Mengenal Alat Pelindung Diri Pekerja: Sarung Tangan Safety

Sarung Tangan Safety Alat Pelindung Diri PekerjaPernahkah kita dengar pertanyaan serta pernyataan semacam ini:

Mengapa sih kita harus gunakan sarung tangan kerja? Emangnya begitu pentingnya kita gunakan sarung tangan saat kerja? Repot aah gunakan sarung tangan, kebanyakan tidak pakai, tidak apa-apa kok!!

Tujuan utama kita memakai sarung tangan kerja untuk melindungi tangan saat bekerja dalam tempat atau kondisi khusus yang mempunyai potensi untuk menyebabkan luka tangan.

Sarung tangan kerja atau seringkali disebutkan sarung tangan pelindung/safety gloves adalah satu diantara Alat Pelindung Diri (APD) membuat perlindungan semua bagian tangan sampai ke jari-jari selama mengerjakan pekerjaan khusus.

Sarung tangan kerja/pelindung ini berperan membuat perlindungan tangan dari api, suhu panas serta dingin, radiasi, arus listrik, benturan serta pukulan, tergesek benda tajam/kasar. Selain itu membuat perlindungan tangan dari kontak biologis atau bahan kimia serta infeksi virus atau bakteri.

Tidak hanya tahu peranan serta tujuan memakai sarung tangan kerja/pelindung, kita harus mengerti pentingnya memilih jenis serta bahan sarung tangan yang pas serta sesuai pekerjaan yang dilaukan untuk mengurangi luka tangan. Di bawah ini ialah faktor-faktor penting yang perlu di identifikasi serta diperhitungkan waktu memilih sarung tangan kerja/pelindung:

  1. Mengerti bahaya serta risiko yang akan ditemui saat mengatasi bahan/benda/barang khusus, contohnya jenis bahan kimia atau bahan biologis, waktu kontak dalam mengatasi bahan/benda/barang, sifat kontak bahan/benda/barang ( percikan, benturan, goresan, gesekan).
  2. Memahami bahan serta jenis sarung tangan dengan lapisan pelindung untuk melindungi pada suhu yang berlebihan, arus listrik, jenis bahan: basah, kering, berminyak.
  3. Pilih sarung tangan yang cocok serta tepat sesuai dengan ukuran tangan (tidak besar serta tidak kecil). Sarung tangan yang tidak cocok akan membuat tangan jadi tidak nyaman, kram atau terluka hingga menghambat pekerjaan serta bisa membahayakan.

Jenis serta Bahan Sarung Tangan Kerja/Pelindung

Sarung tangan kerja dibuat dari beberapa jenis bahan diantaranya bahan kulit, kain, wol, karet, lateks, karet nitril, vinil, logam atau neoprene. Beberapa bahan itu direncanakan untuk banyak jenis bahaya dalam tempat kerja. Pada umumnya, bahan pembuat sarung tangan kerja terbagi jadi empat barisan:

  1. Bahan Kulit, Kanvas atau Jaring Logam (Leather, Canvas or Mesh Metal Gloves)
    Berperan untuk melindungi tangan dari permukaan yang kasar, perlindungan pada cedera serta cedera bakar, dan membuat perlindungan suhu yang esktrem (panas/dingin).
  2. Bahan Katun serta sejenisnya (Fabric and Coated Fabric Gloves). Berperan membuat perlindungan tangan dari benda atau permukaan yang tajam bergelombang serta kotor.
  3. Bahan Karet spesial yang tahan akan bahan kimia/cairan (Chemical and Liquid Resistant Gloves). Sarung tangan yang dibuat dari bahan karet seperti butyl, latex, vinyl, neoprene serta nitrile berperan untuk melindungi tangan dari bahan biologis atau kimia yang beracun serta beresiko.
  4. Bahan Karet (Rubber Gloves or Insulated Rubber Gloves). Berperan untuk melindungi tangan saat bertemu dengan arus listrik tegangan rendah atau tegangan tinggi.

Panduan Penggunaan serta Perawatan Sarung Tangan Kerja/Pelindung:

  1. Cek kondisi sarung tangan sebelum dipakai untuk memastikan jika sarung tangan itu aman serta layak pakai.
  2. Bersihkan sarung tangan secara teratur setelah dipakai.
  3. Taruhlah sarung tangan pada tempatnya setelah dipakai.
  4. Jangan memakai kembali sarung tangan yang terserang bahan kimia atau bahan biologis.
  5. Buanglah sarung tangan yang telah robek, rusak, berubah warna serta kaku.

Sesudah kita memahami pentingnya sarung tangan pelindung, janganlah lupa memperlengkapi diri Anda saat bekerja untuk keselamatan Anda sendiri. Selamat bekerja!