Langkah Aman Bekerja di Pabrik Manufacture

Source : Google Image

Ada sejumlah rangkaian tes yang perlu dilewati agar bisa bekerja sebagai seorang operator pabrik. Apabila Anda dapat lolos tes dan di terima bekerja di perusahaan tersebut jelas hal itu merupakan sebuah prestasi tersendiri.

Adapun setelah di terima bekerja, tugas baru siap menanti Anda. Ada beberapa hal yang harus dipelajari. Anda pun harus menguasai sistem produksi, SOP (Standard Operating Procedure), situasi tempat kerja, kesehatan dan keselamatan kerja. Tulisan ini yaitu mengenai 6 Tips Aman Bekerja di Pabrik Manufacture.

Bekerja di pabrik pasti tidak terlepas dari potensi bahaya. Potensi bahaya itu dapat menjadi nyata yang mana menyebabkan terjadinya cedera hingga kematian. Terutama apabila dalam setiap prosesnya tidak disertai dengan pengetahui menjalankan pabrik secara aman.

Seorang pimpinan pabrik yang baik sudah semestinya memberikan info terkait pelatihan dan pendidikan yang diperlukan para pekerjanya. Selain itu, sebagai pekerja Anda juga harus aktif mencari info tambahan yang berguna. Karena itu sebelum mulai bekerja, pastikan Anda telah membaca dan mengerti beberapa tips aman bekerja di pabrik berikut ini :

1Mengerti Kebijakan dan Ketentuan Perusahaan

Mengerti sepenuhnya mengenai kebijakan dan ketentuan yang berlaku di perusahaan terutama yang mencakup kesehatan dan keselamatan kerja. Pahami benar dan pastikan memperoleh penjelasan detail karena kebijakan dan ketentuan itu merupakan referensi utama.

2Kenali Tempat Kerja

Kenali situasi dan kondisi tempat kerja Anda. Setiap bahan biasanya akan disimpan di tempat berbeda tergantung sifatnya contoh bahan kimia yang mudah terbakar dan lainnya.

3Kuasai Proses Produksi

Agar selamat dalam bekerja pastikan untuk menguasai proses produksi dan keselamatan dalam prosesnya. Misalnya mengerti mengenai kondisi operasi, diagram instrumentasi, aliran material, sistem keamanan, serta sistem interlock. Dalam hal semacam ini Anda pun harus mempelajari cara penggunaan alat yang benar dan aman. Terlebih untuk alat-alat yang digerakkan secara manual.

4Mengerti Prosedur Operasi Standar

Mengerti setiap prosedur operasi stadar yang berhubungan langsung dengan jenis pekerjaan yang harus Anda kerjakan setiap hari sebagai operator pabrik. Penting juga untuk mengetahui tindakan pencegahan pada setiap ancaman bahaya.

5Kuasai MSDS dan Simbol Penting

Pelajari dan mengerti cara membaca MSDS atau Material Safety Data Sheet. Hindari berinterkasi dengan bahan apa pun sebelum membaca MSDS. Kuasai juga setiap simbol yang digunakan ditempat kerja. Pasalnya setiap simbol memiliki arti tersendiri dan harus menjadi perhatian.

6Bekerja Sesuai Kemampuan

Hindari penugasan untuk pekerjaan diluar pemahaman Anda. Tetapi, tentunya pabrik yang bertanggungjawab tidak akan memberi pekerjaan kepada pekerjanya untuk pekerjaan yang tidak disertai dengan pelatihan.