7 Cara Pekerja Menjaga Kesehatan dan Keselamatan untuk Mencegah Potensi Kecelakaan

prosedur keselamatan dan kesehatan kerja (k3)

Industri pertambangan adalah industri yang penuh akan resiko. Kecelakaan kerja bisa berlangsung setiap saat. Tidak hanya dari keteledoran karyawan dalam menjalankan mesin tapi bisa juga hadir dari kondisi alam yang tidak mendukung. Maka, kesehatan serta keselamatan kerja (K3) jadi hal yang harus diutamakan untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja yang bisa membahayakan beberapa karyawan atau masyarakat seputar tempat pertambangan.

Nah, untuk membantu sampai tujuan itu, lakukan 7 langkah berikut.

1. Jangan Menyepelekan Bahaya yang Mengincar

Waspada serta peka pada kira-kira. Itu point penting yang perlu Anda kerjakan untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang bisa berlangsung setiap saat. Keselamatan kerja akan mudah tercapai jika Anda serta beberapa pekerja tidak menganggap sepele bahaya yang tetap mengintai serta siap menerkam setiap saat.

Contoh, saat mendapati karyawan yang tengah sakit, karena itu segera minta untuk beristirahat agar tidak mengganggu kinerja karyawan lain dan bisa menimbulkan kecelakaan yang lebih beresiko. Atau saat melihat kondisi alam tidak mendukung untuk mengerjakan aktivitas pertambangan, karena itu segera amankan karyawan serta jangan memaksakan untuk terus lakukan pekerjaan yang bisa memberikan kerugian lebih besar nantinya.

2. Sertakan Semua Bagian untuk Saling Jaga Keselamatan

Tugas untuk menjaga keselamatan dalam kerja tidak hanya faksi manajemen atau petinggi-petinggi saja, atau bahkan juga hanya kewajiban karyawan satu orang. Tetapi tanggung jawab seluruh pihak. Karena itu, peringatkan mereka untuk saling menjaga apabila perlu sertakan beberapa karyawan dari semua kelompok tentang ketentuan keselamatan kerja untuk menghindarkan resiko kecelakaan.

3. Fokus terhadap hal yang dapat dikerjakan

Ambisius bisa saja, tapi tetap perlu memerhatikan lingkungan sekitar tanpa perlu lakukan pemaksaan. Karena itu, jangan memaksa karyawan bekerja di luar batas kewajaran serta logika. Tetap konsentrasikan pada tujuan awal di pertambangan itu serta segera capai. Hindarkan diri untuk tergiur hal-hal lain yang bisa mendatangkan bahaya semakin besar.

4. Perencanaan yang Matang Mengenai Kondisi Lingkungan

Sebelum mulai terjun di tempat pertambangan, alangkah lebih baik jika Anda lakukan survey lapangan. Dari hasil kegiatan pemantauan tersebutlah yang menolong perencanaan kerja kedepannya. Pastikan dalam survey itu, Anda juga tahu bagaimana kondisi sekitar lingkungan serta kondisi cuaca disana. Serta, jangan ragu untuk menyertakan warga agar tidak merugikan warga sekitar selama penambangan dikerjakan.

5. Beri Training Profesional pada Semua Karyawan Berkaitan K3

Memberi training profesional pada karyawan sangatlah disarankan. Tidak hanya pada karyawan baru, dan juga karyawan lama yang mungkin telah lupa akan ketentuan keselamatan kerja yang perlu dipatuhi.

6. Tetap Peringatkan untuk Kenakan Peralatan Kerja yang Aman

Perlengkapan kerja wajib untuk dipakai. Tidak hanya melindungi tubuh dari bahaya yang mengancam tapi dapat memberikan ketenangan dalam diri saat bekerja. Peralatan kerja yang diwajibkan ialah helm, baju kerja yang sesuai dengan lokasi serta jenis pekerjaan, sarung tangan, kacamata, dan sepatu bot.

7. Patuhi Ketentuan Keselamatan Terbaru serta Up-date Perkembangan secara Real Time

Pastikan Anda juga tetap mengikuti perkembangan terbaru dari ketentuan keselamatan kerja yang ditempatkan oleh pemerintah. Maksudnya untuk menjaga karyawan masih nyaman dan aman dalam bekerja.

Mencegah semakin lebih baik dibanding mengobati. Itulah kenapa demikian penting memperhatikan kesehatan serta keselamatan kerja selama ada di area pertambangan, sepatutnya yang dikerjakan oleh pekerja Agincourt Resources.