Cara Agar Aman Saat Berkendara di Jalan Raya

Cara Agar Aman Saat Berkendara di Jalan Raya
Source : Google Image

Anda tentu sering mendengar kecelakaan lalu lintas, mungkin saja juga Anda pernah melihat sendiri didepan mata Anda. Mengapa hal semacam itu dapat terjadi? Takdir bila itu adalah jawaban Anda maka Anda menjawab benar namun Anda juga sedikit salah sebab menurut berbagai sumber survey mengenai kecelakaan jalan raya di Indonesia umumnya terjadi akibat kelalaian pengendara bahkan juga angkanya meraih 75%.

Berikut di bawah ini terdapat banyak panduan dan langkah yang dapat Anda jadikan tips untuk berkendara dengan aman dijalan raya.

1Persiapan

Persiapan merupakan hal paling penting agar Anda aman berkendara. Persiapkan segala hal yang dibutuhkan sebagai contoh saja gunakan helm standard, sepatu safety, jaket, sarung tangan untuk Anda pengendara motor. Jangan lupa juga surat surat kendaraan Anda. Pastikan Anda dalam kondisi fit tidak kelelahan, mengantuk atau di bawah dampak minuman keras atau obat obatan terlarang untuk memakai kendaraan baik roda dua ataupun roda empat.

2Berdoa

Mungkin sebagian orang melupakan hal yang satu ini. Berdoa adalah langkah kita mengawali suatu hal agar di beri kelancaran dan otomatis berikan motivasi diri kita untuk lakukan suatu hal hal yang positif dengan doa yang kita katakan. Bila doa Anda memohon agar Anda selamat tiba di tujuan maka diri Anda akan terpacu untuk lakukan langkah cara yang terkait dengan keselamatan Anda agar sampai di tujuan dengan selamat.

3Pastikan Kendaraan Anda Layak

Kelayakan kendaraan juga sering jadi penentu keselamatan Anda dijalanan. Pastikan kendaraan Anda nyaman dan layak jalan seperti mesin kendaraan yang baik, alat keselamatan dan pengendali kendaraan jalan baik seperti rem, sabuk pengaman yang masihl layak kaca spion, desakan angin pada ban dan perlengkapan berkendara yang lain.

4Fokus

Nah ini dia yang sering mengakibatkan kecelakaan jalan raya karena aspek ketidakfokusan pengendara. Ketidakfokusan pengendara dapat dikarenakan oleh mengantuk, melamun, dengarkan musik dari headset, memakai telephone selular dan hal-hal lain yang memengaruhi kefokusan.

5Sabar

Bila Anda telat ke kantor, kerjaan ataupun kuliah sudah pasti Anda akan tergesa gesa dan kerapkali melupakan keselamatan berkendara. Tetap tenang dan sabar. Jalan juga adalah sarana umum yang ditujukan untuk pengendara kendaraan jadi jangan menyoba menyalip atau merasa jalan yaitu lintasan balap. Nyawa Anda lebih penting dari pada ego Anda.

6Patuhi Ketentuan Lantas Lintas

Patuhi semua ketentuan jalan raya seperti marka jalan, lampu jalan raya dan ketentuan berkendara yang lain.