Langkah Mengangkat Beban Berat dengan Baik dan Benar

langkah mengangkat beban berat dengan baik dan benarlangkah mengangkat beban berat dengan baik dan benar – Tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana tehnik atau langkah mengangkat barang dengan pas serta benar. Ketidaktahuan ini bisa menyebabkan terjadinya cedera punggung. Cedera punggung seringkali terjadi pada saat kerja dengan sikap duduk di kursi, mengangkat beban, membawa beban, membungkuk untuk mengambil file di laci meja, menyeterika, membersihkan piring di wastafel atau pada saat kita tidur .

Sekitar 80% populasi orang dewasa kondisinya hidupnya rentan akan mengalami cidera punggung bawah. Cidera ini biasanya dikarenakan oleh kesalahan dalam tehnik mengangkat satu benda dan pemakaian yang terlalu berlebih. Dengan memakai tehnik mengangkat yang benar disertai dengan latihan penguluran serta penguatan, anda bisa mengurangi kemungkinan cidera punggung.

Lihat sikap badan yang benar berikut ini :

  1. Berdiri: Bila harus berdiri dalam tempo lama, istrirahatkan salah satunya kaki Anda dengan bergantian. Tempatkan salah satunya kaki diatas sesuatu yang letaknya dikit tambah tinggi dari kaki yang lainnya. Bila harus kerja dalam tempat berdiri, hindari tempat badan membungkuk atau miring ke samping. Begitu juga pada saat anda berjalan , buat wanita hindari penggunaa sepatu memiliki hak tinggi.
  2. Duduk:Pilih kursi yang bisa memberi dukungan sisi belakang badan Anda pada tempat yang benar serta nyaman. Cocokkan tempat kursi supaya kaki Anda bisa menapak di lantai. Kosongkan isi kantong belakang celana Anda (dompet, kunsi, catatan, dan lain-lain) supaya tidak mengganggu kesetimbangan sisi belakang badan Anda. Diluar itu keadaan isi dompet yang tebal di kantong celana sisi belakang dapat juga membuat ngilu pinggang sebab terdapatnya desakan pada otot pantat dengan terus-terusan serta desakan yang semakin besar pada saat anda tengah duduk.
  3. Mengangkut benda :Ada banyak tehnik yang dipakai dalam mengangkat serta membawa satu benda yang bisa membuat perlindungan punggung anda serta bisa menahan cidera. Bagaimana juga, tehnik terunggul dalam mengangkat ialah pengangkatan dengan diagonal. Kaki anda memisah, dengan satu kaki dikit ke depan dari kaki yang lainnya. Ini memberi basis penyangga yang lebar, lebih konstan, lebih bertenaga, serta lebih kuat. Tekuk lutut anda serta berjongkok; jagalah punggung anda masih lurus serta kepala anda pun lurus saat mengangkat. Tempat ini memberi kemampuan yang lebih untuk otot-otot tungkai yang lelih luas serta mengawasi kesetimbangan punggung anda.
  4. Membawa benda : Yakinkan benda tetap melekat pada badan, saat mengangkat serta membawanya. Makin jauh anda membawa satu benda dari badan anda, makin berefek untuk punggung anda. Janganlah mendadak atau membentak saat anda mengangkat serta janganlah memutar atau menyamping. Ini ialah rutinitas jelek yang mengakibatkan desakan yang lebih untuk punggung anda, terpenting saat mengangkat dengan berkali-kali, serta akan mengakibatkan cidera yang serius nanti. Saat membawa satu benda, pakai postur yang pas yakni berdiri tegak. Janganlah sangat membungkuk saat berjalan. Membawa dengan beban di muka serta melekat ke badan, tapi saat membawa dengan jarak yang jauh, bawalan benda dengan memakai pundak anda, apabila benda sangat berat, cari pertolongan.
  5. Ambil sesuatu dengan berlutut, janganlah membungkuk : Hindari membungkuk setinggi pinggang saat ambil sesuatu. Perihal ini bisa membuat ketegangan pada punggung serta jadi besar kemungkinan cedera.
  6. Istirahatlah diatas kasur yang cukup keras. Kasur yang sangat empuk bisa membuat punggung dalam tempat melengkung , hingga anda terasa tidak nyaman bila waktu bangun tidur. Gunakanlah tempat tidur yang cukup keras atau kasur dengan kemampuan pegas yang masih tetap kuat. Bila tidur miring upayakan merapatkan lutut keduanya. Atau bila telentang tempatkan bantal di bawah lutut.
  7. Bangun dari tidur. Bila anda tidur telentang, janganlah langsung bangun, tapi miringkan dulu badan anda. Setelah itu bangun lewat cara mengangkat tubuh menyamping hingga tempat anda jadi duduk diatas kasur. Sesudah itu pijakkan kaki anda kelantai untuk bangun dari tempat tidur.
  8. Olahraga. Bersepeda, berenang serta jalan enjoy ialah olah raga yang begitu disarankan buat orang yang tengah alami cedera punggung . Sebab dalam olah raga itu tidak membuat desakan yang terlalu berlebih pada punggung .

Tersebut gambar contoh bagaimana lakukan kegiatan untuk hindari cedera punggung :

  1. Tehnik mengambil file di laci
  2. Tehnik mengangkat barang
  3. Tehnik membawa barang
  4. Tehnik salah saat mengangkat beban
  5. Tempat bangun dari tidur