debu, air, serta cahaya matahari hingga tak melengkung atau warnanya pudar saat disimpan. Pastikan bahwa Anda menumpuknya begitu saja serta merusaknya. Simpan sepatu Anda pada kotaknya atau area untuk menyimpan yang layak.

Mempersiapkan Sepatu Saat sebelum Disimpan

1. Bersihkan sepatu. Menaruh sepatu dalam keadaan kotor dapat membuatnya rusak, apalagi untuk sepatu berbahan kulit. Luangkan untuk bersihkan sepatu Anda saat sebelum menyimpannya, meskipun Anda pasti akan memakainya kembali besok. Janganlah lupa untuk mengeringkannya dahulu bila Anda membersihkannya dengan air.

  • Bersihkan sepatu kulit lewat cara menggosoknya dengan sikat yg tidak kasar. Gunakan alat pembersih khusus untuk membersihkan sisa noda yang lain.
  • Untuk sepatu berbahan kanvas (seperti pada sepatu kets), pakai air serta sabun untuk menyingkirkan noda.
  • Bersihkan sepatu berbahan plastik dengan air serta sabun.

2. Susun berdasarkan keperluan serta musim. Bila sebelumnya Anda cuma meletakkan serta menumpuk sepatu Anda demikian saja, ini waktunya untuk beralih. Urutkan sepatu Anda berdasar pada kepentingan serta musim supaya lemari Anda rapi serta kondisi sepatu Anda terus terjaga dengan baik.

  • Tempatkan sepatu hak tinggi atau sepatu untuk kepentingan resmi yang lain dengan cara berdekatan.
  • Tempatkan juga sepatu untuk musim dingin atau hujan berdekatan.
  • Tempatkan sendal serta alas kaki santai yang lain berdekatan.
  • Terakhir, letakkan sepatu enjoy serta sepatu berolahraga berdekatan.

3. Siapkan area untuk menyimpan dengan suhu stabil serta terlepas dari cahaya matahari. Sepatu Anda dapat terbangun kondisinya bila disimpan jauh dari cahaya matahari atau suhu yang terlampau dingin atau panas. Tempat paling baik untuk menaruh sepatu yaitu didalam lemari yang mempunyai suhu stabil serta tak terserang cahaya matahari. Bila tak ada lagi tempat untuk sepatu di lemari Anda, taruh dibawah tempat tidur atau di rak khusus. Jangan taruh sepatu di ruangan bawah tanah, garasi, atau tempat mana pun yang riskan mempunyai suhu ekstrem. Sepatu Anda dapat rusak.

4. Isi dengan kertas yg tidak memiliki kandungan asam. Bila sepatu Anda akan disimpan kurun waktu lama, isi sepatu dengan kertas supaya bentuknya terus terjaga. Yakinkan bahwa kertas Anda tak memiliki kandungan asam, lantaran asam dapat mengakibatkan kerusakan bahan sepatu. Jauhi juga kertas koran, lantaran tintanya mungkin melekat pada sepatu Anda.

  • Anda dapat memakai kertas tisu toilet.
  • Gunakan alat khusus berbahan kayu untuk sepatu kesayangan Anda. Bila Anda mempunyai sepatu kulit yang bagus serta mahal, pakai alat ini untuk melindungi bentuk serta kondisinya. Terkecuali melindungi bau sepatu serta mengusir ngengat lantaran terbuat dari kayu cemara. Anda dapat beli alat ini dengan cara online.

5. Untuk sepatu boots, taruh dalam posisi terbalik. Bila Anda mau menaruh sepatu but, pakai gantungan khusus but supaya dapat tersimpan dalam posisi terbalik. Bila sepatu but disimpan dalam posisi umum, sisi atasnya akan turun, serta itu dapat memberi sisa lipatan yang permanen bila disimpan kurun waktu lama. Juga sebagai alternatif, Anda dapat juga memakai dua botol kosong yang cukup besar (seperti botol anggur) untuk menyimpannya dengan cara terbalik.

Mencari Tempat Penyimpanan yang Tepat

1. Siapkan keset spesial untuk sepatu yang dipakai setiap hari. Jika Anda serta keluarga Anda mempunyai sepatu atau alas kaki yang dipakai nyaris setiap hari, menyimpannya diatas keset yaitu langkah mudah untuk menyimpannya dengan cara rapi. Tempatkan keset tersebut di dekat pintu, serta ingatkan anggota keluarga Anda untuk menaruh sepatunya dengan cara rapi ditempat itu supaya mudah ditemukan serta enak dilihat.

  • Anda juga bisa mempersiapkan lemari penyimpanan sepatu untuk tujuan yang sama. Gunakan lemari ini spesial untuk sepatu yang kerap dipakai, seperti sepatu sekolah atau sepatu berolahraga.
  • Siapkan tempat spesial untuk sepatu yang basah, seperti keset di teras atau diluar rumah yang kering.

2. Gunakan rak sepatu. Bila koleksi sepatu Anda cukup banyak, Anda butuh area untuk menyimpan penambahan untuk sepatu yang tidak sering Anda pakai. Siapkan rak untuk sepatu supaya Anda dapat menyusun sepatu Anda dengan rapi. Pakai rak berbahan plastik atau kayu serta kelompokkan sepatu berdasar pada keperluannya.

  • Anda dapat juga memakai tangga kayu juga sebagai area untuk menyimpan yang unik. Cukup cat tangga itu supaya tampak lebih menarik, lalu tempatkan di dinding. Tempatkan sepatu Anda di setiap anak tangga.
  • Alternatif lain yaitu memakai papan yg tidak terpakai. Bila Anda mempunyai sebagian papan yang memiliki ukuran sama, Anda dapat membuat papan yang lebih besar, namun mempunyai lubang dibagian tengahnya. Pakai lubang itu untuk memasukkan sisi ujung sepatu Anda. Namun lantaran menaruh sepatu dengan langkah tersebut dapat menyebabkan lipatan, Anda mungkin tidak ingin menaruh sepatu boots Anda disini.

3. Taruh sepatu di kantung sepatu yang dapat digantung. Bila Anda tak mempunyai area untuk menyimpan, pakai kantung sepatu yang dapat digantung di dinding untuk menaruh sepatu Anda. Langkah tersebut cukup menghemat tempat serta cukup rapi.

4. Taruh didalam kotak untuk penyimpanan yang lebih lama. Bila Anda tidak akan memakai sepatu Anda dalam waktu satu bulan atau lebih, taruh sepatu itu didalam kotak. Anda dapat memakai kotak aslinya, atau memakai kotak penyimpanan lain berbahan plastikyang tembus pandang untuk mempermudah Anda mengetahui sepatu itu.

  • Jika kotak sepatu Anda telah tak ada, pakai kotak lain dengan ukuran yang sama.
  • Bungkus sepatu Anda dengan tisu yg tidak memiliki kandungan bahan asam untuk melindungi kondisinya.
  • Gunakan juga gel silika yang dapat Anda peroleh di toko kerajinan untuk melindungi keadaan sepatu Anda.

Hal yang Harus Anda Hindari

  1. Jangan menaruh sepatu dalam keadaan basah. Janganlah pernah menaruh sepatu dalam keadaan basah, seterbuka apa pun area untuk menyimpan itu. Tunggulah sepatu itu kering. Sepatu basah akan berjamur serta bau bila segera disimpan begitu saja. Keringkan sepatu Anda ditempat kering serta mempunyai aliran hawa yang baik saat sebelum menyimpannya.
  2. Janganlah membungkus sepatu kulit dengan plastik. Sepatu kulit harus terkena udara saat disimpan. Membungkusnya dengan plastik akan membuatnya berjamur atau berubah warna. Bungus dengan tisu yg tidak memiliki kandungan asam.
  3. Janganlah pakai kapur barus. Kapur barus terbuat dari bahan kimia beracun yang meskipun mengusir ngengat, namun juga beresiko untuk anak-anak serta hewan peliharaan. Diluar itu, baunya akan melekat di sepatu serta susah hilang. Pakai pengharum almari dengan bahan alami juga sebagai pengganti.
  4. Janganlah tumpuk sepatu diatas sepatu yang lain. Banyak orang yang menaruh sepatu dengan cara menumpuknya supaya menghemat tempat. Langkah tersebut dapat untuk menaruh sendal, namun tidak untuk sepatu lantaran dapat membuat sepatu Anda lama kelamaan kehilangan memiliki bentuk. Tatalah sepatu Anda bersebelahan seperti biasa, janganlah ditumpuk, bagaimanapun posisi menumpuknya.

Tips

  • Biasakanlah untuk mengecek sepatu Anda sekurang-kurangnya satu tahun sekali untuk lihat apakah Anda butuh memperbaikinya, atau harus dibuang, di jual kembali, atau disumbangkan karena sudah tak muat atau akan tidak digunakan lagi.
  • Beri label pada kotak tempat Anda menaruh sepatu untuk mempermudah Anda menemukan sepatu yang Anda cari nanti.
  • Jika Anda memakai kotak asli dari sepatu itu, photo sepatunya serta tempelkan fotonya di kotak. Dengan begini, Anda dapat mencarinya dengan mudah nanti. Pastikan fotonya ditempelkan pada posisi yang memungkinkan Anda melihatnya walau tertumpuk dengan kotak lain.
  • Sepatu boot sedikit lebih susah disimpan lantaran kotaknya umumnya semakin besar dari pada kotak sepatu umum. Jadi, siapkan tempat untuk sepatu but Anda bila memang mau menyusun sepatu ditempat tertentu.