Komponen Penting yang Harus Dipertimbangkan Saat Membeli Safety Helmet dengan Suspensi

Safety helmet adalah satu diantara alat pelindung diri (APD) yang harus digunakan untuk melindungi para pekerja dari bahaya terkena benda jatuh dari atas, terkena benturan, dan bahaya listrik. Pentingnya peran safety helmet sebagai perlindungan kepala, maka pemilihan safety helmet juga tak boleh dikerjakan sembarangan, termasuk memilih tipe suspensinya.

Source : Google Image

Sayangnya, sebagian besar pekerja kurang memahami kalau suspensi yaitu komponen penting yang harus dipertimbangkan saat beli safety helmet. Ada lebih dari satu tipe suspensi helm yang di jual di pasaran, jadi pastikan Anda tahu tipe suspensi apa yang sebaiknya Anda pilih saat membeli safety helmet.

Suspensi helm yaitu peredam benturan berbentuk rangka tali yang memberi jarak pada lapisan terluar (shell) dengan kepala pengguna. Jadi, lapisan luar dan kepala pekerja dipisahkan dengan suspensi. Fungsinya agar daya redam dapat diminimalkan jika terjadi benturan pada kepala sehingga tingkat keparahan cedera dapat lebih rendah.

Tipe Suspensi Pada Safety Helmet

Suspensi pada safety helmet memiliki banyak ragam dan masing-masing tipe memiliki kemampuan dalam meredam benturan yang berbeda pula. Oleh karena itu, komponen ini jadi hal penting yang perlu diperhitungkan saat beli safety helmet. Apa saja tipe-tipe suspensi pada safety helmet?

  • Ratchet Suspension tipe suspensi ini memiliki small knob di bagian belakangnya yang berperan untuk mengubah ukuran suspensi sesuai ukuran kepala pekerja. Anda hanya perlu memutar small knob sesuai ukuran yang diinginkan.
  • Pinlock Suspension – tipe suspensi yang dirancang lebih sederhana dengan pin pengunci yang berperan untuk merubah ukuran suspensi sesuai ukuran kepala pekerja. Untuk mengubah ukurannya, Anda hanya perlu menggeser pin pada lubang yang disediakan.
  • 1 Touch Suspension – tipe suspensi ini didesain dengan system one-touch untuk merubah ukuran suspensi sesuai kenyamanan dan ukuran kepala pekerja. Ukuran suspensi bisa diubah dengan cara menekan dan menggeser suspensi hanya dengan menggunakan satu tangan.
  • Swing Ratchet Suspension – tipe suspensi dengan sistem ratchet lebih fleksibel di mana posisi ratchet bisa diletakkan di bagian depan atau belakang sesuai kebutuhan Anda.

Selain dari tipenya, Anda juga butuh mempertimbangkan titik (poin) suspensi pada safety helmet. Biasanya suspensi helm memiliki 4 (empat), 6 (enam), dan 8 (delapan) poin, yang terbuat dari berbagai jenis bahan mencakup kain, nilon, pita, dan plastik. Nomor poin itu menunjukkan banyaknya koneksi yang ada pada rangka suspensi.

Semakin banyak poin suspensi, maka semakin besar juga kemampuan suspensi dalam meredam kejutan pukulan atau benturan tingkat redaman yang lebih luas bisa menolong meminimalkan efek benturan. Semakin besar jumlah poin juga memberi tingkat kenyamanan dan stabilitas yang tinggi pada safety helmet.

Terlepas dari jumlah poin suspensi, apakah itu empat, enam, atau delapan poin, ketiga jenis poin suspensi itu telah memenuhi standar ANSI Z89. 1 dan CSA Z94. 1 dan mampu memberi perlindungan yang dibutuhkan.

Perawatan dan Pergantian Suspensi Pada Safety Helmet

Setiap komponen safety helmet atau pelindung kepala didesain dengan kualitas tinggi dan terbuat dari bahan yang tahan pada keausan, tetapi tidak akan bertahan selama-lamanya. Performa komponen safety helmet, termasuk suspensi akan mengalami degradasi akibat paparan di lingkungan kerja seperti suhu ekstrem, bahan kimia, sinar matahari, dan lain-lain.

Oleh karena itu, perawatan dan pergantian suspensi pada safety helmet harus dilakukan secara berkala. Tujuannya agar performanya dalam meredam kejutan pukulan atau benturan tetap maksimal. Tersebut panduan singkat perawatan dan penggantian suspensi pada safety helmet :

  • Bersihkan suspensi menggunakan kain lembut yang sudah di celupkan ke air sabun, lantas bilas menggunakan air hangat
  • Periksa suspensi adakah yang longgar, patah, retak, rusak, atau kehilangan kelenturan (elastisitas)
  • Jangan meletakkan apa pun diantara suspensi dan shell. Hal semacam ini bisa mengurangi kekuatan suspensi dalam melindungi kepala
  • Lakukan penggantian suspensi setiap tahun (tak lebih dari 12 bulan). Selalu ikuti petunjuk produsen untuk pemeriksaan dan perawatan safety helmet dan komponennya.
  • Jika Anda menemukan kerusakan fisik seperti retak, patah, longgar, atau kehilangan kelenturan padahal saat penggantian masih lama, baiknya segera ganti suspensi Anda dengan yang baru
  • Pastikan semuanya poin pada suspensi terpasang dengan aman kedalam slot-nya masing-masing
  • Ganti suspensi dengan merek produsen yang sama untuk memastikan komponen tetap penuhi kriteria perlindungan.

Apabila pekerjaan mengharuskan Anda menggunakan safety helmet setiap harinya, selalu perhatikan komponen yang ada pada safety helmet Anda. Pastikan komponen safety helmet terutama suspensi mempunyai kualitas tinggi dan dalam keadaan layak saat digunakan.

Apabila memungkinkan, gunakan safety helmet yang mempunyai semakin banyak poin suspensi, karena semakin banyak poin akan memberi kekuatan meredam kejutan pukulan atau benturan lebih baik. Lakukan perawatan dan penggantian suspensi secara berkala untuk melindungi performanya tetaplah optimal. Lakukan kontrol fisik pada safety helmet bersama komponennya sebelum Anda memakainya!