Menjadikan Slogan Keselamatan Kerja Berfungsi Efektif

Source : Google Image

Utamakan selamat! Begitulah salah satu slogan keselamatan kerja yang selalu Anda baca saat memasuki sebuah pabrik atau lingkungan kerja. Slogan ini ditulis dengan huruf besar dan jelas sehingga banyak orang dapat membacanya dalam sekilasan saja. Ini merupakan salah satu pola hidup sehat yang perlu diterapkan agar kesehatan dapat kita capai.

Keselamatan kerja memang menjadi perhatian ekstra untuk para pemilik perusahaan. Mereka sangat memerhatikan faktor keselamatan kerja, ini karena tenaga kerja yaitu asset utama pabrik atau perusahaan, maka harus selalu dijaga keselamatannya. Dan, untuk menyampaikan keinginan itu, maka dibuatlah slogan-slogan keselamatan kerja itu.

Slogan keselamatan kerja ini di buat sedemikian rupa sehingga dapat mewakili setiap kondisi dan faktor yang Anda inginkan. Slogan yaitu kata-kata khusus yang disusun sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah ajakan berbuat baik untuk para pekerja atau orang-orang yang berada dilingkungan kerja. Kalimat yang digunakan dalam slogan keselamatan kerja yaitu kalimat yang membakar dan memengaruhi baik tiap pembacanya.

Pengertian Slogan

Untuk menciptakan daya tarik pesan suatu iklan, terkadang biro iklan meminjam teknik propaganda, yang salah satu diantaranya yaitu teknik slogan.Berikut Sebagian Dasar Komunikasi Periklanan, pengertian slogan yaitu sebagai berikut :

“Slogan yaitu ungkapan kata atau kalimat yang dirumuskan berbentuk ringkas namun padat mengenai sesuatu produk agar mudah diingat dan mengikat emosi khalayak. ” Teknik slogan ini sebenarnya sering digunakan dalam propaganda dan kampanye politik, tetapi saat ini sudah sering digunakan dalam periklanan.

Orang-orang kreatif dalam dunia periklanan harus menemukan kalimat yang mudah diingat dan menarik perhatian, selain itu gaya, suara, dan format juga harus ditemukan untuk melaksanakan pesan dari suatu iklan. Semua elemen ini harus menyampaikan suatu citra dan pesan yang terpadu.

Karenanya harus ditentukan terlebih dulu ciri-ciri dari slogan tersebut. ciri-ciri slogan yaitu sebagai berikut :

  1. Singkat.
  2. Mudah diingat.
  3. Menarik perhatian.

Selama masa kampanye slogan, terlepas dari sifatnya, ada slogan yang perlu dibuat untuk publisitas acara. Sebuah slogan kampanye, biasanya disisipkan atau ditulis diatas kertas, digunakan untuk mengiklankan tujuan kampanye dengan cara yang menarik, yang akan menarik perhatian orang.

Slogan-slogan bisa menjadi kalimat yang sangat menarik dimana kalimat yang menarik untuk pemirsa dan orang-orang diminta untuk memilih atau dipilih. Setiap perusahaan berupaya untuk menemukan dasar di partai, pasar politik yang berjalan untuk pemilu, demonstrasi sosial yang diselenggarakan ditempat umum, atau walaupun hanya acara yang diselenggarakan di sekolah-sekolah perlu slogan menarik untuk publisitas dan menarik perhatian.

Ide-ide utama untuk menarik perhatian terkadang langsung dibuat untuk orang tertentu atau popularitas produk. Ide slogan itu untuk semua orang yang disebutkan dalam penjelasan berikut ini utamanya tentang keselamatan kerja, berkaitan dengan publisitas dan bagaimana mengkampanyekan keselamatan.

Ada ide kampanye slogan dari berbagai orang yang telah datang dengan untuk berbagai tujuan dan terkadang digunakan kembali juga. Salah satunya, ada slogan dipatenkan banyak yang dimiliki oleh merk besar tertentu dan perusahaan, dan tidak bisa digunakan oleh orang lain.

Terkadang, slogan-slogan iklan juga dapat menggunakan sedikit humor di dalamnya, untuk membuat kampanye iklan yang menarik. Oleh karenanya, ada sejumlah ide slogan lucu yang berkaitan dengan kampanye, yang dibuat untuk mendapatkan suara lebih banyak! Begitupun juga dengan keselamatan kerja, semuanya dilakukan dalam kepentingan memperoleh perhatian sebanyak mungkin agar orang orang mau berhati hati dalam pekerjaan mereka sendiri.

Pentingnya Slogan Keselamatan Kerja

Slogan keselamatan kerja memang bukan sesuatu yang baru. Sejak zaman dulu slogan ini diterapkan setiap lingkungan kerja. Namun saat itu masih banyak yang disampaikan secara lisan dan tidak tertulis dan dipublikasikan di setiap bagian lingkungan kerja.

Keselamatan kerja yaitu salah satu bagian penting dari pola hidup sehat. Diharapkan dengan menerapkan beberapa rencana yang ada dalam keselamatan kerja, maka kita dapat mewujudkan keinginan hidup sehat. Dan, hidup sehat yaitu pola terbaik untuk kehidupan sebab hal itu seakan langsung menjaga eksistensi Anda.

Sementara slogan-slogan keselamatan kerja merupakan perwujudan dari pola hidup sehat yang diaktualisasikan secara tertulis. Terdapat beberapa hal terkait kesehatan yang sampai kini terabaikan dan memerlukan penyegaran. Harapan Anda yaitu agar masyarakat atau orang-orang yang berada di lingkungan kerja memahami konsep dasar keselamatan kerja.

Kriteria Slogan Keselamatan Kerja

Agar slogan keselamatan kerja dapat efisien, dalam artian bisa dengan mudah dipahami oleh para pekerja dan orang-orang yang berada di lingkungan kerja, maka slogan itu harus memiliki ketentuan khusus. Ketentuan berikut yang menjadikan slogan lebih mudah dipahami. Ketetapan atau kriteria slogan keselamatan kerja yang baik dan benar yaitu :

  • Sederhana. Slogan yang Anda buat harus berbentuk kalimat yang simpel. Anda tidak memerlukan kalimat yang muluk-muluk. Hal semacam ini karena Anda ingin semua orang memahami isi dari slogan yang di buat.
  • Efisien. Bila Anda membuat slogan, maka kalimat yang digunakan yaitu kalimat yang efisien. Kalimat efisien yaitu kalimat yang secara cepat dapat dipahami oleh semua orang. Sekali orang melihat dan membaca, maka secepat itu mereka mengerti apa yang dimaksudkan oleh slogan itu. Dengan kalimat efisien ini, maka Anda tak perlu bertele-tele saat membuat slogan keselamatan kerja. Artinya dengan sedikit kata, namun orang lain dapat mengerti dan langsung menerapkan slogan keselamatan kerja itu.
  • Harus Provokatif. Kalimat itu memiliki kemampuan untuk membawa setiap orang mengikuti ajakan atau isis dari slogan yang Anda buat. Dengan hal tersebut, maka tujuan Anda membuat slogan dapat mencapai tujuan yang diprogramkan. Dengan kalimat provokatif ini Anda berusaha untuk memengaruhi pola fikir seseorang atau semua orang, agar mengikuti ajakan yang ditujukan dalam slogan keselamatan kerja itu. Dengan hal tersebut akan muncul kesadaran umum atas keselamatan kerja yang Anda maksudkan.
  • Posisi Strategis. Slogan-slogan keselamatan kerja dapat efisien bila semua orang dapat terhubung secara cepat. Oleh sebab itu, maka penempatan slogan harus Anda perhatikan posisinya. Anda harus mempertimbangkan di mana slogan itu harus diletakkan. Pastinya dalam hal semacam ini, slogan ditempatkan pada tempat-tempat strategis, yakni beberapa tempat yang memungkinkan setiap orang dapat mengaksesnya dengan mudah
    Beberapa contoh slogan keselamatan kerja

Untuk lebih mengakrabkan pola pikir kita atas slogan keselamatan kerja, Anda dapat berikan beberapa contoh berikut :

  1. Awali kerja dengan semangat, akhiri dengan selamat.
  2. Matikan mesin sebelum dia mematikanmu.
  3. Utamakan selamat!
  4. Buanglah sampah pada tempatnya.
  5. Pakailah pakaian kerja.
  6. Gunakan sabuk pengaman!
  7. Awas lantai licin

Kalimat itu memang bukan kata yang lengkap, namun kalimat itu sangat mudah dipahami oleh semua orang. Dengan hal tersebut, maka kemungkinan ketercapaian tujuan slogan itu lebih baik dari pada kalimat lengkap yang seringkali bersifat bombastis.