Inilah Jenis-Jenis Safety Hand Gloves (Sarung Tangan Keamanan)

Mungkin banyak antara kita yang sudah tidak asing dengan safety hand gloves. Ditambah lagi buat mereka yang kerja dengan potensi bahaya yang tinggi, pemakaian hand gloves bukan sebatas keharusan tetapi kebutuhan supaya tangan kita yang sehat dan indah tidak tergores bahkan bisa saja terluka kronis akibat kerja.

Tetapi tahukah Kamu jika sarung tangan safety ternyata banyak jenisnya?

Safety hand gloves sendiri ialah alat yang digunakan untuk melindungi tangan dari kekuatan bahaya seperti guratan benda tajam, panas, serta bahan kimia. Hand gloves yang digunakan untuk melindungi dari panas tentu saja berbeda yang digunakan untuk melindungi tangan dari bahan kimia. Apasih bedanya? Lalu bagaimana cara pengaplikasiannya? Berikut beberapa macam hand gloves berdasar fungsi dan bahan penyusunnya:

Impact Hand Gloves

Hand Gloves tipe Impact ini dilengkapi dengan fitur shock absorber. Berarti Ketika ada benda berat terjatuh dan menimpa tangan kamu, Impact Hand Gloves bisa melindungi tangan kamu dengan menyerap energi tumbukan sehingga tangan kamu tidak terserang energi tumbukan sepenuhnya.

Cut & Puncture Resistant Gloves

Hand Gloves tipe ini ialah hand gloves yang seringkali dipakai saat dalam permesinan terutama Abrasive. Dengan formulasi nitrile pada materialnya nya membuat sarung tangan ini tahan pada abrasi yang disebabkan oleh gesekan. Cut & Puncture Resistant Glove tahan pada benda benda tajam, jadi benar-benar pas dipakai untuk pekerja yang memakai mesin mesin abrasi.

Anti-Slip Hand Gloves

Anti Slip Hand Gloves ini dipakai pada benda kerja yang basah atau berminyak. Sarung tangan anti-slip ini dilengkapi dengan Grip Technology hingga objek kerja yang berminyak atau basah dapat di pegang dengan kuat tanpa ada terpeleset. Dengan tehnologi microchannel pada sarung tangan ini menyerap fluida cair yang melekat pada benda kerja hingga kontak sarung tangan dengan benda kerja tidak dirintangi oleh cairan-cairan itu.

Lifting Hand Gloves

Hand gloves tipe ini ialah tipe safety gloves yang seringkali diketemukan di pasaran. Dipakai untuk melindungi tangan dari guratan benda tajam serta meminimalisir potensi selip waktu mengusung sesuatu. Hand gloves ini dibuat dari kain yang memiliki serat. Ada juga beberapa lifting hand gloves yang dilengkapi susunan karet di bagian telapak tangan untuk meningkatkan kemampuan cengkeraman tangan saat mengangkat.

Jangan pakai hand gloves tipe ini saat kalian mengoperasikan benda atau mesin berputar-putar ya. Mengapa? Sebab hand gloves ini dibuat dari kain yang memiliki serat, maka ada potensi serat itu tersangkut di mesin berputar-putar yang malah membahayakan tangan kita.

Heat Resistant Gloves

Hand gloves ini umumnya dibuat dari leather (kulit) serta sisi dalamnya ada lapisan kain yang halus. Heat Resistant Gloves ini lebih tebal dan berat dibandingkan dengan hand gloves yang lain. Mengapa dibuat dari karet dan tebal? Karena sesuai namanya, hand gloves ini berfungsi jadi isolator panas yang melindungi tangan kita dari panas atau suhu yang tinggi. Dipasaran sendiri hand gloves ini sering disebut sebagai sarung tangan las. Umumnya dipakai saat pekerjaan las, blander (cutting torch), serta berbagai pekerjaan yang lain yang berhubungan langsung dengan suhu tinggi, furnace, dan lain-lain.

Chemical Resistant Gloves

Sesuai dengan namanya, chemical resistant gloves biasanya dipakai pada cakupan laboratorium serta pekerjaan yang berhubungan langsung dengan bahan atau zat kimia, seperti wet analysist serta pengecatan. Hand gloves ini umumnya dibuat dari bahan latex, nitrile, vinyl, serta PVC. Chemical gloves yang dibuat dari latex, nitrile, serta vinyl ialah sarung tangan yang seringkali kita lihat digunakan di bagian kedokteran, tetapi pemakaiannya sendiri sebetulnya tidak hanya itu, hand gloves ini dapat juga dipakai di laboratorium kimia sebab sifatnya yang tidak tembus cairan. Sarung tangan ini berbentuk disposable atau sekali pakai.

Disamping itu ada juga chemical gloves yang dibuat dari PVC. Jika dilihat dari bentuknya, sarung tangan ini umumnya mempunyai lengan yang lebih panjang dan lebih tebal dibanding dengan chemical resistant gloves yang lain. Chemical gloves tipe ini biasa digunakan saat pekerjaan pengecatan.

Tentunya masih banyak beberapa jenis safety hand gloves lainnya. Mudah-mudahan artikel ini bisa memberi pengetahuan lebih buat kamu yang akan beli sarung tangan keamanan. Semakin sesuai dengan gloves yang dipakai maka makin kecil potensi bahayanya. Accident No, Safety Yes, K3 Budayaku!