Langkah Keselamatan Kerja Di Area Timbunan Yang Rawan Akan Kecelakaan Kerja

Langkah Keselamatan Kerja Di Area TimbunanArea timbunan atau dapat dikatakan Wate Dump atau Disposal salah satu wilayah yang sering terjadi kecelakaan di industri pertambangan. Wilayah ini dalam satu hari dilewati oleh unit produksi dan unit pendukung yang lain sekitar ribuan kali bahkan juga bisa lebih.

Tidak hanya karena seringkali dilewati, hal membahayakan lainnya adalah tingginya tahap tebing Disposal atau Timbunan, longsor karena konsistensi yang kurang, material terlepas dan kurangnya penerangan saat malam hari.

Beberapa kecelakaan fatal (kematian) seringkali berlangsung di wilayah timbunan itu dikarenakan terperosoknya unit saat membuang beberapa muatan dipinggir timbunan, menumpahkan muatan di atas air atau lumpur, longsor yang diakibatkan patahnya timbunan, dan berlangsungnya tabrakan antar unit saat manuver.

Perlu ketahui jika material yang ada di wilayah Disposal adalah material lepas, susunan timbunan yang relatif tebal dan sudah tidak ada sudut kemiringan perlapisan sekiranya material asli. Mengakibatkan di bagian pinggir timbunan tidak stabil, selain itu tanggul di bagian pinggir timbunan dibuat dalam bentuk yang tipis. Maka dalam menjalankan unit truk produksi di area timbunan harus sangatlah berhati-hati.

Dalam upaya mengurangi efek kecelakaan di area timbunan atau disposal, ada beberapa hal atau panduan keselamatan kerja yang harus diperhatikan, yakni:

Bikin Tanggul Pengaman atau Windrow

Kemampuan unit tambang yang berat jadi fakta penting kenapa perlu membuat dan menjaga tanggul pengaman, ini bertujuan untuk mengantisipasi terperosoknya unit tambang ke pinggir timbunan saat membuang muatan

Mengecek Wilayah Timbunan dengan Berkala

Pemeriksaan mempunyai tujuan untuk memastikan tidak ada atau adanya keretakan di area timbunan. Operator unit harus siaga serta waspada pada adanya keretakan pada wilayah timbunan, satu keretakan adalah tanda-tanda adanya ketidakstabilan di area Disposal. Beban mekanis truk produksi dapat menyebabkan material yang ada di area timbunan melaju atau longsor.

Berilah sinyal atau rambu agar unit tidak terjebak atau meningkatkan beban pada timbunan yang ada retakan, serta perbaikilah dengan berhati-hati memakai Bulldozer..

Jangan Sesekali Buang Muatan di Area yang di Bawahnya Telah Digali

Pada kondisi khusus keperluan material yang bagus untuk pelapisan jalan tambang diambil di area timbunan. Biasanya proses yang sering dikerjakan dalam pekerjaan ini adalah proses undercut atau potong dari bawah, proses itu akan menyebabkan ketidakstabilan pada wilayah timbunan.

Jangan Sesekali Lakukan Dumping Double Bench atau Tahap Ganda

Tehnik dumping material di wilayah timbunan sering dikerjakan dengan double bench yakni satu dumping dari atas serta ada unit lain di dasar timbunan. Teknik itu sangat membahayakan untuk operator unit karena menyebabkan tertimpanya material buangan dari unit yang ada di atas.