Metode Penanganan Tumpahan Bahan Kimia

Metode Penanganan Tumpahan Bahan KimiaTumpahan yang kemungkinan tidak disengaja atau direncanakan, hal itu akan mengakibatkan dampak yang benar-benar beresiko seperti kulit serta mata Anda bisa terbakar, paru-paru juga bisa jadi rusak, kerusakan pada material sebagai karat serta dapat berlangsung kebakaran atau ledakan. Tetapi, bila memang berlangsung tumpahan bahan kimia, karena itu ada langkah perlakuan tumpahan bahan kimia seperti berikut ini yang dapat coba Anda kerjakan.

Langkah Penanganannya Jika Terjadi Tumpahan Bahan Kimia

Memang sama seperti yang kita kenali jika bahan kimia ini benar-benar beresiko ditambah lagi bila terjadi tumpahan dan mengenai Anda. Tetapi, waktu menghadapi tumpahan itu Anda semestinya dapat mengatasi jauh sebelumnya. Kenapa demikian? Sebab sebelum Anda ke tempat atau dimana tempat bahan kimia disimpan Anda harus memeriksa atau cari tahu terlebih dulu tentang bahan kimia itu. Kemudian Anda dapat menahan atau penanganannya dengan sediakan beberapa bahan yang diperlukan atau dibutuhkan untuk usaha untuk perlindungan dan pembersihannya.

Tidak itu saja saja langkah setelah itu, Anda harus juga lihat serta tahu seberapa bahayanya bahan kimia itu, bila bahan kimia itu terkena oleh oksigen, udara, air atau api? Selanjutnya apa bahan kimia itu berbentuk korosi hingga jika terserang kulit manusia dapat mengakibatkan cedera bakar atau bila masuk ke pernapasan manusia, karena itu dapat menghancurkan sistem pernapasan hingga mengakibatkan Anda jadi tidak sadarkan diri atau kematian? Nah, beberapa hal semacam itu harus Anda kenali karena itu benar-benar sangat penting, Anda dapat mendapatkan beberapa informasi itu seperti Anda dapat bertanya langsung pada ketua training Anda, membaca dari lembar data keselamatan material, atau beberapa sumber yang lain.

Sebelum kita mengulas cara penanganan tumpahan bahan kimia, Anda harus ketahui dulu apa pemicu terjadinya tumpahan atau kebocoran berbahan kimia itu. Bila disaksikan dari unsur pemicu terjadinya bisa dipisah dua unsur yakni intern dan ekstern.

Intern, sebuah unsur yang dikarenakan oleh kekeliruan atau kelengahan pekerja laboratorium tersebut seperti kelalaian, minimnya pandangan kerja serta ketidak sengajaan.
Ekstern, ialah dimana unsur yang berlangsung atau dikarenakan di luar, yang berbentuk beberapa alat laboratorium tidak bisa berperan secara baik.

Nah, bila kita bicara permasalahan unsur, karena itu unsur di ataslah yang bisa jadi pemicunya terjadi tumpahan atau kebocoran pada bahan kimia itu. Tetapi bagaimanakah cara perlakuan tumpahan bahan kimia? Apa itu susah? Tentunya tidak, perlakuan yang sangat pas untuk tumpahan bahan kimia ialah dengan ikuti semua data atau panduan tentang bahan dalam MSDS atau disebutkan dengan Material Safety Data Sheet, dimana perlakuan tumpahan bahan kimia dapat dilakukan pada umumnya atau khusus.

Mekanisme atau langkah perlakuan tumpahan bahan kimia pada umumnya:

  • Mengenal terlebih dulu tumpahan tentang bahan kimia itu dan tahu bagaimana tehnik aman perlakuannya.
  • Anda harus pastikan semua pemakaian alat pada pengaman diri seperti sarung tangan, pelindung untuk muka serta mata dan pelindung pernapasan jika diperlukan .
  • Anda bisa menahan tumpahan bahan kimia itu hingga tidak semakin makin tambah meluas serta Anda dapat juga hentikan sumber tumpahan jika hal itu sangat mungkin serta aman untuk dilaksanakan.

Cara penanganan tumpahan bahan kimia dengan cara spesial berdasar jenisnya:

Cara Penanganan Tumpahan Bahan Kimia Padatan

Hal yang pertama yang perlu dilaksanakan ialah jangan cemas, selanjutnya Anda dapat menggunakan alat pelindung diri yang sudah disarankan sesuai MSDS, kemudian menutup tempat atau wilayah yang terserang tumpahan dan memberikan sinyal peringatan hingga tidak terkena orang lain lagi. Tidak itu saja saja, Anda dapat juga memberi tali pemisah hingga tidak ada orang yang lewat ke ruang itu. lalu tutup tumpahan bahan kimia dengan memakai penjerap tipe matras atau Anda dapat sedot tumpahan bahan kimia dengan vakum khusus, jika diperlukan penetralan Anda dapat juga melakukan.

Cara Penanganan Tumpahan Bahan Kimia Tipe Cairan

Pada intinya cara penanganan tumpahan bahan kimia ini hampir serupa dengan penanganan di atas, tapi di sini jika tumpahannya tipe cairan, Anda dapat melakukan dengan menghisap tumpahan dengan memakai bahan penyerap yang inert. Tidak itu saja saja, bila perlu Anda dapat menetralisasi serta cek derajat keasamannya dengan memakai pH indikator. Kemudian untuk membuangnya Anda harus memperlakukannya secara benar seperti buangan tumpahan B3 (bahan berbahaya beracun) hingga nanti Anda tidak membuat atau memunculkan permasalahan yang lain. Nah, perlu di ingat dalam membuang coba jangan buang langsung ke lingkungan.

Langkah Penanganan Tumpahan Bahan Kimia Kering dan Padat

Langkah penanganannya Anda dapat melakukan dengan disapu serta disikat dan dimasukkan ke satu wadah yang sama dengan.

Di atas ada banyak info yang penting tentang langkah penanganan tumpahan bahan kimia yang bisa Anda lihat serta baca. Mudah-mudahan berguna!