Panduan Hilangkan Bau Kaki di Sepatu Safety Anda

tips-hilangkan-bau-kaki-di-sepatu
Source : Google Image

Seperti bau badan dan bau mulut, bau kaki adalah salah satu penyebab orang menjadi tidak percaya diri. Bau kaki tentu sangat mengganggu terlebih bagi mereka yang bekerja dan mengharuskan bertemu dengan banyak orang. Bau kaki akan sangat mengganggu, sama halnya dengan bau mulut dan bau badan.

Orang yang menderita bau itu biasanya tidak menyadari bila dirinya mengeluarkan bau yang tidak sedap. Bau kaki juga biasanya menyebar ke sepatu yang dipakai, sehingga tidak heran bila orang yang kakinya bau biasanya sepatu yang dipakai juga jadi bau. Ada berbagai tips cara menghilangkan bau kaki di sepatu dari yang hanya di rendam atau dicuci dengan air sampai yang di rendam memakai baking soda ataupun kopi.

Penyebab Bau Kaki

Ada dua hal yang dapat menyebabkan kaki jadi bau yaitu karena bromhidrosis dan hiperdrosis. Bromhidrosis adalah bakteri di dalam tubuh yang memang memproduksi bau. Sedangkan hiperdrosis adalah produksi keringat berlebih.

Pada kaki setiap orang terdapat sekitar lebih dari 250. 000 kelenjar keringat yang mana memproduksi 570ml keringat setiap harinya. Jika bakteri dan kelenjar keringat itu bertemu dan menjadi satu maka akan menghasilkan zat Isoveleric Acid yang mana Isoverlic Acid tersebut merupakan zat yang berbau tidak sedap.

Kedua hal tersebut bila ditambah dengan kebiasaan yang kurang bersih maka akan membuat bau kaki semakin menjadi. Misalnya saja jarang mengganti kaos kaki dan mencuci sepatu, maka tidak heran bila kaki Anda akan mudah sekali bau dan kaos kaki yang dipakai akan menjadi bau juga.

Cara Menghilangkan Bau Kaki Di Sepatu Safety

1Bersihkan Sepatu Seminggu Sekali

Minimal sepatu yang sering dipakai harus dicuci seminggu sekali. Anda dapat mencucinya dengan mencucinya atupun hanya dibersihkan dari debu dan kotoran. Kemudian sepatu dapat di angin-anginkan terlebih dahulu lalu simpan lagi didalam tempat penyimpanan. Untuk melindungi sepatu anda agar tidak cepat pudar maka jangan terlalu sering menjemur sepatu anda langsung dibawah sinar matahari karena hal tersebut dapat menyebabkan sepatu jadi cepat pudar.

2Pakai Disinfektan

Cara yang kedua yaitu pakai disinfektan atau pewangi sepatu kedalam lubang sepatu. Dengan begitu maka akan membunuh bakteri yang bersarang di sepatu dan menimbulkan bau tidak sedap.

3Pakai Baking Soda

Sama halnya dengan menghilangkan bau pada kaki, untuk menghilangkan bau pada sepatu dapat juga memakai baking soda. Cara memakaiya yaitu dengan menaburkan baking soda kedalam sepatu setiap malam hari. Dan pada besok hari tinggal dibersihkan saja bubuk baking soda tersebut . Selain itu juga anda dapat menyemprotkan alkohol kedalam sepatu anda untuk dapat menghilangkan bau pada sepatu anda.

4Berikan Sirkulasi Udara Pada Sepatu

Sepatu juga memerlukan sirkulasi udara yang baik, untuk itu caranya dengan melepaskan semua tali sepatu lalu keluarkan alas sepatu untuk di angin-anginkan.

Cara Mencegah Bau Kaki

Setelah tahu bagaimana caranya menghilangkan bau kaki dan bau yang ada di sepatu maka akan lebih baik anda tahu bagaimana caranya mencegah bau kaki. Karena ada pepatah yang mengatakan kalau mencegah itu lebih baik daripada mengobati.

  • Jangan memakai sapatu ataupun kaos kaki yang masih basah ataupun lembab,
  • Rutin bersihkan dan mecuci sepatu dan kaos kaki yang sering anda pakai sehari-hari.
  • Selalu cuci kaki sebelum dan setelah memakai sepatu agar kaki anda tetap steril dari virus dan kuman
  • Simpan sepatu ditempat yang kering dan sejuk agar tidak lembab.
  • Bila sepatu terkena hujan jangan langsung dipakai esok harinya, jemur sampai benar-benar kering dulu baru dapat dipakai lagi.

Itu adalah beberapa tips cara menghilangkan bau kaki di sepatu dan cara mencegahnya. Sebenarnya ada banyak sekali cara agar bisa mengatasi bau kaki, akan tetapi beberapa tips dan cara diatas sepertinya sudah cukup untuk dapat memberikan informasi tentang bagaimana mengatasi masalah pada bau kaki.

Bau kaki mungkin bukan sebuah hal yang membahayakan akan tetapi bau kaki juga dapat mempengaruhi banyak hal di sekitar kita, untuk itu sangat disarankan untuk dapat memperhatikan bau kaki anda. Semoga semua tips cara menghilangkan bau kaki di sepatu dan cara mencegahnya dapat bermanfaat untuk kita semua.

SHARE

LEAVE A REPLY