Peranan Dunia Pertambangan Dalam Kesehatan

Dunia pertambangan dipandang sering mengeksploitasi bumi, tetapi dibalik itu semua rupanya pertambangan mempunyai peranan penting dunia kesehatan.

Indonesia mempunyai dunia petambangan yang luas, mengingat negara ini mempunyai kekayaan alam yang banyak. Ini membuat Indonesia diuntungkan pada banyak sektor seperti sektor ekonomi, sektor transportasi, serta sektor komunikasi. Pertambangan bisa membuahkan devisa buat negara, menjanjikan lapangan pekerjaan yang terbuka lebar, serta mempunyai nilai jual yang tinggi.

Selain sektor ekonomi, pertambangan berperanan besar pada sektor transportasi serta komunikasi bahkan di penjuru dunia. Telepon genggam yang sekarang ini masyarakat pakai mempunyai muatan emas di bagian hardware didalamnya.

Pada sektor kesehatan, pertambangan berperanan utama pada beberapa obat serta alat medis. Ini bermanfaat untuk mendukung kesembuhan pasien dari beberapa penyakit spesifik. Berikut peranan dunia pertambangan dalam negara buat sektor kesehatan.

Untuk therapy kesehatan pada penyakit kanker

Senyawa emas sudah banyak dipakai untuk therapy beberapa tipe kanker. Sisi menariknya ialah bagaimana manusia memakai emas untuk kemoterapi sel tumor. Menurut Richard Halliday dari World Gold Council, tidak semua obat memiliki kandungan senyawa logam, tetapi therapy yang terbanyak dipakai untuk beberapa jenis kanker seperti cisplatin, mempunyai muatan platinum didalamnya. Seperti kebanyakan obat kanker yang lain, obat ini membunuh sel sehat bersamaan dengan sel kanker. Itu penyebabnya ada efek seperti kerontokan rambut.

Untuk alat deteksi HIV/AIDS

Nanotelknologi sudah membuat satu perkembangan dalam therapy serta penjagaan HIV/AIDS. Periset dari Imperial College London memperlihatkan jika tehnik nanopartikel emas eksperimental dapat dipakai untuk mengetahui tempat molekul sasaran pada onsentrasi yang benar-benar rendah, dengan begitu membuat mereka dapat lakukan deteksi awal. Walau belumlah ada obat yang menyembuhkannya, periset masih merasa ada harapan.

Menangani Infeksi Sendi (Rheumatoid Arthritis)

Dunia pertambangan emas berperanan penting dalam penyembuhan infeksi sendi. Salah satunya cara penyembuhan infeksi sendi dengan menyuntikkan garam berbasiskan emas langsung ke sendi.

Rapid Diagnostic Test (RDT)

Alat test cepat yang mempunyai micro-chip didalamnya memiliki kandungan senyawa emas. Ini bermanfaat untuk lakukan analisis penyakit selama kira-kira 10 tahun paling akhir. Penyakit malaria diantaranya. Penyakit yang mempunyai potensi mengancam nyawa ini sukses diketemukan dengan pertolongan RDT pada saat itu. Partikel emas ini dapat membantu menghasilkan perubahan warna simpel untuk mengetahui kehadiran virus malaria dalam contoh darah.

Itu beberapa peranan dunia pertambangan yang benar-benar menolong dunia kesehatan. Karena itu bisa dikatakan jika dunia pertambangan bukan hanya melulu negatif, tetapi banyak faedah yang bisa diambil dari dunia pertambangan. Disamping itu, sebetulnya masih banyak peranan penting yang lain yang membantu negara.