Pentingnya Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Industri Migas

keselamatan kerja migas
Source : Google Image

Industri minyak bumi dan gas atau sering disingkat menjadi migas yaitu salah satu industri yang paling penting karena industri inilah yang menghasilkan energi untuk memenuhi konsumsi energi dunia yang terus bertambah. Industri migas terutama industri hulu migas (upstream) sangat menarik karena karakteristiknya cukup berbeda dengan jenis industri lainnya seperti industri manufaktur atau industri pertambangan. Beberapa karakteristik industri migas diantaranya :

  • Industri ini memiliki resiko ekonomi yang tinggi. Pada saat eksplorasi memiliki resiko kegagalan yang tinggi untuk mencapai tahap produksi dan besarnya peluang hilangnya modal dalam jumlah besar. Pada tahap produksi, waktu yang diperlukan untuk mencapai break even point atau balik modal sangat lama meskipun keuntungan yang diraih bisa besar
  • Tingginya isu bahaya kerja resiko kerja baik pada tahap eksplorasi ataupun produksi karena biasanya dilakukan di wilayah terpencil atau bahkan di dalam lautan dan minyak bumi atau gas itu sendiri memiliki bahaya yang signifikan dan faktor lainnya
  • Tenaga kerja di industri migas banyak menggunakan kontraktor

Karenanya tidak aneh bila untuk perusahaan migas ada dua hal sebagai perhatian utama yaitu keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dan etika kerja.

K3 di industri migas sangat kompleks, hampir semua aspek K3 diterapkan di industri migas, hal semacam ini karena industri migas berhubungan dengan bahan berbahaya (minyak bumi itu sendiri mengandung substansi berbahaya), menggunakan sistem yang berisiko tinggi, biasanya ada di remote area, masih menggunakan banyak manpower (minim otomasi), banyaknya pekerjaan lapangan, dan menggunakan perlengkapan, sarana atau konstruksi yang besar dan kompleks.

Karenanya semua aspek K3 dimulai dari keselamatan sistem, keselamatan pekerjaan listrik, keselamatan pekerjaan di ketinggian, keselamatan pekerjaan di area yang mungkin terbakar atau meledak, keselamatan berkendara (karena area yang remote dan luas), higiene industri, ergonomi perkantoran dan industri, keselamatan bahan kimia, keselamatan konstruksi atau alat berat, kesehatan kerja (untuk kerja berat), dan bahkan keselamatan pangan untuk pekerja pun (pekerja di remote area) diterapkan di industri migas. Karenanya tidak heran bila K3 menjadi aspek yang sangat krusial di industri ini.