Penyebab Terjadinya Kecelakaan Kerja Secara Umum

working-1024382_1280
Source : Google Image

Kecelakaan kerja dapat terjadi karena beragam alasan. Dalam sebagian besar industri, orang cenderung untuk mencari “sesuatu” untuk menyalahkan ketika kecelakaan kerja terjadi, karena lebih mudah dari pada mencari “akar penyebabnya” seperti yang tercantum berikut ini. Pertimbangkan penyebab kecelakaan kerja secara mendasar. Apakah beberapa hal berikut pernah atau sering terjadi ditempat kerja Anda? Bila demikian, Anda mungkin belum terluka… namun lain waktu Anda bisa tidak begitu mujur.

Berikut adalah hal-hal umum penyebab terjadinya kecelakaan kerja :

1Melakukan shortcuts

Setiap hari kita membuat keputusan agar pekerjaan lebih effisien dan lancar. Namun apakah faktor resiko keselamatan Anda sendiri telah diidentifikasi, atau anggota kru lainnya? Melakukan shortcuts tanpa memperhitungkan faktor keselamatan dapat meningkatkan terjadinya kecelakaan.

2Over-Confident

Kepercayaan merupakan hal yang baik. Namun terlalu percaya diri bukan hal yang baik. “Kecelakaan tidak akan pernah terjadi pada saya” yaitu sikap yang bisa mengakibatkan prosedur yang tidak tepat, alat, atau metode dalam pekerjaan Anda. Seluruhnya dapat mengakibatkan cedera.

3Mengawali Pekerjaan Dengan Instruksi yang Tidak Lengkap

Untuk melakukan pekerjaan dengan aman dan benar, pertama kali Anda perlu informasi yang lengkap. Pernahkah Anda melihat seorang pekerja yang dikirim untuk melakukan suatu pekerjaan, yang sudah diberikan hanya bagian dari instruksi pekerjaan itu? Jangan malu-malu meminta penjelasan mengenai prosedur kerja dan tindakan keselamatan. Hal semacam ini tidak bodoh untuk mengajukan pertanyaan, malah kelihatan bodoh bila kita tidak ingin bertanya.

4Buruknya Housekeeping

Ketika klien, manajer, atau profesional K3 berjalan melalui tempat kerja Anda, faktor housekeeping yaitu salah satu indikator yang akurat untuk menunjukkan attitude pekerja terhadap masalah kwalitas, produksi, termasuk masalah keselamatan. Tempat kerja yang bersih, rapi, dan teratur mencerminkan tempat kerja yang aman dan selamat.

5Meremehkan Prosedur Keselamatan

Meremehkan prosedur keselamatan dapat membahayakan Anda dan rekan kerja Anda. Anda dibayar untuk mengikuti ketentuan dan kebijakan-kebijakan perusahaan, bukan untuk membuat aturan Anda sendiri.

6Gangguan Mental dari Pekerjaan

Memiliki hari yang buruk dirumah dan kuatir mengenai hal itu ditempat kerja merupakan kombinasi yang berbahaya. Anda bisa juga terganggu ketika Anda sibuk bekerja dan rekan Anda datang untuk mengajak berbicara. Beberapa hal ini dapat mengganggu konsentrasi Anda dalam bekerja dan bisa pula mengakibatkan terjadinya kecelakaan kerja.

7Kegagalan Untuk Merencanakan Pekerjaan

Ada beberapa pembicaraan hari ini mengenai Job Hazard Analysis. Job Hazard Analysis yaitu cara yang efisien untuk mengetahui cara-cara cerdas bekerja dengan aman dan efisien. Jadi terburu-buru dalam memulai pekerjaan atau tidak berpikir melalui proses dapat menempatkan Anda dalam cara yang merugikan. Sebaliknya rencanakan kerja Anda, dan lalu lakukan rencana Anda.