Cara Merawat Sepatu Dr.OSHA Safety Shoes

Source : Google Image

Sepatu Safety atau Safety Shoes merupakan bagian dari Personal Protective Equipment atau disingkat PPE, Regulasi Keamanan dan keselamatan yang diberlakukan pada industri-industri mengharuskan para pekerjanya untuk menggunakan Safety Shoes sebagai salah satu atribut atau perlengkapan kerja untuk menunjang keselamatan para pekerjanya.

Sepatu Safety pada umumnya dipergunakan untuk melindungi jari kaki dari timpaan barang berat yang jatuh, yang dapat terjadi pada kecelakaan kerja, sehingga jari kaki para pekerja dapat telindungi dari akibat yang fatal. Sepatu safety berbahan kulit tergolong gampang-gampang susah untuk dirawat. Karena jika tidak pintar merawatnya, bahan kulit pada sepatu Anda bisa saja retak, bahkan pecah. Belum lagi sengatan panas yang bisa membuat warna sepatu Anda memudar dan tampak tidak menarik. Terkadang banyak orang yang sengaja membuat sepatunya kotor agar dirinya tampak rebel, tetapi percayalah sepatu yang bersih menunjukkan pribadi yang terlihat baik. Jadi, inilah langkah-langkah mudah agar sepatu kulit Anda tetap terawat:

1. Menyimpan sepatu dalam kondisi kotor bisa membuatnya rusak, apalagi untuk sepatu berbahan kulit. Sempatkan untuk membersihkan sepatu Anda sebelum menyimpannya, walaupun Anda pasti akan memakainya kembali besok. Jangan lupa untuk mengeringkannya dulu jika Anda membersihkannya dengan air.

*Bersihkan sepatu kulit dengan cara menggosoknya dengan sikat yang tidak kasar. Gunakan alat pembersih khusus untuk membersihkan bekas noda lainnya.

2. Siapkan tempat penyimpanan dengan suhu stabil dan terhindar dari sinar matahari. Sepatu Anda bisa terjaga kondisinya jika disimpan jauh dari sinar matahari atau suhu yang terlalu dingin atau panas. Tempat terbaik untuk menyimpan sepatu adalah di dalam lemari yangmemiliki suhu stabil dan tidak terkena sinar matahari. Jika tidak ada lagi tempat untuk sepatu di lemari Anda, simpan di bawah tempat tidur atau di rak khusus.

*Jangan simpan sepatu di ruang bawah tanah, garasi, atau tempat mana pun yang rawan memiliki suhu ekstrem. Sepatu Anda bisa rusak.

3. Untuk sepatu but (boots), simpan dalam posisi terbalik. Jika Anda ingin menyimpan sepatu but, gunakan gantungan khusus but agar bisa tersimpan dalam posisi terbalik. Jika sepatu but disimpan dalam posisi biasa, bagian atasnya akan turun, dan itu bisa memberikan bekas lipatan yang permanen jika disimpan dalam waktu lama. Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan dua botol kosong yang cukup besar (seperti botol anggur) untuk menyimpannya secara terbalik.

4. Jangan pernah menyimpan sepatu dalam kondisi basah, seterbuka apapun tempat penyimpanan itu. Tunggu sepatu itu kering. Sepatu basah akan berjamur dan bau jika langsung disimpan begitu saja. Keringkan sepatu Anda di tempat kering dan memiliki sirkulasi udara yang baik sebelum menyimpannya.

5. Jangan membungkus sepatu kulit dengan plastik. Sepatu kulit harus terkena udara ketika disimpan. Membungkusnya dengan plastik akan membuatnya berjamur atau berubah warna. Bungus dengan tisu yang tidak mengandung asam.

6. Jangan tumpuk sepatu di atas sepatu lainnya. Banyak orang yang menyimpan sepatu dengan cara menumpuknya agar menghemat tempat. Cara ini bisa untuk menyimpan sendal, tapi tidak untuk sepatu karena bisa membuat sepatu Anda lama kelamaan kehilangan bentuknya. Susunlah sepatu Anda bersebelahan seperti biasa, jangan ditumpuk, bagaimanapun posisi menumpuknya.

7. Bersihkan sepatu kulit asli dengan campuran sedikit air dan sabun. Basuh sepatu sampai bersih dengan kain basah yang lembut. Gunakan semir sepatu berbahan silikon untuk membuat sepatu berkilau kembali.

8. Merawat sepatu berbahan kulit.

*Gunakan krim semir yang warnanya sama dengan sepatu. Jika Anda tengah membersihkan bahan kulit asli. Semir sepatu khusus kulit tersedia di berbagai toko sepatu. Gunakan krim tersebut dengan selembar kain yang lembut. Biarkan selama beberapa menit, lalu sikat sampai mengilap dengan kain atau sikat yang lembut. Tambahkan beberapa tetes air pada kain lap agar mengkilap.

*Gunakan minyak seperti minyak cerpelai (mink oil) untuk bahan kulit sintetis. Hal ini akan membantu mengawetkan kulit. Gunakan dengan kain lap. Gosok dengan lap bersih.

9. Jika sepatu anda mulai mengeluarkan bau yang tidak sedap, gunakan cairan alkohol. Untuk sepatu yang tidak bisa dicuci, usaplah dengan bola kapas atau kapas persegi yang sudah dibasahi dengan alkohol. Ini akan membantu mengeringkan penyebab bau tersebut dan memungkinkan anda dapat segera mengenakan sepatu itu lagi. Alkohol menguap dengan cepat, di samping sebagai antiseptik. Saat bercampur dengan cairan lain, alkohol juga membantu cairan lain untuk menguap.

SHARE

LEAVE A REPLY