Tips Aman Bekerja Aman di Lingkungan Bahan Kimia

Bekerja dekat bahan kimia memang bukan hal yang biasa. Walau sekarang ini banyak lapangan pekerjaan di industri kimia, tetapi ternyata tetap diperlukan ketrampilan serta pengetahuan khusus mengingat beberapa bahan kimia adalah bahan yang beresiko.

Karena bahanya, kerja di industri kimia mempunyai beberapa intimidasi diantaranya seperti ledakan, keracunan lewat udara, sampai iritasi saat tidak sengaja terkena bahan kimia. Oleh karena itu benar-benar dianjurkan buat perusahaan yang bergerak di industri kimia untuk memiliki Ahli K3 Kimia.

Tetapi, walau memerlukan penanganan khusus, faktanya masih ada banyak hal umum yang bisa dilakukan untuk selalu aman kerja di industri kimia. Apa sajakah hal-hal itu? Berikut 7 langkah tetap aman waktu kerja di industri kimia.

Membuat SOP yang Umum

Tiap bahan kimia berpotensi bahaya yang berbeda, oleh karena itu dibutuhkan perlakuan yang lain juga. Sudah sepantasnya laboratorium atau perusahaan yang mempunyai bahan kimia membuat prosedur terpisah tentang standard keselamatan serta kesehatan kerja (K3).

Prosedur atau SOP ini meliputi mengenai knowledge base K3 di cakupan kimia, protective equipment, serta pemberian label beberapa bahan kimia yang termasuk juga lambang dan keterangan potensi bahaya.

Sirkulasi Udara

Sama seperti yang sudah disebutkan awalnya, bahaya lain berbahan kimia diantaranya bisa terkontaminasi dari udara. Pekerja di industri kimia benar-benar mempunyai potensi terserang efek keracunan bahan kimia yang menguap serta bersatu dengan udara. Belum juga jenis bahan kimia yang gampang meledak sebab tekanan atau temperatur udara tertentu.

Oleh karena itu penting untuk membuat perputaran udara yang sehat serta baik sesuai dengan susunan bangunan serta memprioritaskan kesehatan pekerja.

Kebersihan Lingkungan Kerja

Bila di lingkungan kerja biasa saja lantai basah jadi salah satu potensi bahaya, ditambah lagi bila berlangsung di lingkungan kerja yang dekat sama bahan kimia. Pikirkan pekerja bisa jatuh serta terluka karena lantai yang licin. Lebih dari pada itu, pekerja bisa menabrak meja atau lemari yang berisi bahan kimia yang bisa menyebabkan reaksi baik iritasi atau serta yang terparah seperti ledakan atau kebakaran.

Maka dari itu cara supaya masih aman dalam kerja salah satunya dengan jaga kebersihan lingkungan kerja, serta jaga permukaan lantai atau meja masih kering.

Keamanan Ruang Penyimpanan

Makin banyak orang, akan makin susah juga mengendalikan ketertiban. Rasa-rasanya pernyataan itu sangat umum untuk didengar.

Sama dengan jaga keselamatan serta kesehatan kerja di industri kimia, semakin lebih baik bila perusahaan memberi keyakinan cuma pada satu orang atau satu team untuk mengatur ruangan atau almari penyimpanan.

Maksudnya ialah supaya hindari bahaya atau kecelakaan karena human error seperti tidak taatnya meletakkan barang berbahan kimia, keteledoran pekerja, sampai lalainya jaga kualitas bahan (expired).

Jamin Ketersediaan Alat

Yang tidak kalah penting adalah jamin tersedianya alat sesuai dengan kebutuhan. Kacamata bening, sarung tangan, jaket tebal, kotak P3K, sampai alat pemadam kebakaran sebisa mungkin harus tersedia serta bisa dipakai.

Memakai Alat yang Tepat

Ada ketidaksamaan ukuran untuk gelas ukur, ketidaksamaan material bahan, sampai beragam tipe perlengkapan nyatanya bukan tanpa sebab dibuat.

Penting untuk memakai alat yang pas sesuai bahan kimia yang dipakai. Karena tiap bahan kimia mempunyai material yang lain hingga perlu alat yang lain juga.

Lakukan Training

Bila Anda sudah memenuhi semua faktor itu semua, lalu apa Anda telah penuhi standard K3? Jawabannya belum.

Bukan hanya perlengkapan atau equipment, melengkapi perusahaan Anda dengan Sumber Daya Manusia yang bermutu. Ikuti seminar K3 serta edukasi yang lain sekitar bahan kimia untuk dasar pengetahuan buat para pekerja.