Mengetahui Masa Kadaluwarsa Safety Helmet

Source : Google Image

Tahukah Anda jika safety helmet melewati masa kedaluwarsa, material helm akan mengeras dan mudah rapuh? Hal semacam ini jelas membuat safety helmet jadi mudah pecah jika berlangsung benturan atau terserang benda jatuh dari atas apabila tetap digunakan akan begitu membahayakan. Oleh karena itu, agar manfaat safety helmet sebagai pelindung kepala tetap maksimal, Occupational Safety and Health Administration (OSHA) menetapkan masa berlaku pemakaian helm.

Ketentuan OSHA tentang masa berlaku helm ini didasarkan pada pedoman standard ANSI/ISEA Z89. 1-2014. Standard ANSI/ISEA menunjukkan, masa berlaku atau masa penggunaan safety helmet yaitu maksimal 4-5 tahun. Ketetapan ini terlepas dari kerusakan di bagian luar helm. Apabila Anda menemukan rusaknya, seperti retak pada bagian luar helm walau sebenarnya masa kedaluwarsanya masihlah lama, baiknya segera ganti safety helmet Anda dengan yang baru.

Cara Memastikan Masa Kedaluwarsa Safety Helmet

Di setiap safety helmet sesungguhnya telah tercantum kode tahun produksi. Kode itu bisa Anda jadikan patokan untuk mengetahui masa kedaluwarsa helm itu. Untuk melihat tahun pembuatan safety helmet, Anda bisa melihatnya pada helm seperti gambar berikut ini :

Angka 13 menyatakan tahun pembuatan dan ikon panah yang menghadap ke angka 9 menyatakanbulan pembuatan. Jadi, safety helmet di produksi pada September 2013. Maka, safety helmet itu akan kedaluwarsa 4-5 tahun mendatang (September 2017 atau September 2018), tergantung panduan dari produsen helm.

Diluar itu, Anda juga dianjurkan untuk mencatat tanggal penggunaan pertama helm dibagian dalamnya memakai spidol permanen. Tanggal penggunaan pertama tiap-tiap pekerja pasti akan beragam dan tidak sama dengan tanggal pembuatan helm. Selain itu, yakinkan juga bagian dalam safety helmet yang Anda gunakan berisi info, salah satunya nama produsen, standard ANSI yang dipakai, dan klasifikasi kelas safety helmet.

Kenapa Safety Helmet Memiliki Masa Kedaluwarsa?

Penetapan masa kedaluwarsa pada safety helmet sebenarnya bertujuan agar pelindungan alat pelindung kepala tetap optimal. Idealnya, safety helmet diganti sebelum mengalami kerusakan guna memberikan perlindungan maksimal setiap saat. Terlebih untuk beberapa kasus tertentu, mengharuskan pergantian safety helmet lebih cepat dari masa berlakunya.

Jika Anda bekerja di tempat dengan paparan suhu berlebihan, seperti panas berlebihan dengan intensitas rutin atau terpapar bahan kimia berbahaya, maka Anda harus mengganti safety helmet dua tahun sekali. Kebanyakan produsen merekomendasikan pergantian suspensi setiap setahun sekali dan shell (lapisan terluar helm yang keras) setiap 2-5 tahun sekali.

Intinya, sesuai standar ANSI/ISEA Z89. 1-2014, tiap-tiap safety helmet memang telah mempunyai masa berlakunya masing-masing manfaat hindari penurunan daya tahan helm pada dampak bahaya. Terkecuali karena kerusakan dan prosedur periode penggantian komponen helm, begitu diwajibkan lakukan pergantian safety helmet dengan cara rutin sesuai masa berlakunya, meskipun helm itu masih dalam kondisi baik secara fisik. Jangan lupa, kerjakan kontrol, perawatan, dan pemakaian safety helmet dengan pas agar helm lebih tahan lama. Semoga Berguna, Salam safety!