Sepatu Safety Perlengkapan Pelindung Bagi Pekerja

Salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh seorang engineer atau pekerja dibagian konstruksi yaitu keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Perusahaan wajib memberi pengetahuan kepada pekerja tentang keselamatan kerja sesuai dengan standard yang berlaku di negara itu. Salah satu bentuk kepedulian pegawai terhadap keselamatan kerja yaitu menggunakan alat pelengkap diri (APD) yang sesuai dengan standard misalnya SNI. Salah satu jenis APD umum yang wajib digunakan pegawai lapangan yaitu Steel-Toed Boots atau Sepatu Safety. Berikut ini beberapa alasan mengapa pegawai perlu memakai sepatu safety.

  1. Alasan utama yaitu paksaan dari ketentuan yang mewajibkan pekerja untuk menggunakan sepatu safety. Occupational Safety & Health Administration standard (OSHAS) merupakan standard yang diikuti oleh bebearapa perusahaan dalam menjaga keselamatan pekerjanya. Hampir seluruh perusahaan berbasis engineer menerapkan standard ini mengingat salah satu aset dari perusahaan yaitu sumber daya manusianya.
  2. Kecelakaan pada kaki merupakan kecelakaan paling umum. Kaki merupakan bagian luar yang paling berpotensi mengalami kecelakaan sesudah kepala karena bersentuhan langsung dengan benda asing misalnya ketika berjalan di lingkungan kerja yang banyak benda tajam. Sepatu safety dapat melindungi kaki dari benda tajam itu.
  3. Kecelakaan kerja dapat terjadi secara mendadak, misalnya ketika membawa alat berat dan tiba-tiba alat itu jatuh melukai kaki, oleh karena itu perlu untuk menggunakan sepatu safety. Sepatu ini memiliki kemampuan menahan beban hingga 75 pound (34kg) dari kejatuhan setinggi 3 yard (2, 7 meter).
  4. Sepatu safety ini nyaman. Salah satu alasan memilih sepatu yaitu tingkat kenyamanan saat digunakan. Sama halnya dengan sepatu safety, kenyamanan pun perlu diperhatikan dengan memilih ukuran sepatu yang tepat namun tetap diusahakan tinggi menutupi mata kaki dan pilihlah jenis kaos kaki yang nyaman dan dingin.
  5. Jika pegawai tidak menggunakan sepatu safety maka perusahaan yang berada dibawah OSHAS akan dikenai sanksi.
  6. Selain melindungi kaki dari benda-benda yang jatuh dari ketinggian, sepatu safety juga melindungi kaki dari kecelakaan lainnya. Misalnya membantu melindungi kaki dari kecelakan akibat terpeleset, terbakar, dan terjatuh. Dibagian depan sepatu safety terdapat besi atau toe cap yang melindungi, jika kecelakaan seperti terlindas terjadi, maka kaki akan aman terlindungi.
  7. Sepatu safety dapat meningkatkan kepercayaan diri saat bekerja untuk sang pengguna. Hal ini karena mindset keselamatan jika menggunakan sepatu itu sehingga pekerja lebih percaya diri dan tidak merasa takut jika ada kecelakaan namun tetap waspada
  8. Sepatu safety sangat fashionable. Saat ini ada banyak perusahaan sepatu safety yang menawarkan ragam bentuk dan warna. Pegawai dapat memilih sesuai dengan selera namun tetap poin utama yang perlu diperhatikan yaitu standard sepatu itu terhadap kecelakaan. Tidak hanya pria, sepatu safety telah tersedia untuk wanita dengan kesesuaian ukuran dan selera
  9. Meskipun banyak jenis sepatu safety yang beredar di pasaran, pilihlah sepatu yang sesuai dengan kebutuhan kerja. Ada beberapa sepatu safety yang khusus untuk area kerja tertentu
  10. Yang terakhir tetapi tidak dapat disepelekan yaitu karena cinta pada diri sendiri dan keluarga. Keselamatan diri seharusnya lahir dari diri sendiri. Resiko kecelakaan khususnya untuk engineer sangat tinggi. Hanya diri sendiri yang dapat menyelamatkan diri dengan mencegahnya. Ingatlah keluarga yang ada dirumah. Jangan pernah menyepelehkan keselamatan, sangat disayangkan bila karena tidak menggunakan sepatu safety, pegawai kehilangan kaki dan tidak dapat bekerja.

10 alasan di atas mewakili dari beragam manfaat yang didapat dari penggunaan sepatu safety untuk bekerja. Berhati-hati dengan langkah Anda, itu bisa saja menjadi langkah Anda yang terakhir. Keselamatan bukanlah sebuah slogan, itu merupakan panduan hidup.

SHARE

LEAVE A REPLY