Bagaimana Cara Menggunakan Safety Shoes dengan Benar

Masih banyak momen kecelakaan saat bekerja, oleh karena itu pada saat bekerja alangkah baiknya menggunakan alat pelindung diri (APD). Terutama untuk mereka yang memiliki resiko kecelakaan kerja cukup tinggi. Tujuannya memakai alat pelindung diri saat bekerja pasti membuat perlindungan pekerja, memberi produktivitas kerja dan membuat keamanan di ruang kerja. Alat pelindung diri itu diantaranya Safety Helmet, Ear Muff, Safety Glasses, Safety Gloves, masker dan Safety Shoes. Berikutnya, langkah menggunakan Safety Shoes dan langkah merawatnya.

Safety Shoes atau Sepatu Pelindung

Salah satu alat pelindung diri pada saat bekerja adalah sepatu pelindung atau Safety Shoes. Sepatu ini di rancang khusus untuk keselamatan kaki pemakainya. Biasanya sepatu Safety ini dipakai oleh seorang pekerja dimana resiko kecelakaan kerjanya cukup tinggi. Demikian banyak kecelakaan kerja yang dapat menerpa kaki, misalnya kejatuhan benda-benda berat, terkena benda tajam dll. Dengan menggunakan Sepatu Safety di harapkan kecelakaan kerja dapat dijauhi dan meskipun berlangsung kecelakaan jadi tidak mengakibatkan cedera serius. Kita harus mengerti kalau jari-jari kaki kita tidak bisa digantikan dengan yang baru, oleh karena itu kita harus membuat perlindungan jari kaki kita dengan menggunakan Safety Shoes ini.

Bahan dari Safety shoes berbagai macam, ada yang terbuat berbahan polyurethane dimana bahan itu membuat sepatu empuk dan enteng, ada juga yang terbuat dari kombinasi kimia sintetik yang padat, hingga sepatu kuat dan keras. Biasanya pekerja yang menggunakan Safety shoes ini adalah mereka yang bekerja di perusahaan yang bergerak di segmen Properti, bangunan, pabrik perakitan atau pembuatan mobil, motor, perusahaan baja, perusahaan tambang dan ada banyak lagi.

Langkah Menggunakan dan Merawat Safety Shoes

Ada banyak hal yang harus di perhatikan dalam menggunakan Safety Shoes yang benar, yakni sepatu yang digunakan harus sesuai dengan ukuran kaki pemakainya, jangan terlalu kecil dan janganlah juga terlalu besar sebab akan jadikan kaki cidera. Jika sepatu Safety shoes yang Anda miliki memakai tali, harus diikat dengan baik dan kuat agar tali tidak terinjak saat menggerakkan pekerjaan. Jika sepatu terkena air, sebelum digunakan upayakanlah untuk dikeringkan terlebih dulu dan gunakan kaos kaki pada saat menggunakan sepatu.