Apa itu Epirb? Harga Epirb, Langkah Kerja dan Fungsi Epirb

Pengeritian Epirb

Epirb adalah ringkasan dari Emergensi Position Indicating Radio Beacon.

Pemahaman epirb adalah satu piranti electronic yang dipakai sebagai pemancar sinyal mara bahaya yang dipasang pada tiap kapal untuk diaktifkan pada keadaan yang memberikan ancaman jiwa hingga petugas penyelamat bisa selekasnya mendapati titik lokasi dan bisa memberi bantuan tanpa menanti waktu kelamaan.

Harga Epirb

Berkenaan harga, harga epirb tentu saja bermacam karena merek dan typenya memang banyak. Ada yang dibanderol pada harga di bawah 10 juta rupiah tetapi ada yang dipasarkan pada harga di atas 16 juta rupiah juga. Semuanya disamakan dengan merek piranti epirb tersebut. Berkenaan langkah kerja dan perannya seperti apakah, berikut kami akan bagi penjelasannya untuk Anda.

Cara Kerja dan Fungsi Epirb

Langkah kerja Epirb atau Emergensi Position Indicating Radio Beacon ini bekerja pada frekwensi 121,5/ 243 Mhz dan 406 Mhz yang mempunyai mekanisme satelit kutub Cospas Sarsat yang mengorbit dan memberi liputan global sebetulnya.

Satelit itu bisa tentukan status Epirb sampai dalam jarak 5 km atau 3 mil. Pesan code pada Epirb mengenali kapal yang pas di mana Epirb tercatat. Semua jenis info yang diberi sendiri memungkinkan beragam service bantuan untuk hilangkan peringatan palsu dan lakukan penyeluncuran pada beragam perlakuan pengamanan yang dibutuhkan.

Untuk peranan Epirb sendiri dibutuhkan buat mengetahui kehadiran kapal dengan cepat lewat alat automatis yang seperti ada dalam suatu pesawat terbang. Bila di kapal diberi nama Epirb karena itu jika di pesawat terbang kerap kita sebutkan bernama Underwater Locator Beacon atau ULB yang ada pada suatu black box atau kotak hitam pesawat terbang.

Baik Emergensi Position Indicating Radio Beacon maupun Underwater Locator Beacon sama-sama – sama mempunyai peranan untuk mengirim sinyal bila kapal atau sebuah pesawat alami keadaan genting atau alami kecelakaan baik kecelakaan enteng atau kecelakaan berat sekalinya.

Ada banyak poin utama yang Anda harus pikirkan untuk pilih status penempatan yang sama sesuai, salah satunya :

  • Akses epirb pada keadaan genting
  • Pasang epirb 1 mtr. dari perlengkapan kompas, atau 2 mtr. dari antena maupun radar apa saja
  • Jauhi imbas gelombang langsung dan jauhi pada status dengan ruangan yang kurang cukup untuk keluarkan alat perawatan
  • Epirb terpasang diperlengkapi dengan plat perintah dengan perekat hingga bisa kelihatan secara mudah pada keadaan genting

Epirb mempunyai beragam jenis elemen khusus. Beragam jenis elemen khusus yang diartikan terdiri dari :

  • Antena : elemen ini selalu harus ada dalam status vertikal saat dioperasionalkan untuk mentransmisikan sinyal
  • Sakelar laut : elemen yang dipakai untuk aktifkan epirb secara automatis saat tergenang air
  • Sakelar pengaktifan : elemen yang memungkinkannya untuk aktifkan epirb dengan manual
  • Tombol tes : elemen yang memungkinkannya pemakai untuk jalankan posisi pengetesan buat mengonfirmasi persiapan epirb saat sebelum betul – betul dipakai
  • Lanyard : tali yang dipakai untuk melabuhkan alat Emergensi Position Indicating Radio Beacon ke arah sisi life raft
  • Lampu sorot : elemen lampu yang hendak berkedip-kedip dan memberi kontribusi visual pada unit SAR
  • LED dan bel : elemen yang dipakai untuk memperlihatkan model dan memperlihatkan hasil posisi pengetesan epirb

Suplai battery intern yang berjalan dalam waktu minimal sepanjang 48 jam
Mekanisme yang dipakai untuk membenahi status GPS dan memungkinkannya operasi SAR untuk mengawali beragam proses secara instant