Kategori Sepatu Safety

macam-macam sepatu safety

Hello Sahabat OSHA di artikel ini, kami akan memberikan pengetahuan lebih detail tentang sepatu keselamatan kerja. Di artikel sebelumnya kami sudah membahas tentang jenis jenis tipe sol sepatu safety. Nah, sepatu safety juga memiliki beberapa kategori, mari kita bahas bersama – sama.

Kategori Sepatu Safety

Sepatu safety itu memiliki beberapa kategori yang disesuaikan dengan fiturnya:

S1: Antistatic properties, energy absorbed in the heels.

S2: Same as S1 + resistance to water penetration and absorption.

S3: Same as S2 + penetration resistance (midsole) and cleated sole.

S4: Same as S1 but made of rubber (or other polymeric types) and therefore 100% waterproof.

S5: Same as S4 + penetration resistance (midsole) and cleated sole.

 

Kategori di atas merupakan standard yang dianut oleh standard EN ISO 20345: 2004 yang sudah memiliki fitur benturan sebesar 200 joules.

S1: Pada umumnya sepatu safety yang beredar di pasaran adalah kategori S1, yaitu hanya memiliki fitur steel toe (fitur wajib) dan anti static (bukan berarti anti listrik loh ya).

S2: Sama seperti S1 tapi ditambahkan fitur Water Resistance. Nah jangan sampai salah pengertian, Water Resistance ini maksudnya adalah Tahan Air, bukan berarti Anti Air. Fitur ini dimaksudkan ketika Anda bekerja di lokasi yang becek, tidak akan menyerap masuk ke dalam sol sepatu.

S3: Sama seperti S2, tapi ditambahkan fitur Mid Sole Steel, yaitu sebuah lapisan besi baja yang diletakkan di dalam sol, agar kaki terlindungi dari tusukan paku dari bagian bawah sol.

S4: Sama seperti S1, tapi bahannya terbuat dari karet, yang berarti juga Tahan Air. Tapi jangan salah diartikan, S4 lebih tinggi dari S3, sebab S4 menganut fitur S1, hanya saja bahannya terbuat dari karet.

S5: Sama seperti S4, tapi ditambahkan fitur Mid Sole Steel, yang mengamankan kaki Anda dari tusukan paku.

Nah, mulai sekarang Anda bisa memilih sepatu safety sesuai kebutuhan pekerjaan masing masing. Jangan sampai salah pilih ya..