7 Langkah Aman Menggunakan Listrik di Rumah Anda

Source : Google Image

Saat ini peralatan rumah tangga di setiap rumah sudah bergantung pada pemakaian listrik. Listrik sangat penting untuk melakukan aktifitas di rumah. Namun, dalam penggunaannya Anda mesti tetap berhati-hati jika tidak ingin celaka.

Perhatikan hal-hal penting di bawah ini dalam penggunaan listrik yang benar dirumah Anda :

1Ikuti buku petunjuk penggunaan

Mengerti dan pelajari penggunaan perlengkapan listrik pada buku panduannya agar terhindar dari beberapa hal yg tidak diinginkan.

2Perhatikan daya listrik

Dalam pemakaian peralatan listrik kita harus memperhatikan daya yang sesuai dengan daya listrik rumah kita. Karena penggunaan listrik yang melebihi kapasitas daya yang terpasang berpotensi bisa menyebabkan kebakaran. Untuk melihat daya yang digunakan untuk setiap peralatan, dapat kita lihat di body alat atau kardus tempat penyimpannannya.

3Hati-hati saat menyalakan atau mematikan peralatan listrik

Perhatikan kondisi stopkontak saat akan mencabut atau mematikan peralatan listrik dan jangan mendahului mematikan peralatan listrik dari stopkontak segera sebelum alat listrik itu dimatikan terlebih dulu. Hal semacam ini untuk mencegah timbulnya bunga api yang mungkin berpotensi bisa mengakibatkan kebakaran.

4Berikan sedikit ruang di sekitaran peralatan listrik

Setiap peralatan listrik yang kita gunakan bisa menimbulkan energi panas di sekelilingnya, oleh karenanya janganlah letakan perlengkapan listrik ditempat yang tertutup karena komponen di dalamnya mengeluarkan energi panas yang bisa menyebabkan peralatan listrik terbakar bahkan juga tidak dapat digunakan lagi.

5Jangan sentuh peralatan listrik jika tangan basah

Jika tangan Anda basah jangan sekali-kali mencoba untuk memegang peralatan listrik yang sedang menyala karena tangan yang basah mengandung air. Air adalah penghantar listrik baik yang bisa menghantarkan arus listrik.

6Jangan meletakan peralatan listrik dekat bahan kimia

Hindari meletakan bahan kimia didekat peralatan listrik karena bahan kimia bisa menyebabkan terjadinya kebakaran. Bahaya kimia itu seperti obat nyamuk/cairan pembasmi serangga dan minyak tanah.

7Matikan peralatan listrik jika sedang mati lampu

Jika rumah Anda alami mati listrik, cepat matikan peralatan listrik yang terlebih dulu menyala. Mungkin beberapa peralatan listrik memerlukan daya yang besar saat pertama kali dinyalakan hingga dikhawatirkan listrik akan kembali mati jika menyalakan peralatan listrik itu. Pemakaian peralatan listrik yang berputar dan berpemanas juga bisa mencederai penghuni jika menyala tiba-tiba.

Dengan memerhatikan hal-hal penting diatas semoga bisa membantu Anda agar terhindar dari kejadian yg tidak diinginkan.