Tips Kurangi Kaki Berkeringat Saat Pakai Sepatu

bau-kaki
Source : Google Image

Sepatu menurut wiki adalah Sepatu adalah suatu jenis alas kaki (footwear) yang biasanya terdiri bagian-bagian sol, hak, kap, tali, dan lidah.

Pada umumnya sepatu merupakan “alat tempur” yang wajib digunakan ketika beraktifitas, tetapi bagaimana bila memakai sepatu justru menyebabkan keringat berlebih? Berikut Cara Mengurangi Keringat Berlebih Ketika Memakai Sepatu agar anda tidak merasa risih dalam beraktifitas dan tentunya aktivitas Anda tidak akan terganggu.

1Gunakan kaos kaki yang tepat

Siapa bilang memakai kaos kaki justru akan membuat kaki terasa gerah? Memakai kaos kaki saat menggunakan sepatu justru akan mengurangi keringat berlebih ketika memakai sepatu karena dapat menyerap kelebihan keringat. Caranya gunakan kaos kaki berbahan dasar katun atau wol.

2Pilih sepatu yang tepat

Memilih Sepatu yang tepat bagi anda yang memiliki masalah keringat berlebih ketika memakai sepatu adalah sepatu yang memiliki sirkulasi udara yang baik atau memiliki lubang udara.
Perhatikan juga alas sepatu yang digunakan, baiknya gunakan alas sepatu yang terbuat dari bahan yang dapat menyerap keringat. Jangan pilih alas sepatu dari bahan plastik karena akan membuat udara sekitar kaki menjadi lembab dan berbau.

3Deodoran kaki

Deodoran khusus kaki adalah salah satu cara yang cukup ampuh untuk mengontrol keringat berlebih ketika memakai sepatu, selain itu deodoran juga memberikan aroma segar yang dapat mengurangi bau kaki saat keringat berlebihan.

Bila anda tidak memiliki deodoran khusus kaki, anda juga dapat menggunakan deodoran yang biasa anda gunakan pada ketiak atau menggunakan bedak bayi tabur sebelum memakai kaos kaki.

4Merendam kaki pada air teh

Kandungan tianin dalam teh dipercaya dapat mengencangkan kelenjar keringat pada kaki sehingga mengurangi keringat berlebih. Caranya yaitu membuat air larutan teh hangat dan merendahm kaki didalamnya selama 15 menit, lakukan hal ini secara teratur 1 sampai 2 kali dalam seminggu.

Terkadang juga, masalah keringat berlebih ketika memakai sepatu akan menimbulkan bau tidak sedap. Hal ini sesungguhnya wajar, mengingat keringat yang keluar mengandung zat sisa metabolisme atau metabolit dan akan bercampur bersama bakteri pada sepatu.

Tetapi tentu saja, hal ini dapat mengurangi percaya diri, apalagi saat harus melepaskan sepatu ditempat umum, karenanya atasi juga bau tidak sedap akibat keringat berlebih ketika memakai sepatu tersebebut dengan cara ini.

5Merendam kaki dengan air garam

Sesekali dalam seminggu rendamlah kaki anda dalam larutan air garam hangat. Hal ini akan membunuh bakteri penyebab bau kaki dan membuat kaki terasa lebih rileks.

6Kebersihan kaki

Bersihkan kaki sesering mungkin menggunakan cairan atau sabun antiseptik. Jangan lupa juga memotong kuku dan membersihkan selanya, karena pada beberapa masalah kotoran yang terselip dibawah kuku kaki dapat menimbulkan bau yang sangat busuk. Pastikan juga anda telah mengeringkannya sebelum memakai sepatu kembali.

7Kebersihan sepatu dan kaos kaki

Agar tidak menjadi sarang bakteri cuci sepatu terutama alasnya (bagian dalam) secara teratur, selain itu gantilah kaos kaki minimal sehari sekali atau 2 kali dalam sehari bila dirasa perlu. Jangan sampai menunggu bau menyerebak dulu baru ganti kaos kaki, karena hal ini akam membuat bakteri bersarang pada kaki.

8Biarkan kaki bernafas

Membiarkan kaki tertutup sepanjang hari bersama keringat berlebih akan membuat kaki jadi lembab dan berbau, karenanya bukalah sepatu sesekali di saat longgar dan gantilah dengan sandal.

Itulah beberapa Cara Mengurangi Keringat Berlebih Ketika Memakai Sepatu dan cara mengusir baunya. Bila dirasa perlu anda juga bisa menyemprotkan cooling foot spray pada kaki untuk membuatnya lebih harum.

SHARE

LEAVE A REPLY