7 Panduan Menjaga K3 untuk Pencegahan Kecelakaan Kerja

potensi bahaya ditempat kerjapotensi bahaya ditempat kerja – Industri pertambangan sebagai industri yang penuh akan resiko. Kecelakaan kerja bisa terjadi setiap saat. Tidak cuma dari kelengahan pegawai dalam menjalankan mesin tapi dapat tiba dari keadaan alam yang tidak memberikan dukungan. Oleh karena itu, keselamatan dan kesehatan kerja (K3) jadi hal yang wajib diutamakan untuk menahan berlangsungnya kecelakaan kerja yang bisa mencelakakan beberapa pegawai atau masyarakat sekitaran posisi pertambangan.

1. Tidak Boleh Memandang Remeh Bahaya yang Mengincar

Siaga dan sensitif pada sekitaran. Itu point utama yang perlu Anda kerjakan untuk menahan berlangsungnya kecelakaan yang bisa terjadi kapan pun. Keselamatan kerja akan gampang terwujud jika Anda dan beberapa karyawan tidak memandang sepele bahaya yang selalu mengincar dan siap menangkap setiap saat.

Contoh, saat merasakan pegawai yang sedang sakit, karena itu selekasnya meminta untuk istirahat supaya tidak mengusik performa pegawai lain dan bisa menyebabkan kecelakaan yang lebih beresiko. Atau saat menyaksikan kondisi alam tidak memberikan dukungan untuk beraktivitas pertambangan, karena itu selekasnya amankan pegawai dan tidak boleh memaksakan untuk selalu lakukan pekerjaan yang bisa memberikan rugi semakin besar nantinya.

2. Ikutsertakan Semua Komponen untuk Saling Jaga Keselamatan

Pekerjaan untuk jaga keselamatan dalam bekerja tidak cuma faksi management atau petinggi-petinggi saja, atau bahkan juga cuman kewajiban pegawai seorang. Tetapi tanggung jawab seluruh pihak. Karena itu, peringatkan mereka untuk sama-sama jaga dan jika memang perlu ikutsertakan beberapa pegawai dari semua kelompok berkenaan ketentuan keselamatan kerja untuk menghindar resiko kecelakaan.

3. Tidak Boleh Terlampau Memaksa Kehendak, tapi Pusatkan Pada Beberapa Hal yang Sanggup Dilaksanakan

Berambisi bisa saja, tapi perlu tetap memerhatikan sekitar lingkungan tanpa perlu lakukan pemaksaan. Karena itu, tidak boleh memaksain pegawai bekerja di luar batasan kewajaran dan logika. Masih pusatkan pada arah awalnya di pertambangan itu dan selekasnya raih. Jauhi diri untuk tergoda hal yang lain bisa datangkan bahaya semakin besar.

4. Kerjakan Rencana Dengan Matang, Khususnya Berkenaan Kondisi Lingkungan dan Alam Sekitar

Sesaat akan terjun di posisi pertambangan, sebaiknya jika Anda lakukan survey lapangan. Dari hasil aktivitas pengamatan tersebut yang menolong rencana kerja nanti. Yakinkan dalam survey itu, Anda juga ketahui bagaimana keadaan sekitar lingkungan dan kondisi cuaca di situ. Bahkan juga, tidak boleh sangsi untuk mengikutsertakan warga supaya tidak bikin rugi warga sekitaran sepanjang penambangan dilaksanakan.

5. Beri Training Professional ke Semua Pegawai Berkaitan K3

Memberi training professional ke pegawai benar-benar disarankan. Tidak cuma pada pegawai baru, tapi juga pegawai lama yang mungkin telah lupa akan ketentuan keselamatan kerja yang perlu dipatuhi.

6. Selalu peringatkan untuk kenakan peralatan kerja yang aman

Perlengkapan kerja wajib buat dikenai. Tidak cuma membuat perlindungan tubuh dari bahaya yang memberikan ancaman tapi dapat memberikan ketenangan pada diri sepanjang bekerja. Peralatan kerja yang diharuskan ialah helm, baju kerja yang sama posisi dan tipe pekerjaan, kacamata, sarung tangan, dan sepatu bot.

7. Patuhi Ketentuan Keselamatan Terkini dan Up-date Perubahan Secara Real Time

Yakinkan Anda juga selalu mengikut perubahan terkini dari ketentuan keselamatan kerja yang ditujukan oleh pemerintahan. Maksudnya untuk jaga pegawai masih nyaman dan aman dalam bekerja.