Tips Menghindari Kecelakaan di Jalan Raya

Jika kita mendengar adanya berita kecelakaan dari rekan atau tetangga atau kita membaca beritanya dari koran, biasanya tanggapan kita berlainan, ada yang biasa saja, ada yang merasakan ngeri karena memikirkan berita itu. Tapi mungkin antara kita masih sedikit yang berpikiran kritis : Kenapa kecelakaan itu terjadi dan upaya apa yang perlu kita lakukan untuk mencegah supaya kecelakaan semacam itu tidak terjadi pada kita.

INGAT : jika kecelakaan bisa terjadi pada orang lain, maka kecelakaan itu mempunyai potensi yang terjadi pada kita.

Berikut kami berikan beberapa tips untuk membantu kamu untuk menjaga keselamatan kamu saat di jalan raya :

  1. Saat akan mengendarai kendaran, yakinkan kendaraan kamu dalam keadaan wajar jalan. Periksa rem, lampu,sistim gas, tekanan ban, keadaan ban luar .Yakinkan semua dalam kondisi baik.
  2. Pastikan jika kamu mengenal kondisi jalan yang akan kamu lalui, contoh adanya aspal jalanan yang berlubang, dimanapun posisi jalan yang sempit dan tikungan.
  3. Pastikan kapan jalan berubah menjadi sibuk karena adanya jam pulang / pergi anak sekolah atau pegawai.
  4. Kendarai kendaraan dengan pemikiran yang tenang, jangan terbawa permasalahan yang sedang terjadi di rumah atau di kantor. Sebab kelengahan kamu yang sekejap akan berdampak hilangnya kewaspadaan akan kendaraan lain yang akan mencelakakan diri kamu. Kamu harus juga tahu jika kecelakaan bisa terjadi sebab tingkah orang lain.
  5. Biasakan kamu mengalah jika bertemu dengan mobil atau kendaraan besar yang dalam urutan terjepit atau contoh makan ruas jalan kamu.
  6. Jangan sesekali mengemudi dengan kecepatan tinggi, ditambah lagi saat jalan licin atau hujan gerimis, sebab sepeda motor rawan selip saat di rem tiba-tiba.
  7. Jangan mencuri-curi jalan dalam tempat tikungan, ditambah lagi tikungan ke kanan.
  8. Jangan juga mengambil jalan ke kanan hanya karena jalan berlubang, sebab kendaraan kamu akan berjumpa dengan kendaraan dari arah depan.
  9. Kurangi kecepatan jika di depan terlihat ada orang melintas atau anak bermain.
  10. Menjaga jarak dengan kendaraan di depan kamu. Ingat sudah seringkali berlangsung masalah sepeda motor menabrak taksi kota yang berhenti ambil atau turunkan penumpang. Usahakan kamu masih dapat mengerem jika kendaraan di depan kamu mengerem tiba-tiba atau berhenti.
  11. Kamu harus ekstra hati-hati jika hari mendekati senja atau petang. Karena banyak kendaraan yang belum menyalakan lampu hingga kehadiran kendaraan itu tidak kamu tahu.
  12. Ingat kendaraan roda dua tidak dirancang untuk melindungi tubuh kamu jika terjadi bentrokan. Karena itu jauhkanlah diri kamu dari kemungkinan benturan.

Demikian tips selamat saat kamu mengendarai sepeda motor di jalan raya. Walau ada banyak tips yang lain, tapi kunci keselamatan 88 persen ialah di tangan kamu sendiri.

SHARE