Panduan Menyelamatkan Diri dari Kebakaran Yang Perlu Diperhatikan

Panduan Menyelamatkan Diri dari Kebakaran Yang Perlu DiperhatikanKebakaran adalah satu diantara kejadian paling beresiko serta harus diwaspadai di lingkungan kerja. Api sangat gampang terpicu dengan situasi tempat kerja yang penuh perlengkapan elektrik, bahan-bahan kimia serta perihal yang gampang terbakar lainnya. Kelalaian dalam memakai peralatan listrik atau yang menghasilkan panas dengan benar memunculkan resiko percikan api yang bisa menyulut kebakaran.

Pencegahan adalah langkah awal terbaik. Tiap gedung, pabrik, serta tempat kerja apa pun harus mempunyai standard penyelamatan untuk mencegah kobaran api yang punya potensi mengakibatkan kebakaran seperti sprinkler pemadam kebakaran serta alat pemadam api ringan (APAR). Tetapi kadang tindakan pencegahan itu kurang memadamkan kobaran api.

Bila Anda terjebak di bangunan yang sedang terbakar, berikut langkah menyelamatkan diri dari kebakaran:

1. Jangan Cemas

Kesalahan pertama yang menghalangi proses menyelamatkan diri dari kebakaran ialah kecemasan. Wajar jika konsentrasi buyar saat berlangsung insiden tidak terduga seperti timbulnya kobaran api di bangunan, tetapi untuk meningkatkan potensi selamat dari kebakaran, coba untuk tetap tenang sebelum bertindak apa pun.

2. Cari Rute Keselamatan

Walaupun kobaran api belum begitu besar, hindari memakai lift untuk menyelamatkan diri dari gedung. Ingatlah kembali rute evakuasi serta letak pintu darurat paling dekat dengan Anda. Jalan dengan tertib serta jangan mendorong orang yang ada di depan Anda.

3. Menyalakan Alarm

Siapapun yang melihat kobaran api harus segera menyalakan alarm peringatan dengan manual walau terdapat deteksi asap automatis. Api kecil sekalipun bisa menyebar secara cepat hingga tiap detik berharga.

4. Membuat Perlindungan Saluran Pernafasan

Jika asap sudah tebal serta tidak ada rute yang bebas dari asap, lindungi saluran pernafasan memakai kain, tisu, sapu tangan, atau masker. Terlalu banyak hirup asap kebakaran bisa mengakibatkan keracunan sampai tidak sadarkan diri.

Asap bergerak ke sisi langit-langit, oleh karenanya bungkukkan tubuh serendah mungkin saat berjalan menerobos asap.

5. Tutupi Badan dengan Kain yang Dibasahkan

Bila terjebak di gedung, cari kain serta tutupi badan dengan kain basah untuk mencegah kepanasan serta terluka karena gesekan dengan benda di sekitar yang sudah memanas.

6. Jangan Bergabung di Satu Pintu

Umumnya ada lebih dari satu pintu darurat pada gedung. Terpaku pada satu pintu saja akan memperlambat proses evakuasi. Jika terjebak keramaian, cari pintu darurat lain yang tidak jauh dari titik pintu darurat paling dekat.