Mengenal Jenis Material Bahan Dasar Sepatu

bahan sepatu kulit sintetis, macam macam bahan sepatu
Source : Google Image

Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini bahan kulit sudah bisa di tiru. Maka tidak jarang Anda pasti sering mendengar material bahan kulit sintetis. Oleh karena itu, untuk material bahan sepatu dari kulit biasanya akan dibagi menjadi 2 yaitu kulit asli dan kulit sintetis.

Berikut kami informasikan, Macam-macam Bahan Kulit Sepatu:

1Bahan Sepatu Kulit Asli.

Bahan ini benar-benar dibuat dari kulit asli. Bahan kulit yang paling sering digunakan dan diklaim sebagai bahan kulit terbaik dibuat dari kulit binatang yaitu sapi. Material bahan kulit asli ini juga memiliki beberapa jenis yang bisa diklasifikasikan menjadi 4 jenis. Yaitu:

  1. Finish Leather.

Jenis material ini adalah kulit asli yang diproses dan diolah tanpa melakukan banyak modifikasi terhadap kulit yang bersangkutan. Sehingga dengan demikian, kontur permukaan dari bahan kulit yang dihasilkan benar-benar memiliki kontur permukaan yang sama persis seperti kulit aslinya.

  1. Pull Up Leather

Jenis material kulit ini, adalah lanjutan dari finish leather yang diproses kembali dengan mengalami proses strecthing atau dimelarkan. Dengan mengalami proses streching ini, maka material ini akan menjadi lebih tipis dan memiliki kontur permukaan yang berbeda dengan finish leather. Tekstur kulit jeruknya otomatis akan melebar. Dan dengan kondisi yang tipis tersebut, maka jenis ini akan lebih mudah untuk dibentuk menjadi model sepatu seperti yang diinginkan.

  1. Suede Leather

Untuk jenis material ini, adalah material kulit asli yang mengalami proses berbeda dari 2 jenis kulit asli diatas. Pada jenis ini, pemrosesan kulit dilakukan secara terbalik, atau lebih jelasnya adalah lapisan kulit bagian dalam yang mengalami pemrosesan. Jenis kulit suede atau biasa disebut bludru ini memiliki kontur permukaan yang jauh lebih lembut dari pada 2 jenis kulit asli diatas.

  1. Nubuck Leather

Sekilas material ini memiliki tampilan yang sama seperti material suede. Namun bila diperhatikan lebih detail, material ini memliki bulu-bulu lebih lembut dibanding dengan material suede. Hal ini karena untuk material ini, yang diproses bukan bagian dalam kulit namun bagian luar kulit sama seperti finish leather dan pull up leather. Namun pada saat pemrosesan, bagian luar kulit dihaluskan dengan permukaan yang kasar sehingga akan menghasilkan bulu-bulu lembut.

  1. Patent Leather

Jenis ini biasa disebut dengan material kulit lak. Dari tampilannya, jenis material ini tidak tampak seperti layaknya material bahan sepatu dari kulit asli. Mengapa demikian, karena jenis material ini memiliki tampilan yang mengkilat sama seperti bahan kulit sintetis. Namun sebenarnya, jenis material ini adalah kulit asli yang pada proses finishingnya dilapisi bahan acrylic yang membuat kulit menjadi licin, dan mengkilap. Untuk jenis material ini, biasanya akan lebih tahan terhadap air dan lebih mudah saat dibersihkan. Sepatu yang menggunakan bahan ini kebanyakan adalah model sepatu formal untuk bekerja. Atau juga tidak jarang, banyak sekali jenis sepatu wanita yang menggunakan material bahan ini.

2Bahan Sepatu Kulit Sintetis.

Seperti yang sudah jelaskan, bahwa dengan perkembangan teknologi, kini material kulit sudah bisa dibuat tiruannya. Bahan tiruan kulit tersebut dibuat dari perpaduan bahan kimia sehingga menghasilkan material yang menyerupai dengan kulit asli. Beberapa material kulit sintetis adalah:

  1. Material PVC

Bahan PVC adalah kulit sintetis yang pertama kali dibuat oleh manusia untuk menggantikan kulit asli. Pada intinya kulit sintetis yang ada saat ini dibuat dengan dua lapisan utama, yang pertama adalah lapisan dasar dan yang kedua adalah lapisan aditif. Sebagai lapisan dasar, biasanya digunakan bahan dari tekstil contohnya canvas & cotton. Sementara untuk lapisan aditifnya adalah plasticizer yang merupakan lapisan dengan kontur lebih keras, getas, kaku dan lebih rapuh. Dengan sifat seperti ini, maka lapisan aditif bahan PVC terlihat lebih licin dan mengkilap.

  1. Material PU

Tidak jauh berbeda dengan material PVC, material PU ini merupakan pengembangan dari PVC yang lebih dulu diciptakan. Sama-sama memiliki 2 lapisan utama yaitu lapisan dasar dan lapisan aditif. Untuk lapisan dasar, biasanya PU memilih dari bahan tekstil yang lebih berkualitas dan lembut, begitu juga dengan lapisan aditifnya yang lebih lembut dan memiliki kontur seperti kulit jeruk, seperti layaknya kontur kulit asli. Inilah yang membedakan antara material bahan PVC dan material bahan PU. Sehingga tidak jarang, harga PU jauh lebih mahal dari pada material PVC.

3Bahan Sepatu Canvas

Bahan canvas adalah sebuah bahan dari kain canvas yang dibuat dari benang-benang ukuran besar dan kaku. Bahan canvas lebih sering dibuat untuk sepatu-sepatu model casual karena bahan canvas ini bisa dikustomisasi dengan memberikan warna sesuai dengan kebutuhan. Sepatu ini di anggap sebagai sepatu keren untuk kalangan remaja. Disamping itu juga karena canvas merupakan bahan yang digunakan untuk membuat lukisan, sehingga akhir-akhir ini banyak sekali sepatu casual yang dibuat dari bahan canvas dikustomisasi dengan memberikan lukisan yang sering disebut dengan sepatu lukis. Kekurangan dari bahan ini adalah mudah kotor bila terkena noda. Namun bahan tersebut memiliki kelebihan yaitu ringan.

4Bahan Sepatu Denim

Denim adalah nama lain dari jeans. Hampir sama seperti bahan canvas, bahan denim juga merupakan bahan yang dibuat dari kain jeans, yaitu kain yang dibuat dari benang dengan ukuran besar. Bahan ini sering digunakan sebagai material bahan sepatu casual. Mengingat denim identik dengan gaya casual.

5Bahan Sepatu Karet

Seperti yang telah diketahui, karet adalah bahan yang lentur, liat, ringan, tahan air dan tentunya memiliki ketahanan yang sangat lama. Karet dibuat dari getah karet yang keberadaannya sudah sangat diakui. Hal ini terbukti dengan banyaknya benda-benda atau produk-produk yang menggunakan bahan dasar karet. Begitu juga dengan sepatu, tidak sedikit sepatu yang dibuat dari bahan karet. Yang paling sering kita temui adalah sepatu boots anti air.