Mencegah Cedera di Tempat Kerja

mencegah cedera di tempat kerjamencegah cedera di tempat kerja – Ribuan pekerja mengalami cedera ditempat kerja setiap tahunnya, dan beberapa di antaranya mengalami cedera serius yang mengancam nyawa. Semua jenis pekerjaan, baik pekerjaan kantor dan pekerjaan konstruksi, memiliki resiko cedera. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga keselamatan diri ditempat kerja.

Tetap Waspada dengan Tempat Kerja Anda

Banyak karyawan yg tidak menyadari bahwa buruknya pembenahan ditempat kerja adalah faktor utama penyebab kecelakaan kerja. Misalnya, Anda bisa dengan mudah tergelincir atau tersandung benda yang berserakan di lantai. Selalu pastikan tempat kerja Anda bersih dan tertata dengan baik untuk mengurangi resiko cedera. Anda bisa menyarankan perusahaan untuk menggunakan alas non-slip di lantai atau gunakan sepatu non-slip di kantor.

Jika Anda bekerja ditempat konstruksi atau bangunan bertingkat tinggi, selalu pastikan tangga atau kerangka bangunan dalam kondisi baik atau telah terpasang dengan benar. Keadaan tangga dan kerangka bangunan mesti di check dan dipelihara secara rutin.
Sebagai proteksi diri, pertimbangkan standar tata letak bangunan dan segera laporkan pada bagian teknis jika Anda menemui suatu hal yg tidak berfungsi dengan baik atau bisa mengancam keselamatan Anda.

Hindari Cedera yang Disebabkan oleh Benda Jatuh

Alat pelindung diri bagi pekerja di lingkungan ekstrem tentunya memegang peranan penting untuk keselamatan. Berikut tips yang bisa Anda coba untuk menghindari insiden yg tidak diinginkan saat bekerja :

  • Hindari bekerja dibawah mesin derek atau crane, kerekan, atau mesin berat yang tengah beroperasi.
  • Gunakan kacamata dan masker wajah untuk menghindari partikel, bahan kimia atau cairan kaustik yang bercampur di udara.
  • Gunakan sarung tangan untuk mencegah luka, goresan, tusukan, luka bakar, paparan zat kimia atau suhu ekstrem.
  • Kenakan topi keras untuk melindungi kepala dari benda yang jatuh.
  • Gunakan sepatu keselamatan ditempat kerja untuk mengantisipasi benda berat yang jatuh dan melukai kaki.
  • Kenakan penutup telinga untuk melindungi fungsi pendengaran di wilayah kerja yang sangat bising.
  • Kencangkan sabuk pengaman jika Anda harus bekerja menggunakan kendaraan.

Pastikan Keselamatan selama Perjalanan

Anda perlu memastikan kondisi kendaraan perusahaan Anda yang akan Anda gunakan untuk bekerja. Kendaraan harus diperiksa dan diperbaiki secara berkala paling tidak sebulan sekali. Jika Anda mengendarai kendaraan, periksa fungsi lampu depan, lampu sein, tekanan ban, dan jumlah bahan bakar didalam tangki dengan hati-hati untuk mengurangi resiko cedera.

Pertimbangkan Cuaca

Cuaca yang sangat panas atau sangat dingin dapat juga memengaruhi kesehatan Anda. Berikut beberapa saran untuk Anda yang bekerja dibawah kondisi ekstrem.
Jika kondisi cuaca dingin, jagalah suhu tubuh Anda dengan mengenakan pakaian tebal yang menutupi semua badan. Bawa pakaian cadangan untuk mengantisipasi jika baju Anda basah.

Dalam kasus cuaca panas, pastikan Anda tak terkena dehidrasi dengan mengonsumsi banyak air. Kenakan baju longgar dan sering-seringlah beristirahat di rest area yang sejuk. Tanyakan lebih lanjut dengan dokter Anda tentang saran saat bekerja di lingkungan bersuhu ekstrem.

Saat ini, kecelakaan ditempat kerja dianggap sangat umum terjadi. Keselamatan di lingkungan kerja bukan saja jadi tanggung jawab perusahaan, tetapi tanggung jawab Anda juga sebagai pekerja. Jika Anda mengalami cedera serius, bicaralah pada perusahaan Anda mengenai bantuan dan tindak pencegahan agar kecelakaan itu tidak terulang kembali.

SHARE