Tips Merawat Sepatu Bahan kulit dan Kulit Sintetis

cara merawat sepatu safety yang baik dan benar

Mungkin dari Anda semua telah memiliki sepatu yang menggunakan bahan kulit dan sepatu berbahan kulit sintetis. Sepatu dengan bahan tersebut memang membutuhkan penanganan khusus, supaya sepatu Anda tidak gampang rusak dan tetap nyaman di gunakan.

Terlebih untuk Anda yang suka mengoleksi sepatu merk berkualitas, tentunya butuh perhatian ekstra untuk koleksi sepatu tersebut. Memang sangat menyebalkan ketika melihat sepatu kesayngan kita sudah di tumbuhi jamur, warnanya kusam dan baunya pun sangat menyengat di hidung kita.

Padahal Anda sudah menaruh sepatu tersebut di tempat yang bersih dan pastinya aman dari serangan serangga. Namun mengapa sepatu Anda masih rusak dan banyak di tumbuhi jamur?

Anda memang harus berhati-hati dalam menjaga sepatu yang Anda sayangi, berikut ini tips bagaimana caranya menjaga sepatu dengan benar, baik dan pastinya tidak akan di tumbuhi jamur yang dapat merusak sepatu yang kesayangan Anda.

1Sepatu Bahan kulit

Sepatu dengan bahan kulit memang sangat nyaman di gunakan di kaki Anda, sepatu itu dapat membuat Anda terlihat lebih stylish dan modis. Harganya terbilang cukup mahal, karena bahan pembuatnya sendiri terbuat dari kulit hewan yang pastinya akan lebih awet dan dapat bertahan lebih lama. Tetapi langkah perawatannya harus diperhatikan, agar sepatu kulit Anda tidak cepat rusak.

Sepatu dengan bahan kulit ini harus di letakkan ditempat yang kering agar tidak di tumbuhi jamur, namun perlu di ingat, jangan menempatkan sepatu yang memiliki bahan kulit di ditempat sangat panas, itu akan mengakibatkan kerusakan pada kulit sepatu itu.

Cara Merawatnya

  • Bila sepatu kulit Anda tidak di gunakan, simpan didalam plastik dengan rapat, masukan ke dalam kotak yang telah diberi sebagian silica gel, silica gel ini dapat mengatur kelembapan dan mengurangi kandungan air dan dapat menghindari sepatu Anda dari serangga sepeti kecoa, semut dan lain-lain.
  • Oleskan Moisturizer pada sepatu agar sepatu tetap lembab dan tidak kering, Anda dapat memakai handbody apabila Anda tidak memiliki pelembab khusus sepatu.
  • Setelah Anda memakai sepatu, di harapkan Anda segera membersihkan sepatu itu dari kotoran debu dan kotoran lain yang melekat di sepatu. Dapat pula memakai air untuk mebersihkan sepatu itu. Jangan sampai sisa atau bekas air yang di gunakan untuk mebersihkan sepatu masih tersisa, lap sampai kering. Bila masih ada air yang tersisa, maka bekas air itu dapat menimbulkan tumbuhnya jamur di sepatu.

2Sepatu Bahan Kulit Sintetis

Sepatu ini memiliki bahan kulit sintetis yang berarti sepatu ini di buat dengan memakai bahan kulit sintetis, sehingga sepatu ini tidak murni terbuat bahan kulit. Harganya juga terbilang lebih murah daripada sepatu yang bebahan kulit asli.

Untuk langkah merawat sepatu jenis ini hampir sama dengan sepatu kulit asli dan membutuhkan perhatian ekstra untuk merawatnya, agar kwalitas kulit sepatu tidak rusak.

Cara Merawatnya

  • Bersihkan sepatu dari kotoran dan debu dengan menggunakan sikat. Hindari membersihkan dengan menggunakan deterjen dan air, karena dapat mengakibatkan kerusakan bahan sepatu tersebut. Cukup lap sepatu dengan lap yang basah.
  • Bila sudah di bersihkan, secepatnya keringkan sepatu dengan mengangin-anginkannya ditempat yang sejuk dan teduh.
  • Setelah benar-benar kering, simpan didalam kotak sepatu Anda yang sudah diberi silicagel.

Demikian ulasan tentang panduan merawat sepatu yang memiliki bahan kulit, dan sintetis. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

SHARE

LEAVE A REPLY