Cara Merawat Sepatu Safety Saat Musim Hujan

merawat sepatu kulit saat hujan
Source : Google Image

Bagi Anda para pekerja, baik kantoran ataupun lapangan, masalah sepatu bau atau jamuran akibat hujan sering kali merepotkan, terlebih untuk pengguna sepatu berbahan kulit. Hujan dapat juga membuat sepatu kotor dan cepat rusak. Seperti pori-pori cat sepatu mengeras, retak-retak, hingga akhirnya cat mengelupas. Bila itu terjadi maka tampilan Anda jadi tidak keren lagi. Bila sudah demikian, cara satu-satunya yang dapat dilakukan hanya mengelap sepatu.

Masalah kerusakan sepatu sebenarnya tergantung cara merawatnya. Hujan ataupun panas tidak jadi masalah bila pemiliknya mengerti cara perawatan sepatu yang benar. Agar sepatu Anda tetap awet dan kinclong, Kami membagi tips untuk Anda.

1Bersihkan sepatu setelah dipakai

Awal mula bersihkan dengan air biasa atau shampo khusus agar beberapa sisa kotoran yang menempel bersih secara disikat. Itu penting karena kotoran dapat merusak dan membuat kusam sepatu. Ada juga bahan pembersih semprot untuk sepatu bahan suede atau kulit, misalnya leather cleaner buatan cololite. Setelah bersih, sepatu dilap dengan kain kering, tisu kasar atau semacamnya agar air yang mengendap di pori-pori sepatu terserap.

2Sepatu diangin-anginkan dan hindarkan dari sinar matahari

Setelah dibersihkan, sepatu diangini dengan cara menaruhnya ditempat terbuka. Bahkan bila perlu, keringkan sepatu dengan kipas angin untuk melindungi elastisitas bahan sepatu. Sepatu jangan dijemur dibawah sinar matahari langsung karena sepatu bisa mengeras, pori-pori bahan sepatu kasar, warna pecah-pecah, hingga cat dasar terkelupas.

3Semir

Penyemiran dilakukan untuk melindungi warna sepatu agar tetap mengkilap. Pilih jenis warna sepatu sesuai dengan warna dasarnya. Misalnya untuk sepatu berwarna hitam, jangan disemir dengan warna coklat, atau sebaliknya. Itu justru dapat merusak warna.

4Simpan sepatu pada ruang yang tidak lembab

Usai disemir sepatu di taruh ditempat aman. Bisa lemari, kardus, mobil, atau dibawah ranjang tidur. Namun yang paling aman, sebaiknya sepatu di taruh di rak terbuka saja. Usahakan tempat penyimpanan tidak lembab karena kondisi itu dapat memicu timbulnya jamur. Lembab juga bisa membuat sepatu bau ketika dipakai.

5Proteksi sepatu dari jamur dengan memberikan silica gel

Setelah disemir, alangkah baiknya sepatu diberi silica gel di dalamnya agar aman dari serangan jamur. Bila perlu, sepatu juga bisa disemprot dengan minyak wangi. Sebelum dipakai, body lotion dapat juga dioleskan pada kulit sepatu agar tidak mengeras, dan terjaga elastisitasnya.

SHARE

LEAVE A REPLY