Tips Mencuci Sepatu Kulit Anda

tips merawat sepatu kulit
Source : Google Image

Anda penyuka sepatu jenis kulit? Atau Anda bingung bagaimana cara membersihkan dan merawat sepatu kulit kesayangan Anda? Kebersihan sepatu menjadi faktor yang sangat penting bagi penampilan. Tidak jarang sepatu yang kotor dan bau membuat percaya diri pemakainya menurun.

Terlebih apabila sepatu yang Anda gunakan terbuat dari bahan kulit. Jika tidak sering dibersihkan sepatu yang terbuat dari kulit akan lebih mudah bau dari pada jenis lainnya, karena bahan kulit lebih mudah lembab apabila basah atau keringat dari pada sepatu jenis lainnya.

Sepatu kulit pada umumnya memiliki harga yang cukup mahal sehingga amat disayangkan jika tidak dirawat dengan baik. Cara perawatan dan cara membersihkan sepatu kulit pun berbeda dari pada sepatu jenis lain atau sepatu yang terbuat dari kain. Siapkan alat dan bahan yang digunakan untuk mencuci terlebih dahulu.

1Sikat berbulu lembut

Sikat digunakan untuk membersihkan bagian dalam sepatu Anda. Usahakan gunakan sikat yang berbulu lembut agar tidak merusak bagian dalam sepatu kulit.

2Cairan anti bakteri

Cairan anti bakteri akan membuat sepatu kulit Anda terhindar dari perkembangan bekteri yang menyebabkan bau pada sepatu kulit.

3Kain basah

Kain basah dipakai untuk membersihkan bagian luar sepatu kulit. Usahakan gunakan kain yang terbuat dari bahan katun karena memiliki daya serap yang baik dan lembut sehingga tidak merusak permukaan sepatu kulit.

4Polis lanonin

Polis lanonin adalah semir sepatu yang terbuat dari lilin yang berfungsi untuk melindungi permukaan kulit sepatu agar lembut dan tidak mudah pecah. Jika Anda sulit mendapatkan polis lanonin Anda juga dapat menggunakan semir sepatu biasa dengan kualitas yang baik.

5Spray-on shoe

Spray-on shoe adalah penyemprot khusus sepatu yang berguna untuk membuat bagian dalam sepatu kulit wangi dan tidak mudah terkena bakteri. Jika Anda menggunakan pewangi semprot biasa, tidak akan membuat sepatu kulit Anda terlindung dari bakteri.

Setelah semua alat dan bahan telah siap. Anda dapat memperhatikan langkah-langkah berikut ini agar Anda dapat mencuci sepatu kulit dengan benar.

  1. Lepaskan terlebih dahulu tali sepatu kulit Anda, jika sepatu kulit Anda menggunakan tali.
  2. Sikat bagian dalam sepatu kulit, menggunakan sikat yang lembut dan sebaiknya semprotkan cairan anti bakteri khusus sepatu agar bagian dalam sepatu kulit wangi dan tidak mudah rusak.
  3. Untuk membersihkan bagian dalam sepatu kulit Anda, gunakan kain basah yang dicampur dengan sabun dan gosok dengan lembut. Lakukan secara merata ke seluruh permukaan luar sepatu kulit.
  4. Setelah itu keringkan sepatu kulit Anda dengan diangin-anginkan saja. Agar tidak mudah pecah dan cepat rusak.
  5. Setelah kering Anda dapat menggunakan polish lanonin untuk menghaluskan dan melembutkan permukaaan kulit sepatu Anda.
  6. Anda juga dapat menyemprotkan spray-on shoe pada bagian dalam sepatu
  7. Sekarang sepatu kulit Anda terlihat bersih dan wangi.

Sebaiknya Anda juga memperhatikan perawatan dan penyimpanan sepatu kulit Anda. Untuk menyimpan sepatu kulit Anda, sebaiknya disimpan pada tempat yang kering dan memiliki suhu ruangan yang baik. Untuk merawat sepatu kulit Anda agar tidak mudah berbau, sebaiknya saat Anda menyimpan sepatu kulit dipisahkan dengan sepatu jenis lainnya karena hal tsb akan membuat perkembangan bakteri pada sepatu jenis lain berpindah ke sepatu kulit Anda.