Membedakan Jenis-Jenis Sepatu Safety

pekerja proyek
Source : Google Image

Kurangnya informasi yang beredar mengenai Safety Shoes (Sepatu Safety), membuat beberapa orang menyama-ratakan manfaat Safety Shoes untuk semua jenis pekerjaan. Padahal beda jenis pekerjaan, memerlukan Safety Shoes yang berbeda juga.

Agar Anda lebih mengerti beberapa jenis Safety Shoes dan manfaatnya, di bawah ini kami informasikan jenis Safety Shoes yang beredar sekarang ini :

1Safety Toed Shoes :

Adalah jenis Safety Shoes paling umum dan banyak di jual. Sepatu ini memiliki pelindung di ujung depan sepatu. Manfaatnya yaitu untuk melindungi jari kaki dari kecelakaan kerja. Sepatu pengaman jenis ini biasanya digunakan untuk pekerja yang bekerja di pabrik, terlebih pabrik produksi material berat.

2Steel Insole Shoes :

Yaitu jenis sepatu pelindung yang menyisipkan besi/baja ringan guna menstabilisasi gerakan dan melindungi kaki pemakainya dari resiko terkilir atau masalah pada tulang kaki. Biasanya sepatu ini dipakai untuk beberapa orang yang bekerja memakai fungsi kaki, seperti mengendarai sepeda motor, menghimpit pedal, atau mengendarai truk/container.

3Metal Instep Footwear :

Jenis sepatu pelindung ini memakai besi/baja ringan di sol bagian dalam. Tujuannya yaitu untuk melindungi pemakai dari luka akibat menginjak benda-benda tajam seperti paku, pecahan kaca, dan benda besi tajam lain. Sepatu ini biasanya digunakan oleh beberapa pekerja yang bekerja di pabrik industri barang besar dan banyak berhubungan dengan benda tajam, seperti pabrik kaca, senjata, produksi baja, dll.

4Metatarsal Shoes :

Sepatu ini yaitu sepatu pengaman khusus yang didesain untuk melindungi bagian atas kaki. Sepatu itu bertujuan untuk melindungi pemakai jika tertimpa benda berat. Juga dikenal dengan arti ” Drop Hazaard “, sepatu pengaman ini biasa dipakai oleh pekerja konstruksi bangunan (kontraktor) atau pekerja yang pekerjaannya terkait dengan mengangkut barang berat/mesin.

5Electric Hazard Shoes :

Jenis ini yaitu sepatu pelindung yang bisa melindungi pemakai dari sengatan listrik atau konslet, Sepatu pengaman ini menggunakan sol khusus yang bisa melindungi beberapa pekerja yang bekerja di tempat-tempat yang mengandung aliran listrik tinggi yang berpotensi menyengat sang pekerja. Sesuai fungsinya, sepatu ini dipakai untuk beberapa pekerja yang bekerja yang bekerja di PLN, PLTU, atau tempat kerja lain yang terkait dengan tegangan listrik tinggi.

6Heat Resistant Shoes :

Sepatu ini dipakai untuk melindungi kaki beberapa pengguna dari terbakar saat ada ditempat berlantai panas atau terbakar. Sepatu jenis ini memakai sol khusus yang tahan api dengan tingkat leleh tinggi (lebih dari 300 derajat Celsius). Karena manfaatnya ini, sepatu ini banyak dipakai oleh Pemadam Kebakaran dan ditempat penambangan mineral.

SHARE

LEAVE A REPLY