Tips Keselamatan Kerja di Bengkel Otomotif

Resultado de imagem para tips bengkel otomotif
Source : Google Image

Bila kita membahas masalah keselamatan kerja, maka materi bahasannya tidak pernah habis. Ada saja hal yang perlu kita bicarakan. Misalnya materi terkait dengan keselamatan kerja di bengkel otomotif. Ini merupakan materi yang biasa, tetapi perlu kita bahas sebab sangat penting keberadaannya bagi sebuah pekerjaan yang efektif.

Keselamatan kerja di bengkel otomotif memang merupakan salah satu aspek penting di lingkungan kerja bengkel otomotif. Setiap orang yang bekerja di bengkel otomotif harusnya paham pentingnya keselamatan kerja. Bahkan, setiap orang harusnya tahu hal tersebut sebaik-baiknya. Ini adalah salah satu aspek penting dalam konsep gaya hidup sehat yang saat sekarang sudah jadi pola kehidupan masyarakat.

Salah satu tujuan melakukan pekerjaan yaitu terselesaikannya pekerjaan sesuai dengan tujuan pekerjaan dan semua berjalan aman. Artinya, pekerjaan yang kita kerjakan terselesaikan dan kita yang mengerjakan tidak mengalami apa-apa dengan kata lain selamat. Keselamatan diri kita yaitu kondisi terbaik yang kita miliki. Ini merupakan salah satu bentuk kesehatan badan yang penting.

Keselamatan itu sangat penting untuk kehidupan. Dengan keselamatan yang ada di diri kita, maka kita bisa melakukan setiap pekerjaan sebaik-baiknya. Keselamatan tersebut yang menjadikan kita bisa bekerja. Apa yang terjadi bila kita kehilangan keselamatan dalam diri kita? Apa artinya pekerjaan selesai bila lingkungan kerja kita tidak aman dan cenderung mengancam keselamatan diri kita.

Kondisi Lingkungan Bengkel Otomotif

Dunia otomotif di Indonesia sudah mengalami perkembangan yang cepat, ini bisa dilihat dari banyak kendaraan yang ditemui di jalanan kota dan desa. Kendaraan roda 2 dan empat yang selalu memadati jalanan menunjukkan perindustrian dibagian otomotif selayaknya memperoleh perhatian dari beragam pihak. Begitu halnya perusahaan yang berkaitan dengan bidang ini banyak menyerap tenaga kerja didalam negeri.

Bengkel sepeda motor dan mobil adalah satu diantara bentuk usaha yang laris, dengan pelanggan yang jumlahnya mencapai ribuan dalam satu kota membuat bengkel kendaraan bermunculan di setiap sudut daerah. Layanan perawatan dan perbaikan kendaraan bermotor sangat diperlukan oleh masyarakat, terutama untuk para pemilik kendaraan.

Dalam penerapan konsep keselamatan kerja, satu hal yang perlu kita perhatikan yaitu bagaimana lingkungan kerjanya. Kita harus memahami lingkungan kerja kita sebelum kita menerapkan keselamatan kerja. Hal semacam ini sangat penting sebab di lingkungan kerja itulah kita akan bekerja.

Dan, bengkel otomotif merupakan lingkungan kerja dengan spesifikasi kondisi yang khusus. Di bengkel otomotif ini, kita merasakan banyak kondisi yang bisa menyebabkan kecelakaan kerja. Dan, aspek berikut yang seharusnya kita perhatikan. Setiap kondisi dan alat dan bahan yang kita gunakan ketika bekerja harus sesuai dengan kebutuhannya.

Di sebuah bengkel otomotif, kita akan menjumpai banyak hal, misalnya bahan yang mudah terbakar, bahan yang licin, tajam, dll. Hal semacam ini harus kita perhitungkan sebagai aspek keselamatan kerja yang akan kita terapkan. Bila kita dapat menganalisa kondisi lingkungan kerja, maka kita bisa memberikan antisipasi penanganan yang tepat.

Antisipasi perlakuan yang tepat ini ditujukan untuk menyediakan sarana keselamatan kerja yang sesuai dengan kebutuhannya. Setiap aspek yang bisa menyebabkan kecelakaan seyogyanya kita back up dengan alat-alat yang tepat. Hal semacam ini hanya bisa kita lakukan bila kita benar-benar sadari semua aspek yang ada di lingkungan kerja. Setiap segi yang bisa menyebabkan kecelakaan kerja harus kita sediakan sarana keselamatan yang tepat.

Beberapa Alat Keselamatan Kerja di Bengkel Otomotif

Untuk mendukung tercapainya keselamatan kerja di bengkel otomotif, maka kita perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan yang diperlukan dalam program ini. Alat dan bahan itu harus kita sediakan di bengkel otomotif sehingga ketika dibutuhkan bisa kita gunakan sebaik-baiknya.

Alat dan bahan yang kita maksudkan meliputi :

1Tabung Pemadam Kebakaran

Ini merupakan alat pemadam kebakaran standard. Dengan alat ini, maka kita bisa memadamkan api yang mungkin tercipta di bengkel otomotif kita. Hal semacam ini mengingat bahwa beberapa bahan yang kita gunakan di bengkel otomotif bersifat mudah terbakar.

Alat keselamatan kerja ini bisa dikatakan harus disediakan oleh bengkel otomotif, bahkan setiap perusahaan besar bisa ditemui memasang alat pemadam kebakaran ini. Penggunaan sepatu safety saat bekerja sangat penting. Pasti akan menyempurnakan keberadaan tabung pemadam kebakaran bila beberapa karyawan sudah mendapatkan pelatihan dalam memakainya dengan baik. Biasanya di samping tempat penyimpanan tabung pemadam kebakaran ditempel cara penggunaan secara praktis. Upayakan tips itu ditulis dengan kalimat yang mudah dipahami dan tidak terlalu panjang.

2Pasir

Pasir yang kita maksudkan dalam hal ini yaitu pasir kering. Pasir ini kita gunakan sebagai penutup lantai yang digenangi air atu minyak pelumas yang tumpah. Dengan pasir ini, maka tumpahan minyak kita tutupi hingga tidak menyebabkan kecelakaan saat ada orang yang menginjaknya.

Pasir berguna juga untuk membantu memadamkan api dengan cepat, pasir bisa memisahkan pada titik bakar dan oksigen. Tanpa oksigen maka daerah yang tertutupi oleh pasir bisa dimungkinkan cepat memadamkan api.

3Kain Majun

Kain majun yaitu kain percah berbahan kaos yang bisa kita beli di tukang sablon atau konveksi kaos. Kain ini kita gunakan untuk mengelap kotoran yang ada di tangan atau alat-alat kerja kita. Dengan kain majun ini, maka kebersihan alat bisa kita pertahankan

4Serbuk Kayu gergaji

Serbuk kayu gergaji yaitu serbuk yang dibuat dari sistem penggergajian kayu. Serbuk ini kita gunakan untuk menutup genangan air atau terlebih minyak pelumas di lantai bengkel. Prinsipnya sama saja dengan pasir, tetapi dengan memakai serbuk kayu ini, lebih bersih dan mudah dibersihkan.

Di bengkel kendaraan yang besar biasanya mengadakan apel atau briefing ringan sebelum dan setelah jam kerja. Ini berguna untuk memberikan gambaran kerja yang jelas pada para karyawan dan teknisi. Bahasan tentang masalah yang muncul selama kerja pada hari kemarin juga penting. Setiap permasalah harus mendapatkan kontrol yang sempurna dari pihak supervisor atau pengawas, karena berdampak langsung pada efektivitas kerja dan keselamatan dalam bengkel.

Bagaimana dengan Anda ketika bekerja di bengkel otomotif? Apakah Anda sudah menerapkan keselamatan kerja di bengkel otomotif dengan benar dan baik?