7 Kesalahan dalam K3 yang Harus Anda Hindari

Source : Google Image

Terjadinya kecelakaan kerja bisa diakibatkan banyak faktor. Meskipun perusahaan telah berupaya semaksimal mungkin untuk mencegah agar hal tersebut tidak sampai terjadi, tetapi seringkali ada kesalahan yang dilakukan pekerja. Sehingga kemudian hal yang tidak dikehendaki itu sampai terjadi.

Nah berikut ini daftar kesalahan dalam K3 yang sering dilakukan. Jangan sampai hal berikut ini terjadi di lingkungan kerja Anda.

1Hindari Beranggapan, Pastikan Benar-Benar Aman!

Hindari hanya mengira bila kondisi tempat kerja aman. Pastikan memang kondisi itu benar-benar aman. Jangan sampai hanya beranggapan saja. Sebab perilaku semacam ini bisa sangat berbahaya untuk karyawan.

Memang kemudian kebiasaan ini bisa tercipta bila didukung banyak faktor. Seperti pengalaman karyawan, training yang diikuti karyawan, tingkat pendidikan karyawan, dan budaya ditempat kerja. Oleh karena itu, perusahaan perlu berupaya agar kebiasaan hanya mengira-ngira ini tidak dilanjutkan. Terlebih yang berkaitan dengan keselamatan dan kesehatan kerja, perusahaan dan segenap komponennya harus benar-benar melihat, mengecek dan memeriksanya. Sebab dengan begitu, lingkungan kerja dan bisnis Anda bisa selamat dari bencana kecelakaan kerja.

2Berikan Laporan dan Pengawasan

Setiap kecelakaan atau potensi kecelakaan yang muncul, jangan sampai dibiarkan begitu saja. Setiap karyawan punya pekerjaan yang sama untuk melaporkannya kepada bagian terkait agar bisa segera dilakukan penanganan. Dengan begitu, tempat kerja bisa melakukan evaluasi agar hal tersebut tak perlu terjadi.

Langkah pencegahan inilah yang sangat diperlukan. Sebab banyak kecelakaan kerja yang sebenarnya dapat dihindari. Bila tindakan pencegahan itu dilakukan, tentu bahaya kecelakaan dan potensi kerugian yang diakibatkan itu tidak perlu lagi dialami.

Ya, meskipun potensi bahaya itu sangat kecil, namun siapapun tidak boleh meremehkannya. Sebab dari hal yang kecil itu, sangat mungkin bisa menjadi penyebab terjadinya kecelakaan kerja yang tidak dikehendaki siapapun.

3Jangan Gunakan Alat yang Salah

Kesalahan ini juga sering terjadi ditempat kerja. Karyawan senang menggunakan alat yang tidak seharusnya digunakan untuk melakukan pekerjaan itu. Akibatnya, potensi bahaya pun bisa muncul. Hal tersebut bisa dihindari bila karyawan tidak memaksakan diri untuk menggunakan alat yang salah.

Selain itu, termasuk kesalahan kerja, bila karyawan menggunakan perlengkapan yang benar namun cara penggunaannya yang salah. Oleh karena itu, karyawan harus sudah dipastikan tahu benar bagaimana caranya mengoperasikan perlengkapan yang dibutuhkan. Dengan begitu, pekerjaan dapat berlangsung dengan benar.

Bukan itu saja, untuk memastikan lingkungan kerja yang lebih aman, perusahaan wajib melakukan pengawasan agar perlengkapan kerja yang digunakan sesuai dengan jenis pekerjaan, perlengkapan itu dirawat dengan baik untuk memastikan keamanan saat digunakan, dan pastikan juga karyawan yang menggunakan perlengkapan itu memang terlatih.

4Tidak Terburu-Buru Saat Bekerja

Pekerjaan dilakukan tidak dengan tergesa-gesa. Hal semacam ini bisa membuat karyawan melakukan kesalahan yang bukan tidak mungkin nantinya bisa membahayakan karyawan. Lakukan pekerjaan sesuai prosedur dan hindari mengambil jalan pintas.

Memang mungkin naluri manusia untuk mengambil cara paling mudah, namun perlu disadari kalau yang terpenting tetaplah keselamatan. Walaupun mungkin sedikit lama, namun hal semacam itu cara paling efisien untuk menjamin pekerjaan selesai dengan baik, sekaligus aman untuk pekerja.

5Buat Lingkungan Kerja yang Lebih Nyaman

Sering karyawan mengalami masalah terkait stres kerja. Masalah ini banyak dihadapi di banyak tempat kerja dan mengakibatkan kerugian yang sangat besar, baik dilihat dari segi materi ataupun non-materi. Untuk itulah perusahaan perlu mengambil tindakan yang tepat agar karyawan tidak sampai stres. Caranya yaitu dengan membuat lingkungan kerja yang lebih nyaman dan sehat. Sehingga diharapkan karyawan pun bisa lebih berbahagia saat bekerja.

6Karyawan Mudah untuk Bersuara

Bagaimanapun, karyawan merupakan pihak yang paling diprioritaskan dalam masalah K3. Oleh karenanya, perusahaan perlu membuat sistem agar karyawan bisa mudah untuk mengeluarkan pendapat ataupun bersuara. Hingga bila ada potensi bahaya yang muncul, dapat ditangani sejak dini.

Ya, beberapa hal memang yang perlu diperbaiki. Bila selama ini Anda melihat kondisi tempat kerja Anda masih banyak melakukan kesalahan diatas, semestinya Anda harus berupaya agar kesalahan dalam K3 itu segera diperbaiki dan tidak dilakukan lagi di masa mendatang.