Pahami Pentingnya Safety Riding

fungsi safety ridingfungsi safety riding – Bagi kalian pengendara motor pasti sudah tidak asing dengan kata safety riding. sepeda motor memang menjadi pilihan paling praktis dan ekoimis sebagai alat transportasi pribadi maupun keluarga. Kemampuan melalui jalan yang relatif kecil seakan membuat motor menjadi kendaraan ‘bebas macet’ dan efektif, sementara itu juga konsumsi BBM yang sangat irit membuat kendaraan ini sangatlah ekonomis.

Safety riding harus menjadi acuan bagi pengendara sepeda motor. Karena transpotasi tersebut rawan kecelakaan maka para pengguna sepeda motor harus menerapkan safety riding dalam berkendara. Safety riding adalah tindakan meminimaliris mengurangi resiko kecelakaan bagi pengendara.

Perlengkapan yang harus digunakan sebelum mengendarai sepeda motor adalah :

  1. Sarung tangan, sebaiknya memiliki lapisan yang dapat menutupi kedua belah tangan dan bahan yang dapat menyerap keringat serta tidak licin saat memegang grip/handle motor.
  2. Helm (minimal Half Face), sebaiknya mampu memberikan proteksi lebih kepada kepala, poin inilah yang selalu dilewatkan oleh pengendara sepeda motor pengguna helm ‘catok’ dan sejenisnya.
  3. Jaket, fungsi dari jaket adalah mampu melindungi seluruh bagian tubuh baik dari terpaan angin maupun efek negatif kala terjadi benturan baik kecil maupun besar.
  4. Sepatu, haruslah mampu memberikan kenyamanan serta keamanan bagi seluruh lapisan kaki. Misalnya dengan sepatu safety.
  5. dan yang tidak kalah pentingnya adalah SIM, Anda harus memiliki surat ijin mengemudi dahulu jika ingin menggunakan sepeda motor.

Semoga semakin besar kesadaran pengendara motor yang menerapkan safety riding sebelum melakukan perjalanan jauh, semoga bermanfaat..