Mengenal Safety Riding

safety riding
Source : Google Image

Apa itu Safety Riding? Safety Riding yaitu sebuah bentuk pola perilaku untuk berkendara yang nyaman dan aman, baik untuk diri sendiri maupun pengguna jalan yang lain (pengendara ataupun pejalan kaki). Ini berarti suatu sikap agar kita mengkondisikan diri agar bagaimana mengendari sepeda motor yang aman serta nyaman, baik untuk diri kita ataupun orang lain.

Masih banyak kita saksikan orang mengendarai motor dengan kecepatan tinggi, atau begitu lambat dan sebagainya yang membahayakan dirinya serta orang lain disekitarnya. Menurut survey tim safety riding, lebih dari 50% kecelakaan sepeda motor dikarenakan oleh faktor manusia itu sendiri, terkecuali faktor kendaraan serta lingkungan. Sebelum Anda melakukan perjalanan jauh, mari kita mengenal apa sih safety riding ? Silahkan disimak.

Point-poin dalam Safety Riding diantaranya :

  • Kelengkapan kendaraan bermotor standard.
  • Kaca spion harus ada 2 buah di kiri dan kanan.
  • Lampu depan, lampu rem, riting kiri-kanan, klakson yang berfungsi.
  • STNK dan SIM selalu siap atau tidak expired.
  • Plat Nomor depan belakang

Menggunakan perlengkapan Safety Riding yang relatif paling aman apabila tanpa ada disengaja terjerat dalam kondisi terburuk :

  • Sarung Tangan, baiknya mempunyai susunan yang bisa menutupi kedua belah tangan dan bahan yang bisa menyerap keringat dan tidak licin saat memegang grip/handle motor. disarankan yang ada pelindung kerasnya atau hard protector, berlaku untuk rider dan penumpang.
  • Jaket, baiknya dapat membuat perlindungan semua bagian badan baik dari terpaan angin ataupun efek negatif saat terjadi benturan baik kecil ataupun besar. Diluar itu usahakan untuk memakai jaket yang berwarna cerah atau jelas, hal semacam ini untuk membuat pandangan pengemudi kendaraan lain menjadi fokus pada keberadaan kita khususnya jika kita berkendara di malam hari.
  • Rider dianjurkan memakai Helm Full Face sedangkan untuk penumpang di harapkan memakai minimal Helm Open Face. baiknya dapat memberi proteksi lebih pada kepala, poin berikut yang selalu ditinggalkan oleh tipikal bikers pengguna helm catok atau helm proyek serta semacamnya.
  • Sepatu Safety, sebaiknya dapat memberi kenyamanan dan keamanan untuk semua susunan kaki. Memakai Sepatu Safety yang tertutup sampai tumit atau Sepatu Safety boots berlaku untuk rider dan penumpang.

 

Mematuhi peraturan lalu lintas. Memahami rambu-rambu lalu lintas.

  • Jauhi berkendara agresif. Sabar dan sopan dalam berkendara. Timbulkan simpati/kekaguman pemakai jalan lain pada perilaku berkendara kita. Tak mudah terprovokasi dengan pengguna jalan lain, tak arogan.
  • Tahu posisi sesama pengendara/pengguna jalan kalau jalan raya dipakai untuk bersama. Jadi sebisa mungkin hindari perilaku-perilaku seperti meng-klakson berlebihan, memakai aksesori yang bisa mengganggu pengguna jalan lain.