Tips Menyimpan Sepatu Kulit dengan Aman

cara menyimpan sepatu safety

Satu lagi tips cara menyimpan sepatu kulit yang harus di perhatikan yaitu langkah menyimpannya. Walau sudah dibersihkan secara teratur dan dicuci dengan cara tepat, bila anda tak pandai menyimpannya, ada peluang yang cukup besar juga sepatu kulit Anda rawan rusak dan bentuknya tidak lagi sempurna.

Dari pada menyesal kemudian hari, Lebih Baik perhatikan cara menyimpan sepatu kulit secara aman berikut, Mari kita Simak:

1Jaga Bentuk Aslinya

Walaupun kuat dan tahan lama, sepatu berbahan kulit juga mudah berubah bentuk bila tak disimpan secara tepat. Anda tentunya tidak mau sepatu kebanggaanmu itu tampak tidak sesuai dengan bentuk aslinya sehingga tampak aneh dan kurang nyaman, bukan?

Untuk itu, anda harus memberi penyangga sepatu saat menaruh alas kaki kesayanganmu ini. Terlebih untuk sepatu kulit yang jarang digunakan, penyangga sepatu mutlak dibutuhkan agar bentuk sepatumu tak mengempis, terutama dibagian ujungnya.

Bila tak mempunyai penyangga dalaman sepatu, anda juga bisa memakai kertas yang telah digumpal dengan cara rapi untuk di taruh dalam ujung sepatu. Tetapi, jangan memakai kertas koran sebab tintanya dapat melekat dibagian kulit sepatumu, khususnya pada sepatu berbahan suede.

2Simpan di Tempat Bersikulasi Udara Baik

Menyimpan sepatu kulit bisa dibilang agak merepotkan. Anda tidak bisa menaruhnya ditempat lembap karena rawan menyebabkan bau dan gampang diserang hama.

Menaruh ditempat yang sangat kering juga akan membuat permukaan kulit mudah pecah dan ini akan sangat merusak penampilan sepatumu secara keseluruhan. Tempat yang paling pas untuk menaruh sepatu kulit yaitu ruangan bersikulasi udara baik.

Anda juga menyejajarkan sepatu-sepatu itu dalam rak agar lebih terkena udara. Tetapi bila tempatnya tak memadai, anda bisa pula menaruhnya dalam kardus tempat sepatu yang mempunyai ventilasi udara yang cukup. Berikan silica gel agar sepatumu lebih terjaga.

3Perhatikan Jarak Antar Sepatu

Saat menyimpan, anda juga harus memperhatikan jarak antar sepatu kulitmu. Jangan pernah, tiap sepatu saling berhimpitan. Setidaknya, berikan jarak sekitar 2-3 cm untuk setiap sepatu. Mengapa? Ini agar penampilan sepatumu tetaplah dalam keadaan terbaiknya.

Tidak dapat dielakkan, di bahan kulit asli begitu mudah muncul baret maupun scratch yang membuat permukaan sepatunya tidak lagi mulus.

Hal semacam ini juga sangat mungkin terjadi bila anda menaruh sepatumu secara berdempetan. Karena alasan inilah, jarak antar sepatu memegang fungsi utama untuk menampilkan sepatu yang sempurna setelah disimpan.

4Janganlah Berikan Pengharum

Sebagian besar orang suka menambahkan pengharum di tempat penyimpanan benda-benda kesayanganmu, termasuk juga pakaian dan sepatu. Tetapi, janganlah lakukan rutinitas ini bila koleksimu berupa sepatu kulit asli.

Jenis sepatu kulit asli mudah menyerap bau. Oleh karena itu, aroma kapur barus maupun pewangi lainnya bisa melekat lama di sepatumu bila di taruh di dekat penyimpanannya. Padahal, sepatu dari kulit asli sudah mempunyai bau khas yang malah akan rusak bila dicampur dengan pewangi buatan. Karena itu, mulai saat ini biasakan menjauhkan pewangi dari koleksi sepatu kulitmu, ya!

SHARE

LEAVE A REPLY