Tips Memilih Sepatu Safety

sepatu safety pekerja dapur dan proyek
Source : Google Image

Pekerja sering kali mengabaikan untuk menggunakan sepatu safety yang tepat, meskipun pada saat jam kerja. Kenyataannya, menggunakan sepatu safety yang tepat secara langsung akan mempengaruhi keselamatan, kesehatan dan produktivitas mereka. Sebagai bagian dari alat pelindung diri (APD), sepatu safety diharapkan selain dapat memberikan keamanan tapi juga kenyamanan untuk kaki pekerja. Dengan mempertimbangkan dua tujuan, kita akan berbicara tentang faktor-faktor yang menentukan pemilihan yang tepat. Disini kita akan sedikit mengulas cara memilih sepatu safety yang baik, Selain itu jenis sepatu safety seperti apa yang bagus.

1Pilih Sepatu Safety dengan Ukuran yang Tepat

Kenyamanan dan perlindungan hanya dapat diperoleh jika kita membeli sepatu safety yang sesuai dengan ukuran kaki. Kondisi ini sebenarnya berlaku untuk semua peralatan pelindung diri. Pekerja harus mengukur ukuran dengan hati-hati dan memiliki waktu ekstra untuk memilih sepatu safety yang tepat sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli. Untuk mendapatkan hasil terbaik, pekerja harus mencoba beberapa merk yang berbeda, style dan tentu saja ukuran, Baiknya para pekerja faham tips membeli sepatu safety agar nantinya tidak menyesal.

Sepatu safety paling nyaman adalah sepatu safety yang tentu saja terbuat dari kulit asli. Pilih kulit sebagai bahan sepatu, Ini adalah bahan yang paling cocok di industri. Sebelum akhirnya sepatu dapat kenyamanan terbaik saat digunakan, biasanya membutuhkan waktu. Sehingga sangat penting untuk memilih ukuran yang tepat sejak awal membelinya.

Jika kita berencana untuk menggunakan kaos kaki ekstra tebal, maka kita perlu membeli sepatu safety dengan ukuran lebih besar sedikit untuk mengakomodasi itu. Kasus yang sama berlaku ketika kita memilih sepatu dengan liners dan padding atau sol ortopedi.

2Beli Sepatu Safety yang Paling Cocok

Ada banyak jenis sepatu safety yang tersedia di pasar dan masing-masing dirancang untuk aplikasi yang berbeda. Steel toe boot adalah sepatu safety yang paling cocok untuk melindungi pekerja dari berbagai bahaya yang hadir di lokasi pabrik kimia seperti bahaya pergelangan kaki terkilir, benturan, benda terjatuh, dan lain-lain. Untuk melindungi kaki dan jari-jari kaki, kita dapat membeli sepatu safety dengan jenis pergelangan kaki tinggi, dan desain kuat.

Selain itu, Cara memilih safety shoes Untuk pekerjaan di permukaan basah dan outdoor, pilih jenis sepatu safety tahan air. Dan untuk pekerjaan yang berhubungan dengan cairan kimia di mana percikan dan tumpahan bahaya ada, sepatu yang paling cocok adalah tipe sepatu boot. Selain itu sepatu safety untuk pekerjaan proyek juga berbeda jenis tipe sol-nya.  Beberapa bahan kimia mungkin dapat menyebabkan lepasnya bahan perekat dan bahan kimia menembus ke bagian dalam kaki. Pastikan bahwa bahan perekat yang digunakan tahan terhadapat beberapa bahan kimia. Disamping bahaya kimia dan mekanik, sepatu safety juga melindungi pekerja dari bahaya listrik.

3Safety Shoes Styles dan Merk

Pilihlah sepatu safety hanya dari produsen terkemuka. Kumpulkan informasi sebelum memutuskan memilih produsen yang akan kita beli. Perusahaan-perusahaan di dekat lokasi pabrik Anda mungkin memiliki pengalaman yang baik. Konsultasi dengan mereka secara gratis. Tapi ingat jangan membeli sepatu safety hanya dengan melihat harganya. Harga sepatu safety memang berbeda-beda tergantung dari jenis tipe sol-nya. produk berkualitas akan memiliki harga termurah minimum.

Biasanya, material yang mendukung, tahan lama dan tahan air untuk sepatu safety adalah bahan kulit. Sayangnya, kulit memiliki beberapa kelemahan dibandingkan dengan bahan lain. Karena bahan kulit lebih berat dan material non bernapas. Untuk mendapatkan kinerja terbaik dari sepatu safety, kombinasi dengan bahan lain sangat diperlukan, seperti dengan bahan nilon.