Ikuti Tips Penanggulangan Pasca Kebakaran Berikut

Ikuti Tips Penanggulangan Pasca Kebakaran BerikutKecil jadi kawan, besar jadi lawan, demikian karakter api. Serta sedikit percikan sekalipun dapat menyulut api yang semakin besar hingga terjadi peristiwa kebakaran. Tidak hanya dapat mengakibatkan kerugian materiil, kebakaran sering memakan korban jiwa. Kerugian harta dapat diganti asuransi, tetapi tidak dengan korban jiwa.

Yang Harus Dikerjakan Saat Kebakaran Berlangsung

Bila kebakaran terlanjur berlangsung pada bangunan yang Anda punyai, lekas bunyikan alarm atau tanda peringatan bahaya supaya semua penghuni bangunan serta warga di sekitar bisa lakukan penyelamatan serta memberi bantuan pemadaman. Kemudian segera hubungi Dinas Pemadam Kebakaran lewat hotline 112 untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Tindakan Saat Kebakaran

Sehabis api sukses diredakan, jangan buru-buru masuk ke bangunan. Ada kemungkinan masih ada api di dalam serta udara panas masih tinggi hingga bisa mencederai serta membahayakan nyawa Anda. Mintalah persetujuan petugas sebelum masuk ke bangunan. Anda perlu siaga akan langit-langit serta dinding yang bisa setiap saat roboh. Pakai pelindung kepala serta sepatu safety saat memasuki puing-puing.

Membuat Perlindungan Lokasi Insiden

  • Jangan tinggalkan tempat tanpa ada pengawasan. Ada berbagai bahaya yang mengancam, seperti vandalisme, pencuri, serta cuaca yang bisa memperparah kerusakan
  • Tutupi semua celah agar terlindung dari hujan. Pihak pemadam kebakaran akan membantu Anda lakukan ini
  • Segera hubungi pihak asuransi kebakaran serta bikin laporan pengajuan klaim
  • Ambil semua aset berharga dari tempat insiden sebelum tinggalkan bangunan

Beberapa Hal yang Perlu Diawasi

  • Sistem kelistrikan mungkin telah rusak karena kebakaran serta terkena air. Sewa teknisi profesional untuk mengecek kondisi kelistrikan sebelum dinyalakan kembali.
  • Cek kerusakan struktural pada bangunan yang dikarenakan oleh api. Atap serta lantai mungkin rapuh
  • Makanan, minuman, serta obat-obatan yang terserang panas api, asap, atau menyusut baiknya dibuang pada tempatnya serta jangan dipakai
  • Kulkas serta lemari pendingin akan mengalami kesulitan pendinginan untuk sementara waktu
  • Pastikan aliran gas serta listrik telah dimatikan oleh dinas terkait sebelum petugas kebakaran tinggalkan tempat. Jangan coba memutuskan atau menyambungkan layanan itu sendiri. Hubungi pihak terkait

Sebelum Tinggalkan Rumah

  • Bila Anda harus tinggalkan bangunan, hubungi pihak kepolisian untuk membantu mengamati bangunan atau minta tolong pihak keamanan setempat.
  • Tanyakanlah pada petugas asuransi apa Anda memperoleh penggantian tempat sementara yang biayanya diganti oleh pihak asuransi.
  • Temukan beberapa barang berharga seperti giro, cek, polis asuransi, buku tabungan, kartu identitas, uang tunai, perhiasan, serta kartu kredit sebelum tinggalkan lokasi kejadian.

Itulah beberapa langkah yang perlu dikerjakan saat kebakaran pada bangunan Anda. Mengasuransikan bangunan adalah langkah tepat kurangi kerugian yang diderita.