Hambatan-hambatan yang Terjadi pada Proses Keselamatan Kerja

hambatan hambatan yang terjadi pada proses keselamatan kerjaAspek Pemicu Perusahaan Masih Belum Memberi Pelayanan K3 Yang Baik

hambatan hambatan yang terjadi pada proses keselamatan kerja – Banyak dari perusahaan yang belum juga memberi pelayanan K3 yang baik dan benar pada karyawannya. Walau sebenarnya hal itu sangatlah penting untuk masa depan perusahaan juga. Perihal ini bisa karena disebabkan aspek tersebut:

1. Manajemen Perusahaan memberi Prioritas Rendah pada Program K3 dalam Program Perusahaan

Hampir di banyak perusahaan yang ada, program K3 belum pernah dibicarakan dalam rapat-rapat yang diadakan perusahaan itu. perusahaan hanya terlampau fokus pada produksi perusahaan sedang program K3 itu sangat dibelakangkan. Bila terjadi kecelakaan, baru perusahaan akan mengingat tentang K3 itu. Namun tetap perusahaan tidak mengutamakan program K3 dalam pengoperasiannya.

2. Minimnya Pengetahuan tentang K3 baik dari Perusahaan ataupun Karyawannya

Pengetahuan tentang K3 oleh karyawan atau pihak perusahaan kadang masih rendah. Baik pengetahuan tentang langkah aplikasi K3 yang benar, dampak jika perusahaan tidak mengaplikasikan K3 itu, dan lain-lain. Perihal ini pula yang membuat perusahaan masih kurang dalam memberi pelayanan K3 untuk karyawannya.

3. Keterbatasan Modal dalam Memberi Pelayanan K3

Untuk memberi pelayanan K3 yang benar pasti dibutuhkan beberapa modal untuk melakukannya terhadap beberapa karyawan. Kadang kondisi keuangan perusahaan itu tidak memberi dukungan sebab minimnya modal untuk meningkatkan kualitas pelayanan K3 hingga aplikasi K3 juga tidak optimal.

4. Pengawasan Pemerintah yang Lemah tentang Aplikasi K3

Ketentuan K3 sudah mempunyai undang-undang yang sah dimata hukum. Akan tetapi, pemerintah sendiri masih kurang dalam soal mengamati berjalannya ketentuan hukum itu. Pemerintah cuma memandang semua akan berjalan lancer jika telah mempunyai hukum yang kuat. Padahal dalam sebenarnya, aplikasi K3 masih begitu kurang walau sudah mempunyai Undang-Undang yang kuat. Itu penyebab masih terdapatnya perusahaan yang belum dapat melakukan program K3 dengan baik dan benar.

Penerapan K3 Yang Baik Yang Semestinya Diaplikasikan Perusahaan

Mungkin di tiap-tiap perusahaan ada program K3, akan tetapi tidak semua perusahaan menjalankan program K3 itu dengan benar dan baik disebabkan karena oleh beberapa faktor. Sebenarnya, aplikasi K3 yang baik dan benar itu mudah, yakni:

1. Pelihara Peralatan-peralatan Kerja

Perusahaan harus selalu memelihara keadaan perlengkapan agar tetap dalam keadaan yang baik. Sebab jika ada yang salah dalam peralatan-peralatan kerja karyawan, dapat memberi dampak yang buruk pada karyawan itu.

2. Lakukan Pengontrolan pada Perlatan-peralatan Kerja dengan Berkala

Perihal ini bermanfaat untuk mengetahui manakah peralatan-peralatan yang mengalami kerusakan supaya bisa diperbaiki serta tidak memberi bahaya pada karyawannya.

3. Mempekerjakan Petugas Kebersihan untuk Selalu Mengawasi Kebersihan Lingkungan Perusahaan

Kebersihan lingkungan perusahaan pasti akan mengawasi kesehatan para karyawannya. Sebab lingkungan yang kotor akan membawa penyakit.

4. Menyiapkan Sarana yang Memadai

Fasilitas-fasilitas di tempat ini seperti kantin, sebab tiap-tiap karyawan pasti memerlukan makan saat jam istirahat mereka hingga mereka memerlukan kantin untuk tempat mereka beristirahat setelah kerja.

5. Rencana Program K3 yang Terkoordinasi

Umumnya, hampir banyak dari perusahaan yang program K3 nya kurang terkoordinasi di seluruh bagian-bagian perusahaan hingga aplikasi program K3 tidak terwujud dengan baik.

6. Lakukan Penilaian serta Tindak Lanjut Penerapan Keselamatan Kerja

Jika ada yang mengalami kecelakaan, pasti perusahaan harus meninjak lanjuti tentang hal itu. Baik dari sisi tanggung jawab pada karyawan itu, pun mencari tahu apakah pemicu kecelakaan itu terjadi supaya tidak terulang lagi pada karyawannya yang lainnya.

SHARE