Panduan Keselamatan Saat Terjadi Badai Petir

tips keselamatan saat terjadi badai petir
Source : Google Image

Musim penghujan tentunya akan di ikuti oleh musim angin dan petir, dalam kondisi hujan lebat yang di iringi oleh petir dan angin besar sebaiknya anda tidak berada diluar ruangan. Berkumpul bersama keluarga merupakan hal terbaik yang bisa anda kerjakan di saat itu. Akan tetapi bagaimana apabila badai petir dan angin mendadak datang saat anda dalam perjalanan, berolah raga diluar ruangan, atau sedang berada ditempat terbuka dimana disaat-saat tersebut kita dalam kondisi yang sangat rawan pada bahaya yang bisa ditimbulkan oleh petir dan angin kencang.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa jadi panduan untuk kita dan keluarga bila berada dalam kondisi badai petir, karena beberapa tindakan berikut ini dapat menyelamatkan anda saat terjadi badai petir.

1Selalu waspada

Pantau kondisi cuaca local dengan menggunakan media TV atau radio, hal semacam ini dapat anda kerjakan baik anda sedang berada di rumah atau sedang berkendara. Pahami tanda-tanda Guntur dan petir mendekat dengan melihat bentuk awan yang menyerupai kembang kool dan menggantung, biasanya di iringi oleh suara Guntur yang bergemuruh dan kilatan cahaya petir yang bergantian, bila anda melihat kondisi ini cepatlah anda mencari tempat berlindung jangan menunggu petir mengancam anda. Apabila anda sedang mengemudi, usahakan hindari arah perjalanan menuju arah badai.

2Mencari perlindungan

Saat petir mengancam, cepatlah anda mencari tempat perlindungan, bangunan tertutup atau gedung merupakan pilihan terbaik sebagai tempat perlindungan. Apabila anda berada dalam mobil yang beratap (bukan kap terbuka), tetaplah berada didalam mobil itu dengan kaca tertutup. Sebisa mungkin hindari tempat perlindungan yang tidak tertutup seluruhnya atau tempat perlindungan yang sempit. Posisi berlindung sebaiknya beberapa meter dari jendela yang terbuka, tempat cuci piring, toilet, bak air, shower, kotak listrik dan peralatan lainnya. Karena petir dapat merambat melalui perlengkapan diatas dan melompat untuk mengenai beberapa orang yang berada disekitarnya.

  • Jangan mandi atau menggunakan shower saat terjadi badai petir. Hindari menggunakan telephone kabel, kecuali dalam kondisi yang sangat terpaksa, kerena bila petir menyambar instalasi telephone petir dapat merambat melalui kabel telephone. Penggunaan Handphone lebih aman daripada menggunakan telephone kabel.
  • Apabila anda terjebak di luar, karena anda tidak bisa mencapai gedung, mobil atau tempat berlindung yang aman, anda harus tahu beberapa langkah berikut ini agar bisa menyelamatkan hidup anda.
  • Apabila bulu kuduk anda atau rambut Anda berdiri ke atas, kemungkinan anda tersambar petir mungkin terjadi. Karena itu kerjakan dengan Berjongkok di bola kaki Anda dengan kaki berdekatan. letakkan tangan Anda pada lutut dan turunkan kepala Anda. Kerjakan serendah mungkin tanpa menyentuh tangan atau lutut ke tanah. JANGAN BERBARING ATAU REBAH DI TANAH!
  • Apabila Anda berenang, memancing atau berperahu dan mendadak ada awan, DISERTAI langit gelap dan dari jauh sudah terdengar bunyi bergemuruh Guntur atau kilatan petir, selekasnya ke darat dan mencari tempat perlindungan. Apabila Anda berada dalam perahu dan tidak bisa pergi ke bibir pantai, maka berjongkok-lah di dalam perahu Apabila Anda berada di darat, temukan tempat yang rendah jauh dari pohon, pagar besi, pipa, atau benda-benda yang tinggi atau panjang
  • Apabila Anda berada di hutan, Cari tempat areal tanaman atau pohon-pohon yang pendek. Lalu jongkok dan jauh dari batang pohon.

3Membantu seseorang yang disambar petir

Ketika seseorang tersambar petir, perlu untuk mendapatkan bantuan darurat medis sesegera mungkin. Apabila lebih dari satu orang yang tersambar petir, pertama, Lakukan tindakan pada korban yang masih sadar. Karena seseorang yang tersambar petir kemungkinan besar akan meninggal, tanpa denyut nadi atau tidak bernapas.

Beberapa tips diatas kami harapkan dapat bermanfaat dan berguna untuk kita semua, paling tidak akan jadi pengetahuan tambahan yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan bisa kita ajarkan pada keluarga dirumah.

SHARE

LEAVE A REPLY