Pentingnya Pelatihan K3 Bagi Para Pekerja

Source : Google Image

Perusahaan yang profesional tentu menginginkan proses produksi dalam lantai produksi berjalan lancar dan tak ada kendala termasuk dengan kecelakaan kerja. Bila dalam perusahaan sering mengalami kecelakaan kerja maka hal itu sangat merugikan untuk perusahaan tersebut. Faktor kerugian dapat berasal dari sisi produktivitas yang mana bila sering terjadi kecelakaan pasti akan menurunkan produktivitas sehingga permintaan konsumen tidak akan tercapai. Dengan tidak tercapainya itu akan membuat konsumen memilih produsen lain yang dapat memenuhi kebutuhanya secara penuh sesuai dengan permintaan. Faktor lain yang terjadi bila sebuah perusahaan itu sering mengalami kecelakaan kerja yaitu citra perusahaan dimata masyarakat akan tidak bagus. Bahkan dengan citra yg tidak bagus itu akan membuat ketakutan untuk para pekerja untuk tidak bekerja di perusahaan itu karena akan membahayakan nyawanya. Untuk itu dengan adanya masalah itu harus ada pelatihan K3 yang akan berdampak langsung untuk para pekerja dalam meningkatkan produktivitas.

Pelatihan K3 memang saat ini sedang banyak diprogramkan oleh pihak perusahaan karena dengan adanya training K3 itu membuat para pekerja tahu mengetahui cara bekerja yang aman dan nyaman. Dan dapat memberikan bagaimana cara berhadapan dengan mesin sehingga tidak membahayakan untuk perusahaan itu. dalam kesempatan ini akan dibahas tentang pentingnya pelatihan itu dalam dunia pekerjaan baik bagi pekerjanya atau bagi perusahaan tersebut. Dan berikut adalah penjelasan tentang hal tersebut :

  1. Untuk pekerja sendiri akan memberitahukan ilmu yang penting dalam mengerjakan sebuah pekerjaan. Karena saat ini masih banyak pekerja yang tidak mengetahui beberapa dasar mengenai K3 sehingga masih banyak kecelakaan kerja yang terjadi karena kesalahan dari manusia tersebut.
  2. Untuk perusahaan akan bermanfaat disisi produktivitasnya karena bila semua pekerja mengetahui mengenai prinsip dasar K3 maka tidak akan terjadi kecelakaan kerja sehingga akan meningkatkan produktivitas secara signifikan. Dengan meningkatnya produktivitas maka akan memberikan keuntungan disisi finansial karena dapat memenuhi permintaan konsumen yang sangat banyak.
  3. Untuk pekerja akan berdampak pada pekerjaan mereka karena ketika dalam sebuah perusahaan tidak menerapkan K3 yang baik maka mereka akan protes karena memiliki pengetahuan mengenai prinsip dasar K3 sehingga cepat atau lambat akan diperbaiki sesuai dengan prinsip K3 itu.

Dalam pelatihan K3 yang paling terpenting yaitu kemauan dari pekerja untuk menerapkanya dalam sebuah pekerjaan sehingga ketika mereka bekerja dapat usai dengan rasa aman dan nyaman. Selain itu pada pelatihan itu terdapat pelatihan K3 umum yang bisa digunakan disemua pekerjaan baik bersifat jasa, kontruksi atau manufaktur sehingga pelatihan itu sangat berguna bagi anda yang bekerja dalam ketiga bidang itu. akan tetapi pada era sekarang para pekerja hanya memerlukan satu bidang sehingga untuk mengetahui secara detil bagaimana setiap pelatihan bersinergi dengan bidang pekerjaan. Dan berikut adalah penjelasan tentang hal itu :

  • Pelatihan dalam bidang jasa.
    Pelatihan K3 Sangat Penting Bagi Para Pekerja Bila anda hanya mengetahui bahwa prinsip K3 hanya digunakan pada bidang manufaktur ataupun dalam bidang kontruksi maka pemahaman anda kurang luas. Dalam bidang jasa juga memiliki prinsip dasar K3 yang mana para pekerjanya dilengkapi dengan sarana K3 untuk menjalani pekerjaanya sehingga mereka merasa nyaman saat bekerja dengan sarana yang disewakan oleh pihak perusahaan itu. seperti contoh seorang supir taksi yang diberi argo otomatis sehingga mereka tak perlu memikirkan berapa uang yang perlu dibayar oleh penumpang sehingga tidak membuat para supir taksi itu bingung.
  • Pelatihan dalam bidang manufaktur.
    Pelatihan K3 Sangat Penting Untuk Para Pekerja Dalam bidang manufaktur merupakan prinsip K3 yang sering digunakan karena dalam bidang manufaktur biasanya pekerja dihadapkan pada mesin yang berjalan. Oleh karenanya dengan mesin itu maka pekerja wajib mengetahui prinsip K3.
  • Pelatihan dibidang kontruksi.
    Pelatihan K3 Sangat Penting Bagi Para Pekerja Dalam bidang kontruksi yaitu yang seringkali digunakan karena dalam bidang kontruksi wajib menggunakan prinsip K3 yang benar untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada setiap pekerja.

Dari beberapa bidang yang dijelaskan mengenai pelatihan itu pastinya dapat anda pilih dengan bidang pekerjaan yang sedang anda geluti saat ini. Dalam semua bidang pekerjaan tentu dibekali dengan sebuah pelatihan tetapi pelatihan mengenai K3 juga perlu diutamakan untuk memberikan rasa nyaman pada pekerja tersebut.

Pentingnya pelatihan itu juga dibekali dengan ilmu lain yang mendukung ketrampilan anda sehingga dalam sebuah pekerjaan dapat anda kerjakan dengan lancar. Sehingga perusahaan akan puas dengan kinerja anda karena pekerjaannya baik dan tetap menggunakan prinsip K3.

Selain itu pentingnya pelatihan K3 juga dapat menumbuhkan sistem kerja sama dari setiap pekerja dengan pekerja lain untuk mendukung produktivitas sehingga memenuhi kebutuhan. Walau demikian hal itu harus ada kerja sama dari perusahaan untuk mewujudkan hal itu agar bersinergi dengan tepat.