Mengapa Dibutuhkan Safety Induction Untuk Semua Karyawan ?

Mengapa Dibutuhkan Safety Induction Untuk Semua Karyawan ?Sebelum menjawab pertanyaan itu silahkan kita cari tahu dahulu apa sebetulnya yang disebut dengan safety induction ? Safety induction ialah session pelatihan pengenalan pada lingkungan kerja yang diberikan kepada karyawan baru maupun pada tamu perusahaan, dimana dalam pelatihan ini dibahas mengenai beberapa hal yang berhubungan dengan keselamatan, kesehatan kerja, serta lingkungan. Di sejumlah perusahaan mengatakan dengan HSE Induction atau HSE Orientation. Pada intinya pokoknya masih sama, yakni memberi pelatihan pengenalan.

Apa safety induction ini perlu dikerjakan untuk karyawan baru?

Ya, pasti sangat penting. Ibaratnya Anda untuk orang yang baru masuk di suatu tempat kerja yang tidak pernah Anda kunjungi sebelumnya. Anda tentu benar-benar awam serta belum pahami akan ketentuan, mekanisme, atau bahaya-bahaya apa yang berada di tempat kerja itu. Oleh karena itu safety induction itu penting buat tiap karyawan baru.

Melalui safety induction pekerja bisa tahu berbagai kekuatan bahaya yang ada di lingkungan kerja serta aksi pengendaliannya. Dalam penyampai safety induction ada juga beberapa cara yakni menggunakan slide presentation maupun pemutaran video induction.

Di sejumlah perusahaan, setelah ikuti safety induction Anda diharuskan tanda-tangani surat pernyataan bahwa benar yang berkaitan telah ikuti induksi keselamatan kerja serta telah pahami akan ketentuan keselamatan yang berlaku di perusahaan itu. Ini untuk bukti jika yang berkaitan betul-betul dengan sadar serta harus ikuti beberapa aturan yang berlaku di perusahaan untuk mana yang disampaikan sebagai materi dalam safety induction.

Setelah mengakhiri safety induction maka para pekerja/tamu bisa jalani aktifitasnya masing-masing. Khusus untuk kontraktor di project mereka akan dikasih sinyal pengenal khusus yang mengisyaratkan jika mereka telah memperoleh safety induction serta pada helm mereka ada stiker khusus tentang safety induction.

Safety Induction

Materi safety induction atau beberapa hal yang diulas meliputi banyak kebijakan K3L di perusahaan, prosedur-prosedur K3 termasuk juga mekanisme responsif darurat, material serta bahan beresiko serta beracun, aktifitas-aktifitas yang berada di perusahaan dan bahaya serta risiko yang berada di tempat kerja, supaya kita semakin waspada dalam kerja serta terlepas dari risiko kecelakaan. Jadi menurut Anda kenapa safety induction dibutuhkan ?